Tempat Wisata Kupang yang Menarik

Tempat Wisata Kupang Pantai Sulamu di Kecamatan Sulamu juga memiliki pasir putih dan jaraknya 80 Km dari Kota Kupang dan cocok pula untuk kegiatan menyelam. Pantai Uiasa juga berada di kecamatan yang sama, berjarak 6 mil laut dari Kota Kupang satu jam perjalanan dari Kupang. Mempunyai pasir putih, taman laut yang indah (terutama terumbu karang dan ikan hias) tempat rekreasi, mandi, berenang, dan memancing.

Tempat Wisata Kupang yang menarik

Tempat Wisata Kupang yang Menarik

Ini Beberapa Tempat Wisata dan Atraksi Wisata di Kupang yang bisa Anda kunjungi dan nikmati selama di Kupang:

  1. Pantai Oipoli
  2. Pantai Naikliu
  3. Pantai Tablolong
  4. Desa Budaya Suku Panaf
  5. Pantai Oesina
  6. Pantai Batule
  7. Pantai Salupu
  8. Hutan Bakau dan Satwa Kelelawar
  9. Pantai Akle
  10. Pantai Otan
  11. Pantai Pulau Kera
  12. Pantai Bolow
  13. Pantai Seba
  14. Pantai Raijua
  15. Atraksi Pacuan Kuda Tradisional
  16. Musik Tradisional Sasando
  17. Batu Megalitik Namata
  18. Rumah adat Raja Sabu
  19. Upacara Kolouju
  20. Perang Rotan
  21. Monumen Veterab Australia
  22. Gua Jepang Tonhitu, Sonliku dan Leimadira
  23. Pantai Pasir Panjang

Video Tempat Wisata di Kupang yang Direkomendasikan Anda Kunjungi

Pantai Oipoli letaknya di kecamatan Amfoang Utara, berjarak 145 km dari kota Kupang dengan spesifikasi daya tarik pasir putih, batu kapal, tempat rekreasi, mandi dan berenang, masih di kecamatan yang sama terdapat tempat rekreasi Pantai Naikliu yang berpasir putih dan menjadi tempat rekreasi masyarakat. Kecamatan Kupang Barat banyak memiliki objek pantai antara lain Pantai Tablolong yang berjarak 30 Km dari Kota Tempat Wisata Kupang memiliki keadaan pantai yang unik dan kerap dipakai untuk kegiatan lomba dayung serta lomba mancing tradisional baik tingkat nasional maupun internasional.

Nama tempat wisata Kupang
Nama tempat wisata Kupang

Selain menjadi tempat rekreasi, bisa juga dipakai untuk kegiatan selancar angin. Dibelakang obyek wisata Tablolong terdapat hutan belukar seluas 3 ha yang dihuni oleh satwa berupa monyet dan kambing hutan. Tempat Wisata Kupang Dibelakang obyek ini terdapat desa budaya yaitu Suku Panaf dengan jumlah kepala keluarga 18 KK, dengan bahasanya adalah campuran bahasa Oekusi, Helong dan Rote (merupakan keunikan sati Dusun Panaf). Tempat suku Panaf berupa batu yang bentuknya seperti hidung kambing yang menjorok ke laut.

Pantai Oesina di Lifuleo Kecamatan Kupang Barat membentang sepanjang 10 km. Selain berenang dan menyelam juga bisa untuk berkemah. Pantai lainnya bisa dikembangkan untuk olahraga sky yaitu Pantai Batule, sedangkan di Pantai Salupu di Desa Lifuleo Kecamatan yang sama memiliki daya tarik hutan bakau dan satwa kelelawar. Tempat Wisata Kupang Ada dua obyek wisata pantai di Kecamatam Semau. Yaitu pantai Akle dan pantai Otan yang berjarak 15 mil laut dari kota Kupang. Ada juga pantai Pulau Kera 6 mil laut dari Kota Kupang dengan lama perjalanan 45 menit menggunakan perahu motor.

