Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi

Monumen Perjuangan Rakyat Bali – Monumen Bajra Sandhi adalah monumen perjuangan rakyat Bali yang terletak di Renon, Denpasar, Bali. Monumen ini menempati areal yang sangat luas, ada beberapa lapangan bola di sekelilingnya.

Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang pesemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter. Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Provinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Provinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon.

Monumen Perjuangan Rakyat Bali

Monumen Perjuangan Rakyat Bali Dikenal dengan Nama Bajra Sandhi

Monumen ini dikenal dengan nama “Bajra Sandhi” karena bentuknya menyerupai bajra atau genta yang digunakan oleh para Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat upacara keagamaan. Monumen ini dibangun pada tahun 1987, diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003. Tujuan pembangunan monumen ini adalah untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali untuk diwariskan kepada generasi penerus sebagai modal melangkah maju menapak dunia yang semakin sarat dengan tantangan dan hambatan

Objek wisata Bajra Sandhi, merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali dan menjadi simbol heroik rakyat melawan para penjajah, monumen ini didirikan untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat dalam mengusir kolonial Belanda dari Ibu pertiwi ini dari generasi ke generasi juga dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mau berkunjung ke Bajra Sandhi atur perjalanan tour di Bali anda untuk mengunjungi tempat wisata dalam kota Denpasar dalam sehari penuh, sehingga bisa merangkai kunjungan tour dengan mengunjungi pasasr Kimbasari, Museum Bali, Art Centre dan juga pantai Sanur. Atau pilihan sewa mobil atau bahkan dengan sewa sepeda motor karena lokasi dan jarak tempat wisatanya berdekatan sehingga terhindar dari kemacetan.

Bangunan Monumen Bajra Sandhi ini beberapa bagian bangunannya terdiri dari 17 anak tangga berada pada pintu utama, 8 buah tiang agung dalam gedung monumen, menjulang setinggi 45 meter. Terlihat begitu artistik dan penuh arti, melambangkan angka hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Letaknya strategis di tengah-tengah kota Denpasar, menjadikannya sebagai salah satu objek wisata di Bali , yang terletak tengah kota dikelilingi oleh taman dan pohon tropis, serta lapangan hijau, sebagai tempat rekreasi dan bercengkrama bersama keluarga.

Monumen Bajra Sandhi terletak di depan Kantor Gubernur Bali, mengekspresikan sebuah genta yang tinggi menjulang berada dalam padma (seroja), lambang pertemuan lingga dan yoni yaitu sifat maskulinitas dan sifat femininitas, memili arti agar melahirkan kesuburan serta kemakmuran, sehingga tercipta kesejahteraan umat. Bangunan ini menerapkan konsepsi Tri Mandala. Perjalanan dari bandara butuh sekitar 30 menit berkendaraan bermotor, lokasinya memang tidak begitu jauh serta mudah diakses. Tiba di lokasi, saat memasuki bangunan, anda bisa naik ke puncak candi melihat keindahan sekeliling taman kota, bangunan ini berada di lapangan Puputan Renon.

Monumen Bajra Sandhi, menjadi salah satu tempat wisata dalam kota. Bangunan monumen dikelilingi oleh lapangan luas, yang diperuntukkan oleh warga sebagai tempat rekreasi gratis kecuali masuk ke dalam bangunan monumen. Pada akhir pekan di hari Minggu pagi anda akan menemukan berbagai aktifitas yang dilakukan oleh pengunjung seperti berjalan santai di areal joging track yang sudah disediakan, bermain sepeda, olah raga seperti sepak bola, senam bahkan kegiatan yoga. Bahkan sebagai taman kota yang dikelilingi oleh pepohonan tropis dan taman-taman indah bisa sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Bali.

