Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong. Tertarik untuk mengunjungi kabupaten kota sorong? Wah bagi kalian yang ingin mengajak pasangan, atau keluarga, tentu bagi kalian yang berbeda pulau, bisa berkunjung menggunakan alat transportasi udara yang saat ini melayani anda dan keluarga untuk berlibur. Di sorong terdapat airport yaitu Domine Eduard Osok Airport. bandara ini terletak sejauh 8 km tenggara dari kabupaten kita sorong. Kalian bisa menaiki taksi ke kota dari bandara dan dapat dikenakan biaya sekitar 150.000 rupiah tergantung darimana kalian mulai naik dan lokasi pemberhentian taksi ke tempat penginapan yang sudah anda pilih.

Taman Wisata Alam (TWA) Sorong beralamat lengkap di Jl Basuki Rahmat Km 14. Kalian bisa minta batuan dari penduduk setempat untuk memberi rekomendasi akomodasi dan dibicarakan agar mendapat kenyamanan saat berlibur disana.

Potensi Taman Wisata Alam Sorong

Berlibur ke Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, aman kok.

Berlibur di TWA sorong terjamin keamanan nya, karena sudah dilindungi oleh BBKSDA ( Balai Konservasi Sumber Daya Alam ) papua barat. umumnya badan konservasi inibertugas untuk mengelola konservasi sumberdaya alam dan ekosistemnya, inventaris potensi, melakukan pengecekan dari segi penataan di cagar alam, pengembangan kerjasama, koordinasi dan memberdayakan maskarakat setempat dalam usaha menjaga kawasan konservasi.

Sorong merupakan daerah sekaligus kota kabupaten yang berada di wilayah propinsi papua barat. kota ini tidak kalah menarik dan ramai dibandingkan dengan kota yang terkenal di papua seperti Jayapura.

Banyak masyarakat yang ingin mengunjungi daerah kabupaten sorong karena ingin melihat dan menikmati keindahan destinasi wisata yang ada. sorong terkenal sebagai gerbang masuk ke raja ampat. wisata yang disuguhkan pun beragam, mulai dari wisata bahari, wisata alam, sejarah dan masih  banyak lagi.

Taman wisata merupakan sebuah kawasan konservasi alam yang banyak di manfaatkan oleh warga dan pemerintah sebagai destinasi wisata dan juga rekreasi alam, salah satunya yaitu yang berada di kota sorong. Taman wisata alam sorong ini mempunyai ekosistem hutan dengan dataran rendah yang hingga saat ini cukup terjaga keasrian nya di kota sorong, juga dimanfaatkan sebagai daerah tangkapan air.

Di dalamnya terdapat tanaman damar dan araucaria spp. tanaman tersebut kini ditetapkan sebagai sumber benih oleh balai pembeniahan tanaman hutan (BPTH) di ambon. di tempat ini juga terdapat kurang lebih 53 jenis tanaman berkayu diantaranya tanaman matoa, merbau, medang, angsana, amugia, lansar, buah cempedak dan ramutan. Potensi sumber daya alam di daerah sorong ini juga tidak kalah menarik, terdapat potensi geologi yang cukup banyak, melimpah dan digunakan sebagai substrat pendukung utama dari tanaman yang ada di TWA sorong ini. Kita patut bangga sebagai warga negara indonesia, dan harus menjaga kelangsungan hidup habitat di dalamnya.

Di TWA sorong ini, kalian para wisatawan juga daat menikmati air terjun, namun  sebaiknya kalian datang pada msim penghujan, dan jika ingin berkunjung kesana bisa menghubungi masyarakat lokal terlebih dahulu mengenai tarif dan akomodasi yang bisa direkomendasikan oleh masyarakat setempat. sebagai informasi tambahan juga, kalian bisa masuk ke wilayah ini gratis tanpa dipungut biaya apapun, hanya akomodasi dan kelengkapan lain sesuai dengan aktivitas yang ingin kalian lakukan disana.

Untuk akomodasi makanan seperti warung makan/kedai tidak tersedia sedangkan jika kalian ingin sekedar ngopi ada satu dua warung kopi kecil yang buka. Di sini beberapa koleksi satwa dapat menambah wawasan kita seputar satwa khas daerah papua yang cukup  banyak diantaranya terdapat burung cenderawasih, mambruk, merak, dan kasuari serta burung purung paruh bengkok.