Panjang pantainya 3 Km dengan keindahan taman laut, terumbu karang dan bermacam-macam ikan hias. Tempat Wisata Kupang di kawasan pantai ini cocok untuk ditanam pohon kelapa, pohon turi dan telah diadakan aksi penanaman 1000 anakan pohon asam dan kayu besi, kerjasama antar pemuda kabupaten Kupang dan LSM OICA tahun 2001 lalu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Pantai Bolow di kecamatan Sabu Timur dan Pantai Seba di Kecamatan Sabu Barat memiliki daya tarik pasir putih dan cocok pula untuk menyelam adalah Pantai Raijua.

Atraksi pacuan kuda tradisional Kupang

Atraksi pacuan kuda di Kupang NTT
Atraksi pacuan kuda di Kupang NTT

Kupang juga dikenal dengan atraksi pacuan kuda tradisional di Oefafi Kematan Kupang Timur dan dikenal pula dengan music tradisional yang disebut Sasando. Industri music Sasando di Oebelo Kecamatan Kupang  Tengah yang juga  menjadi sentra pembuatan kerajinan tangan. Tempat Wisata Kupang Potensi wisata budayanya juga tak kalah menarik dengan adanya Kuburan Raja Koroh di Desa Teunbeun Kecamatan amarasi yanmg merpakan tempat bersemayamnya raja-raja Amarasi. Letaknya 28 Km dari kota Kupang. Yang muah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Batu Megalitik Namata di Desa Railolo Kecamatan Sabu barat memiliki daya tarik batu-batu megalitik, perkampungan adat dan rumah adat. Sementara di Tenihau terdapat Istana/Rumah adat Raja Sabu. Upacara adat mewarnai kehidupan masyarakat NTT antara lain upacara Kolouju di Ledeunu Kecamatan Raijua sebagai ungkapan rasa terimakasih atas hasil panen. Tempat Wisata Kupang di Desa lainnya Pahoru/Wodho Kecamatan Sabtu Barat. Juga dikenal dengan upacara adat penyambutan hasil panen ini yang berlangsung selama satu minggu. Salah satu atraksi uniknya adalah kegiatan mencambuk kaki dengan rotan antara kelompok atau suku di lapangan terbuka.

Tempat-tempat bersejarah juga menjadi daya tarik wisata di kabupaten Kupang antara lain yang menarik dan patut dikunjungi adalah Monumen Veteran Australia di Oesao Kecamatan Kupang Timur.  Berjarak 20 Km dari Kota Kupang. Monumen ini dibangun untuk memperingati tentara-tentara Australia yang tewas melawan tentara Jepang dalam peperangan yang berlangsung tahun 1942 dengan menelan banyak korban. Gua Jepang Tonhitu dan Sonliku di Buraen Kecamatan Amarasi.

Berupa lubang tempat perlindungan dan pertahanan Jepang atas serangan Angkatan Udara Australia. Gua Jepang lainnya adalah Panafbibi di Tasikona merupakan tempat pendaratan dan perlindungan serta pertahanan Jepang pada perang dunia ke II, bungker pertahanan dengan ukuran 10 x 4 m dan luas kamar 2 x 2 m dengan dua pintu masuk – keluar, menghadap ke pantai. Gua perlindungan Jepang juga ditemukan di Daieko Kecamatan Sabu Barat, yang disebut Goa Leimadira seluas 2 km. berjarak 5 km dari ibukota Kecamatan. Gua perlindungan Jepang ini merupakan batu-batuan, stalaktik, dan stalakmit dan memiliki sumber mata air bersih dan stalaktik.

Tempat wisata di kabupaten Kupang
Tempat wisata di kabupaten Kupang

Wisata Pantai Pasir Panjang Kupang

Salah satu pantai Kupang yang terkenal ialah Pantai Pasir Panjang. Pantai tersebut ialah tempat wisata yang terletak di Jl. Timor Raya, Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki pemandangan laut berwarna biru indah yang dapat dinikmati para turis lokal maupun internasional saat berkunjung di Kupang.

Pantai Pasir Panjang ialah salah satu destinasi wisata menarik di Kupang yang menyuguhkan pemandangan dan nuansa pantai luar biasa. Pantai indah yang satu ini memiliki hamparan pasir yang panjang hingga 1 km yang dapat kalian jelajahi sembari menikmati suasana pantai yang menentramkan.

