Pesona Wisata Bandung

Pesona Wisata Bandung -Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan kekayaan alam yang menakjubkan. Sepanjang jalur ini, Anda dapat menemukan sejumlah besar atraksi umum di berbagai area. Misalnya, Bandung terkenal dengan alamnya yang asri dan udaranya yang sejuk.

Mulai dari taman kota, air terjun, hingga pegunungan, Bandung menawarkan beragam kunjungan dengan daya tarik reguler yang menakjubkan. Jika Anda tertarik untuk menikmati suasana alam sekaligus mengurangi kelemahan, berikut adalah saran wisata alam di Bandung yang bisa Anda kunjungi.

Pesona Wisata Bandung

Kota Bandung memiliki beragam pesona wisata biasa yang menarik. Tidak heran jika Bandung sering menjadi tujuan para penjelajah yang mencari daya tarik yang khas. Mulai dari pegunungan, lubang, dan air terjun merupakan lokasi wisata yang biasa dijumpai Toppers di ibu kota Jawa Barat ini. Silakan, lihat pesona yang berbeda dari industri perjalanan yang umum.

Ada Kebun Binatang Bandung

Sejak didirikan pada tahun 1930, Kebun Binatang Bandung telah dikenal sebagai “Taman Zoologi Bandung”. Terlepas dari kenyataan bahwa ini mungkin kunjungan paling berpengalaman di Kota Kembang, kebun binatang ini tidak pernah sepi pengunjung hingga beberapa waktu yang lalu.

Tersisa di wilayah seluas kurang lebih 13,6 hektar, tempat menarik di dekat Sungai Cikapundung dan Institut Teknologi Bandung ini menjadi rumah bagi 213 jenis fauna, 79 di antaranya sudah dipastikan.

Selain karena memiliki banyak jenis fauna, Kebun Binatang Bandung juga menawarkan beberapa tempat wisata yang menarik, seperti mengelilingi danau dengan menggunakan sepeda air atau bebek kayu. Khusus untuk anak-anak, mereka juga bisa menunggangi makhluk seperti gajah atau kuda poni. Asyik kan? Kunjungi pesona khas ini di Jalan Zoo No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong 08:00 – 16:00 secara konsisten!

Di Bandung juga ada kunjungan melalui Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Dengan luas wilayah 600 hektar, Taman Hutan Raya Ir. Djuanda terbentang dari Dago Pakar hingga Maribaya Lembang. Di dalamnya terdapat beberapa protes traveller yang bisa Anda kunjungi, khususnya reproduksi rusa tutul, Gua Jepang, dan Gua Belanda. Jika mau, Anda juga bisa melakukan perjalanan dengan cara-cara unik yang diberikan di kamar anak.

Selain itu, jangan lewatkan juga keberadaan air terjun bernama Curug Maribaya. Riam ini merupakan persimpangan antara Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Perlu menghargai air baru dan perspektif yang mencengangkan? Langsung saja ke Tahura Ir. H. Djuanda No 99, Dago Pakar pada pukul 06.00 – 18.00 secara konsisten.

Terlebih lagi, yang tak kalah menarik, adalah lubang putih ciwidey. Keunggulan Kawah Putih Ciwidey sebagai salah satu destinasi liburan di Bandung tidak perlu dipertanyakan lagi. Memang, terlepas dari apakah Anda belum pernah ke sini, Anda harus mengenal namanya. Rongga putih di Ciwidey dibingkai karena lontaran Gunung Patuha. Seperti namanya, daratan di kawasan danau ini memang berwarna putih karena bercampur dengan komponen belerang.

Ini terlihat sangat berbeda dalam kaitannya dengan air danau biru kehijauan. Perpaduan keduanya membuat pemandangan yang indah sampai-sampai memalukan jika tidak didewakan dengan kamera. Soalnya, santai saja karena objek wisata khas di Jalan Raya Soreang Ciwidey ini sudah sangat lengkap, mulai dari area parkir, ruang ibadah, hingga kafe. Jika Anda ingin berkunjung, datanglah secara konsisten pada pukul 07:00 – 17:00.

Tahukah Anda kalau Jawa Barat bisa dikatakan salah satu pembuat teh terbesar di Indonesia?

Nah, salah satu masyarakat perkotaan di Jawa Barat yang memiliki kebun teh yang luas adalah Bandung, tepatnya Perkebunan Teh Rancabali di kawasan Patengan. Asyiknya, kebun teh ini menjadi destinasi liburan yang bisa Anda kunjungi.