Tapi kalau anda wisatawan dalam agenda tour di Bali agar bisa mengetahui lebih dekat, anda bisa masuk ke bangunan monumen. Melalui tangga anda bisa menuju puncak menara monumen Bajra Sandhi untuk menikmati suasanan alam kota dengan lapangan serta taman tertata indah. Anda akan mendapatkan pengalaman wisata dalam kota yang indah bersama keluarga ataupun rekan. Jarak dari bandara butuh sekitar 40 menit berkendaraan. Tempat ini berdekatan dengan sejumlah objek wisata di Bali seperti desa budaya Kertalanu, Sanur, Kuta, Seminyak dan Batubulan.

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa ikut paket tour semuanya kami telah susun rute perjalanannya. Untuk ikut paket tour lainnya, jika punya waktu lebih untuk berlibur, ada tawaran paket sampai 6 hari. Selain ikut paket tour yang sudah dikemas dengan mengunjungi sejumlah objek wisata lainnya di Kota Denpasar, alternatif lainnya wisatawan bisa sewa mobil di Bali plus supir + bbm menentukan sendiri rute perjalanan sendiri atau minta rekomendasi supir kami yang sudah berpengalaman.

Bangunan gedung monumen pada Utama Mandala tersusun menjadi 3 lantai :

  • Utamaning Utama Mandala adalah lantai 3, berposisi paling atas berfungsi sebagai ruang ketenangan, tempat hening-hening menikmati suasana kejauhan disekeliling monumen.
  • Madyaning Utama Mandala adalah lantai 2 berfungsi sebagai tempat diaroma, berjumlah 33 unit. Lantai 2 (dua) ini sebagai tempat pajangan miniatur perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa. Di bagian luar sekeliling ruangan ini terdapat serambi atau teras terbuka untuk menikmati suasana sekeliling.
  • Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar Gedung Monumen, terdapat ruang informasi, ruang keperpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, gedung, toilet. Ditengah-tengah ruangan terdapat telaga yang diberi nama sebagai Puser Tasik, delapan tiang agung, juga tangga naik berbentuk tapak dara.

Pada bangunan monumen terlihat:

  • Guci Amertha, disimbulkan dengan kumba (semacam periuk) terlihat di bagian atas monument
  • Ekor Naga Basuki terwujud dekat Swamba & kepalanya pada Kori Agung
  • Badan Bedawang Akupa diwujudkan pada landasan monumen, kepalanya pada Kori Agung.
  • Gunung Mendara Giri diwujudkan dengan monumen menjulang tinggi.
  • Kolam mengelilingi monumen, diibaratkan sebagai Ksirarnawa (lautan susu).

Objek wisata bali monumen Bajra Sandhi buka setiap hari antara jam 8.30 s/d 16.30

Jangan lupa kunjungi wisata bali lainnya Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Warung Nyoman Bedugul Wisata Kuliner Bali, Obyek Wisata Andalan Klungkung di Pulau Bali, Bali Wisata Air Terjun.

Monumen Bajra Sandhi Denpasat Bali
Monumen Bajra Sandhi Denpasat Bali

Monumen Bajra Sandhi Denpasar Bali

Monumen Bajra Sandhi, sebuah landmark atau daerah monumen wisata besar yang terletak di jantung kota Denpasar, terletak di zona Renon. Landmark ini dibangun dan didedikasikan untuk pertempuran masyarakat pulau Bali. Banyak wisatawan lokal yang tidak memikirkan wilayah Renon Denpasar. Memang, traveler asing banyak yang tahu tentang landmark Bajra Sandhi Renon. Misalnya turis Korea dan China. Kunjungan ini memiliki total lokasi di Jl. Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Sel., Kota Denpasar timur, Bali  Indonesia 80234.