Keindahan panorama pasir putih di Pasir Panjang (dictioid)
Keindahan panorama pasir putih di Pasir Panjang (dictioid)

Beda dengan yang lain, pantai ini menawarkan pesona alam pesisir yang eksotis, walau awalnya terkesan gersang dan tandus. Hamparan pasir yang luas dan bertaburan oleh kerikil kecil yang permukaannya halus. Perairan lautnya cukup tenang dengan suara deburan ombak yang mengenai karang. Kalian dapat menjadwalkan waktu libur dengan berenang di pantai Pasir Panjang di NTT.

Akan tetapi, ada beberapa area yang kurang cocok buat diselami. Area tersebut tak lain dan tak bukan ialah jalur yang sering di lintasi oleh kapal nelayan. Hasil tangkapan laut yang biasanya masih segar dibawa oleh nelayan- nelayan kecil. Hal ini dapat berbahaya bagi para wisatan yang sedang snorkling, resiko rendahnya ialah menubruk badan, dan resiko berat lainnya. Aktivitas lain selain berenang, Kalian juga dapat menikmati nuansa pantai NTT yang satu ini, misalnya seperti bermain pasir sambil menanti senja berwarna jingga, kalian juga dapat bercengkerama dengan penduduk pesisir pantai.

Daya tarik Pantai Pasir Panjang yang jarang sekali ditemukan di pantai lain memiliki. Salah satunya ialah hamparan pasir lembut yang panjang dan halus. Pasir di pantai ini juga sangat bersih, jauh dari tangan jahil pengunjung. Selain itu Pantai Pasir Panjang juga memiliki air laut yang bening dan tentunya bersih dan sangat disukai oleh wisatawan yang ingin menyelam atau berenang.

Di Pantai Pasir Panjang, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas menarik lainnya seperti olahraga pantai dan sepak bola pantai. Pantai ini juga sangat cocok untuk berselancar dan memancing. Hal ini disebabkan Pantai Pasir Panjang memiliki ombak yang cukup kuat, sehingga banyak ikan yang memilih pantai ini sebagai rumahnya.

Panorama matahari tenggelam di pantai Pasir Panjang (liputan6.com)
Panorama matahari tenggelam di pantai Pasir Panjang (liputan6.com)

Daya tarik berikutnya yang menarik dari Pantai Pasir Panjang ialah pemandangan matahari di balik pulau di kawasan pantai. Kalian dapat melihat matahari langsung saat terbenam di pantai atau di pantai. Selanjutnya, kalian juga dapat memilih tempat dari penginapan wisata yang tersedia di kawasan pantai ini. Bukan hanya itu, pengunjung juga akan dapat menikmati berbagai tempat wisata menarik berupa aktivitas sehari-hari masyarakat desa setempat yang letaknya tidak jauh dari pantai wisata ini. Kalian dapat menyaksikan bagaimana komunitas nelayan yang bergotong royong satu sama lain. sebagian besar dari masyarakat pesisir berprofesi sebagai nelayan.

Tiap- tiap kawasan wisata mempunyai jam buka yang berbeda- beda dan bervariasi termasuk wisata Kupang yang satu ini. Pantai Pasir Panjang buka setiap hari, 7 hari dalam seminggu selama 24 jam sehingga kalian dapat berkunjung dan menikmati wisata alam ini kapan saja. Untuk biaya tiket masuk lokasi wisata ialah Rp 5.000 saja. Kalian sudah dapat menikmati pemandangan indah yang disuguhkan oleh pesisir NTT.

Adapun rute untuk sampai wisata tersebut ialah dari Pelabuhan Tanjung Perak di Kota Surabaya menuju Larantuka. Biasanya perjalanan kapal sejauh 1.920,3 km dengan waktu tempuh sekitar 64 jam atau 2,5 hari. Walaupun lumayan jauh dan menghabiskan waktu lama untuk tiba di Pantai Pasir Panjang akan tetapi semuanya sepadan dengan pemandangan indah yang disuguhkan di pantai wisata ini.

For your information, bandara internasional di Labuan Bajo selesai di bangun pada tahun 2013 sehingga wisatawan ke Pulau Komodo lebih memilih penerbangan langsung ke Labuan Bajo daripada transit via Kupang. Kunjungan wisatawan meningkat kembali pada tahun 2014 dan 2015 dengan stabil, hal ini dinilai karena pariwisata di Kota Kupang mulai mengalami perkembangan. Pesawat terbang bisa menjadi salah satu via perjalanan yang cepat dan nyaman dibanding kapal laut. kalian bisa transit via Kupang.

Bermain bersam anak-anak nelayan di pantai Pasir Panjang (ngobrolmotorcross.com)
Bermain bersam anak-anak nelayan di pantai Pasir Panjang (ngobrolmotorcross.com)

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung di kawasan pantai ini demi melihat secara langsung panorama yang disuguhkan. Selain memiliki hamparan pasir yang panjang, Pantai Pasir Panjang ini juga memiliki daya pikat lain seperti pemandangan sunset yang sungguh mengesankan dan memanjakan mata setiap turis. Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas penunjang yang menjadikan pengunjung merasa nyaman dan tenteram berlama- lama menghabiskan waktu di kawasan ini.

Kawasan pesisir di Kelurahan Pasir Panjang Kota Kupang. Kawasan pantai Pasir Panjang depan Hotel Aston ini ialah area pesisir dengan pantai berpasir putih yang luas dan indah dengan bentuk melengkung, yang ialah daya pikat tiap orang bila melewati kawasan tersebut. Sepanjang area ini memberikan pandangan yang terbuka luas ke arah laut, khususnya saat sunset ialah pemandangan yang memukau di sore hari yang syahdu.

Pantai ini sering digunakan masyarakat untuk bersantai bersama keluarga terutama anak-anak, menikmati pemandangan, olah raga ringan (jogging, bermain bola, berenang, mencari biota laut), dan lain-lain. Pantai Pasir Panjang di depan hotel Aston telah dipenuhi oleh lapak penjual ikan segar. Sambil menikmati suasana pantai yang tenang, kalian dapat sambil memakan ikan bakar di tepi pantai. Indahnya menikmati pantai yang indah ditemani dengan ikan bakar. Hati pun senang, perut pun kenyang.

Masyarakat pesisir membuka lapak dagangan ikan segar di pinggir jalan negara, yang menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner bagi masyarakat Kota Kupang maupun pengunjung yang menginap di Hotel Aston dan On the Rock Hotel. Pasar ikan bakar segar ini murni ialah milik pribadi masyarakat pesisir dan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat.

Saat ini yang telah selesai dibangun yaitu jogging track di pantai Kelapa Lima yang tepatnya berlokasi di belakang Hotel On the Rock, yang menarik warga untuk berkunjung dan menikmati pantai dari area jogging track tersebut. Perbaikan kualitas lingkungan dan perubahan struktur kawasan Kelapa Lima juga meningkatkan jumlah kunjungan dan aktivitas wisata yang dengan sendirinya menguntungkan berbagai sektor terkait, terutama sektor perdagangan, perhotelan, restoran, jasa, transportasi dan komunikasi serta konstruksi (bangunan).

Pilihan hotel nyaman di pantai Pasir Panjang (tripadvisor.com)
Pilihan hotel nyaman di pantai Pasir Panjang (tripadvisor.com)

Terbukanya lapangan kerja baru yang tidak hanya terpaku pada sektor pariwisata saja akan tetapi juga ekonomi, pertanian, perikanan, keamanan, dan pendidikan. Perkembangan pariwisata di Kota Kupang membawa dampak positif yang tak luput dirasakan oleh masyarakat pesisir Kelapa Lima mengingat lokasi pembangunan hotel- hotel megah tersebut berada di kawasan Kelapa Lima. Kehadiran pariwisata di kawasan pesisir Kelapa Lima secara langsung memberi dampak bagi kelangsungan hidup masyarakat di sekitarnya, khususnya masyarakat pesisir.

eskort mersin
eskort mersin