Wisata Hutan di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong

Taman wisata alam sorong termasuk ke dalam daerah perhutanan yang dilindungi oleh pemerintahan daerah setempat karena memiliki berbagai macam enis hewan dan tumbuhan yang hidup dan bernaung di dalamnya. TWA ini sangat cocok bagi kalian jika ingin bertamasya ke luar pulau bersama pasangan atau keluarga besar. Aktivitas yang dapat kalian lakukan ketika berkunjung ke TWA diantaranya kalian dapat outbound dan berkemah kecil kecilan. menyalakan api unggun dan menikmati syahdunya malam ditengah lebatnya pepohonan disana. Kalian harus mempersiapkan kelengkapan tersebut sendiri karena hingga saat ini belum ada jawa untuk penyewaan peralatan berkemah. masih ada lagi kegiatan menyenangkan yang bisa kalia nlakukan, kalian disini dapat melihat indahnya air terjun dengan warna air bening yang ada di sekitar taman wisata alam sorong.

Taman Wisata Alam Sorong
Taman Wisata Alam Sorong

Jika kalian ingin datang ke taman siwata alam sorong, akses yang dapat kalian lalui biasanya melalui  jalur darat. hal ini dapat dilakukan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, kalian juga bisa menyewa atau naik kendaraan umum seperti angkot, bus kota, bahkan juga ojek. jarak tempuh yang lumayan jauh akan menghabiskan waktu dalam perjalanan sekitar dua puluh menit. rute perjalanannya pun sudah diperbaiki dengan fasilitas yang memadai , beraspal untuk menngkatkan kenyamanan pengendara dan wisatawan.

Jika kalian memutuskan untuk menggunakan alat transportasi umum seperti angkot, tarif yang harus dibayar berkisar 5000 rupiah per orang untuk satu kali perjalanan, sedangkan jika kalian ingin naik ojek, tarif yang harus dibayar bisa mencapai 20.000 rupiah untuk sekali perjalanan dan dapat juga dilakukan kesepakatan tawar menawar sampai harga yang disepakati bersama.

Kalian juga bisa menyewa kendaraan ke beberapa penyedia kendaraan khusus dari pusat kota sorong. biasanya tarif sewa yang dibutuhkan berada di kisaran 400.000 rupiah hingga 500.000 rupiah per hari dan itu sudah termasuk sopir yang menemani perjalanan anda. harga tersebut masih bisa dilakukan tawar menawar tergantung dari banyaknya keluarga atau jumlah penumpang, dan juga banyaknya barang bawaan anda.

Di sepanjang perjalanan hingga mencapai ke tempat wisata ini kalian dapat menikmati pemandangan sejuk dibawah pepohonan rindang, karena mayoritas pohon disini adalah pohon berukuran besar dan tinggi hingga mencapai sekitar 5 meter. pepohonan disini sangat terjaga keasriannya. terdapat beberapa orang yang menyediakan shelter, dan cocok untuk kalian jika ingin beristirahat maupun bereduh. di dalam kawasan taman wisata alam sorong juga terdapat penangkaran buaya, disini kalian bisa melihat bagaimana proses perkembangbiakan buaya dilakukan. jika kalian ingin berkunjung, pastikan lagi bahwa perbekalan kalian siap baik perlengkapan obat obatan, makanan maupun minuman, karena sampai saat ini belum ada penjual makanan yang ready menyediakan makanan untuk memfasilitasi adanya pengunjung yang datang untuk berwisata.

Tempat yang pertama yaitu ada pulau doom. pulau ini berbatasan langsung dengan perairan samudera pasifik. pulau ini memiliki keindahan yang patut diacungi jempol alias tidak diragukan lagi keindahannya. terdapat pasir putih yang cukup luas, serta terdapat  juga batu karang yang indah, sehingga banyak wisatawan datang setiap harinya. Pulau doom juga memiliki nilai sejarah tinggi. disini kalian dapat melihat adanya bangunan tua seperti penjara doom, lapangan sepak bola, kantor hoofd van plaatseljiik betsuur serta beragam peninggalan bekas jajahan belanda di zaman sebelum kemerdekaan indonesia.

Sumber: jejakpiknik.com & Klikhijau.com