Jika Jakarta punya Monas, Pulau Bali punya Bajra Sandhi. Baik kapasitas sebagai landmark dan peringatan. Denah komposisi Monumen Bajra Sandhi sangat kental dengan teknik Bali, banyak ukiran dan model yang sangat baru. Tempat wisata otentik menarik yang terletak di kota di kota Denpasar. Landmark ini saat ini menjadi tempat liburan yang sangat digemari oleh para wisatawan, sebuah pilihan hiburan selain pantai laut dan bisa menjadi lokasi kunjungan yang menarik ketika dalam perjalanan panjang ke Pulau Dewata.

Penggagas kemungkinan dibangunnya landmark ini adalah Prof Ida Bagus Matra sekitar saat itu sebagai Gubernur Bali, pada tahun 1980. Desain landmark ini adalah Ir. Ida Bagus Gede Yadnya yang memenangkan persaingan gedung untuk landmark ini pada tahun 1981. Denah gedung dari Ir. Ida Bagus Gede Yadnya mengisyaratkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, dengan denah 17 pintu masuk, 8 tiang pokok, dan landmark setinggi 45 meter.

Monumen Bajra Sandhi Renon, yang awal pembangunannya dimulai pada tahun 1981 kemudian dihentikan dan dilanjutkan pada tahun 1987. Pengenalan Monumen Bajra Sandhi dilakukan oleh Presiden saat itu, Ibu Megawati Soekarno Putri, pada tanggal 14 Juni 2013. Sebelumnya Monumen Bajra Sandhi mengadakan prosesi pesta ekspresi Bali setiap tahun, yang biasanya dibuka oleh Presiden Indonesia. Untuk sementara, Festival Seni dibuka selama satu bulan, mulai pertengahan Juni saat acara sekolah dimulai. Tindakan ini menambah grup di zona landmark bara sandhi renon.

Landmark ini tetap berada di alun-alun Niti Mandala Renon. Lapangan yang sangat hijau dan wilayah Niti Mandala Renon dimanfaatkan oleh masyarakat Denpasar secara konsisten, sebagai tempat berolahraga, seperti lari dan bermain sepak bola. Khususnya di sore hari, lapangan Niti Mandala Renon sangat ramai dikunjungi tamu.

Jenis bangunan Monumen Bajra Sandhi di Denpasar adalah Bajra yang sangat besar, dengan luas bangunan 4.900 m2 dan berada di wilayah seluas 13,8 hektar, berubah menjadi taman kota yang indah dengan lapangan yang sangat luas dan pepohonan yang menjulang tinggi, seperti padang rumput hijau. tempat untuk melepas lelah. Sehingga menjadikan Monumen Bajra Sandhi sebagai tempat wisata menarik di Kota Denpasar yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar maupun wisatawan lokal maupun asing.

Zona Renon Denpasar merupakan zona focal government untuk wilayah Bali. Di wilayah Renon itulah kantor Gubernur Bali berada tepat di belakang Monumen Bajra Sandhi. Selain kantor Gubernur Bali, di wilayah Renon terdapat banyak tempat kerja regulasi dan tempat kerja kantor dari berbagai negara. Jelas kami tidak akan membicarakan tentang kantor administrasi di halaman ini.

Selama akhir pekan, banyaknya penduduk kota menjadikan kawasan lapangan Renon sebagai tujuan hiburan keluarga. Di sini juga ada hari bebas kendaraan setiap hari Minggu. Sebuah tempat menarik yang terletak di pusat kota Denpasar, menawarkan keindahan alam yang memikat, sehingga sering dikunjungi oleh para wisatawan saat memesan Wisata Kota Denpasat.

Nama Bajra Sandi berasal dari kata Bajra dan Sandhi. Bajra menyiratkan Genta dan Sandhi menyiratkan surgawi. Jika dilihat dari keadaan bangunan landmarknya, menyerupai Genta Suci yang digunakan oleh para ulama Hindu saat membacakan mantra dalam acara keagamaan.

Bagi wisatawan Asia misalnya Jepang, China, Korea, keunikan landmark Bajra Sandhi ini menyerupai Pagoda. Selanjutnya, banyak wisatawan Asia yang percaya bahwa landmark ini adalah Pagoda, seperti di negara mereka.