Hamparan kebun teh dan pepohonan hijau yang berbeda membuat pemandangan yang fantastis. Selain pemandangan yang sangat indah, di Perkebunan Teh Rancabali Anda juga bisa mengetahui cara berpikir tentang tanaman teh dan cara mengoleksi. Memberi energi, bukankah begitu? Jika Anda ingin mencoba pengalaman luar biasa ini, Anda dapat keluar dari 07:00 – 17:00 secara konsisten.

Kunjungan Bandung lainnya adalah Sanghyang Heuleut, spot ini adalah kolam pasang surut atau kolam kecil yang dikelilingi oleh tebing tinggi di hutan. Air di sini mengalir langsung menuju Sungai Citarum, yang juga penting untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sementara itu, tingginya tebing di Sanghyang Heuleut konon bermula dari semburan Gunung Sunda.

Karena dikelilingi oleh banyak tebing yang menjulang tinggi, kawasan Sanghyang Heuleut sangat tertutup. Dari titik fokus Bandung, Anda bisa mengambil jalur menuju Padalarang, kemudian menuju ke pintu masuk PLTA Saguling. Memang tempat liburan yang buka dari jam 08.00 – 16.00 ini secara konsisten ada di wilayahnya. Untuk sampai di kawasan tersebut, Anda perlu menempuh perjalanan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam.

Masih dalam wilayah PLTA Saguling, sisihkan usaha untuk mengunjungi Gua Sanghyang Tikoro dan Gua Sanghyang Poek. Sama seperti Sanghyang Heuleut, konon kedua gua ini juga dibingkai lontaran Gunung Sunda. Stalaktit dan stalagmit di wilayah gua terlihat begitu megah dan memiliki keunikan tersendiri.

Di Gua Sanghyang Tikoro, Anda bisa menemukan jalur air yang mengalir di dasarnya. Kemudian, Gua Sanghyang Poek berjarak sekitar 15 menit jalan kaki dari Gua Sanghyang Tikoro. Memiliki pemandangan yang miring, keunikan inilah yang membuat Gua Sanghyang Poek semakin terkenal di kalangan wisatawan.

Area obyektif lainnya adalah taman batu. Dalam bahasa Indonesia, “Stone Garden” bisa diartikan sebagai Stone Garden. Nama ini sesuai dimana Anda akan disambut dengan dataran luas yang sarat dengan bebatuan kuno. Batu-batu ini berkembang secara sporadis di antara rumput hijau dan pepohonan.

Stone Garden adalah taman wisata yang diduga berbentuk dari danau kuno yang berusia lebih dari 27 juta tahun. Beberapa peneliti menerima adanya gempa vulkanik yang membuat batu-batu tersebut ditanam secara sporadis. Memang, inilah hal yang membuat pemandangan menjadi indah. Kamu bisa mengunjungi destinasi liburan di negara bagus Desa Gunung Masigit, Cipatat pada pukul 07.00 – 18.00 secara konsisten.

Memang, di bagian bawah Stone Garden adalah Gua Pawon, situs bersejarah lain di mana berbagai peninggalan kehidupan kuno ditemukan. Peninggalan-peninggalan yang berbeda ini kini terlihat jelas di Museum Geologi Bandung.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam sambil menguji adrenalin, Tebing Gunung Hawu bisa menjadi tujuan yang tepat. Banyak wisatawan datang ke sini untuk mendaki tebing atau menjelajahi gua vertikal beberapa meter ke bawah. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan sekitarnya sambil bersantai di kursi malas yang tergantung di antara dua tebing.

Tebing Gunung Hawu berada di belakang Tebing Citatah, tumpukan batu kapur Singgalang. Setidaknya butuh waktu 30 menit untuk sampai. Sangat ideal untuk datang tepat di awal hari karena Tebing Gunung Hawu menawarkan pemandangan matahari yang indah.

Tujuan lain yang sangat baik dan memikat adalah Leuwi Jurig. Tak sedikit traveler yang menyatakan bahwa Leuwi Jurig seperti Grand Canyon di Amerika. Di Leuwi Jurig, Anda bisa melihat pemandangan perairan jernih yang diapit tebing batu raksasa. Beda birunya air dan tebing yang redup bikin pemandangan Instagramable banget.

Destinasi liburan biasa ini terletak di Desa Bojong, Bungbulang, Garut. Jika Anda berangkat dari arah Bungbulang, Leuwi Jurig tidak jauh dari Jembatan Rumpit, yang merupakan perpanjangan utama yang akan Anda seberangi setelah PLTMH Cirompang Bungbulang.