Jadi jika anda berkunjung ke tempat wisata di Denpasar ini, jangan heran jika anda melihat kebanyakan wisatawan adalah wisatawan Asia.

Selain galeri, kantor Bajra Sandhi Renon memiliki perpustakaan, danau ikan, pekerjaan yang melelahkan, dan tentu saja toilet untuk para tamu. Dalam struktur di dalamnya terdapat 4 tahap yang bisa Anda gunakan untuk naik ke lantai dua.

Di lantai dua landmark terdapat galeri yang menceritakan tentang pertempuran individu Bali dari masa kuno, peningkatan kemajuan manusia Bali, latar belakang sejarah kemajuan alam Bali, hingga periode pertempuran masyarakat Bali. untuk kebebasan. Narasi pertarungan publik Bali digambarkan dalam 33 model yang sangat hidup. Karenanya landmark ini juga sering disebut-sebut sebagai gedung pameran Bajra Sandhi. Adegan yang lebih kecil dari biasanya digambarkan dalam bahasa Bali, Indonesia, dan Inggris. Di lantai landmark tersebut, saat ini digunakan sebagai kawasan hiburan foto 3 dimensi yang dikenal dengan ruang pameran “I Am Bali”.

Di lantai dua struktur, ada tangga bundar yang mengarah ke lantai tiga dan rasanya agak kabur saat memanjatnya. Di lantai tiga landmark yang berfungsi, ada sebuah ruangan besar yang dikelilingi oleh jendela kaca. Dari bangunan di lantai tiga, Anda dapat melihat perspektif 360 derajat tentang kota Denpasar dan faktor lingkungannya. Tentunya Anda tidak akan melihat gedung-gedung bertingkat di kota Denpasar, karena terdapat pedoman terdekat (pedoman lingkungan) yang melarang bangunan setinggi lebih dari 30 meter.

Biaya masuk ke landmark Bajra Sandhi berfluktuasi dari anak-anak hingga orang dewasa. Di antara mereka, orang dewasa perlu membayar Rp. 25.000 untuk satu orang, anak-anak, TK dan SD, Rp. 2.000, untuk pelajar sekolah menengah, sekolah menengah dan perguruan tinggi, Rp. 5.000, sedangkan biaya berangkat kendaraan Rp. 5.000, dan Rp. 2.000 untuk pemberhentian kapal penjelajah.

Jenis koleksi yang ada di Museum Monumen Perjuangan Bali terdiri dari 33 model yang hidup, foto dan komposisi yang berbeda. Waktu berkunjung ke Museum dari Senin – Jumat pukul 08.30 – 17.00 WITA sedangkan Sabtu – Minggu pukul 09.30 – 17.00 WITA (Waktu Indonesia Tengah).

Jika anda sedang merencanakan tamasya ke tempat-tempat wisata di Denpasar, dengan mengunjungi Monumen Bajra Sandi kami sarankan agar anda menggunakan jasa rental kendaraan dan supir di Bali. Tentunya ada penjelasan kami menyarankan agar anda memanfaatkan bantuan sewa kendaraan selain supir di Bali.

Tempat liburan di Denpasar adalah Bajra Sandhi Renon, namun masih ada tempat liburan lainnya di Denpasar. Misalnya Art Center, Museum Bali dan destinasi liburan Sanur. Dengan memanfaatkan bantuan sewa kendaraan dan supir di Bali, dengan waktu tempuh 12 jam, anda dapat mengunjungi berbagai tempat liburan di Denpasar, tanpa membuat biaya transportasi menjadi mahal.

Bali, Pesona Wisata Imdonesia, Pulau Bali, Wisata Unik di Bali, Wisata Unik, Wisata Bali, Tempat Menarik di Bali, Tempat Liburan di Bali, Tempat Wisata Bali, Tempat Indah di Bali

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *