Wednesday , May 24 2017
Home / Pesona Kepulauan Seribu / Wonderful Indonesia Kepulauan Seribu

Wonderful Indonesia Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Wonderful Indonesia

Kepulauan Seribu Wonderful Indonesia
Kepulauan Seribu Wonderful Indonesia

Wonderful Indonesia Pulau Seribu adalah suatu kepualauan yang berada di laut Jawa terletak bertebaran tidakk jauh dari lepas pantai di utara Jakarta dan walaupun namanya ‘seribu’sebenarnya hanya terdapat sekitar 140 pulau-pulau kecil yang terletak di perairan Teluk Jakarta dan merupakan kawasan wisata Bahari. Dari segi pemerintahan Kepulauana Seribu merupakan kabupaten dan berpusat ibukota di kabupaten di Pulau Pramuka. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau dimana terdiri dari perairan 6.997,5 km2 dan dataran 869,61 ha. Terdiri dari 110 pulau dan peruntukkan pulau pariwisata 41 pulau. Sedangkan resort yang telah beroperasi sampai dengan 2005 sebanyak 11 resort.

Kepulauan Seribu dibagi menjadi 2 kawasan wisata,yaitu Kepulauan Seribu Utara terdapat 9 resort, lebihh kepada wisata ekslusif yang relative perairan  dan bawah llautnya cukup baik. Kepulauan Seribu Selatan ada 2 resort dan yang lain megembangkan wisata untuk market menengah ke bawah, yaitu berpusat di Pulau Untung Jawa, dimana terdapat kampong nelayan, hutan mangrove, home stay dan rekreasi laut lainnya. Cagar alam seperti Pulau Rambut dan Pulau Bokor. Kemudian Cagar Budaya, Pulau Onrust, PulaU Cipir dan Pulau Kelor.

Wonderful Indonesia Pulau-pulau yang telah beroperasi sebagai pulau wisata/resort di bagian utara adalah pulau alam kotok, Pulau Bira, Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Matahari, Pulau Pantara, Pulau Pramuka, Pulau Bira, dan Pulau Kotok Timur. Sedangkan pulau-pulau pariwisata di bagian selatan adalah yang terdekat yaitu Pulau Ayer dan Pulau Bidadari. Untuk mencapai Kepulauan Seribu terutama menuju resort-resort pariwisata, berangkat dari Marina Ancol dengan lama perjalanan ke bagian Utara antara 60-90 menit dan tergantung keadaan cuaca. Kapal Trans Jakarta beroperasi , dengan jarak tempuh 3 jam sampai pulau paling utara. Harga transportasi berkisar antara Rp. 100.000,00 sampai dengan Rp.300.000,00 per orang pp. Transportasi ekonomi (ojek laut) beroperasi dari Muara Angke, Kamal dan Dadap dengan tarif relative murah, namun ditempuh kurang lebih dalam waktu 4 jam. Daya tarik wisatanya antara lain : Wisata Pantai, Mancing, Diving, Budi Daya Rumput Laut, Budidaya ikan, Budidaya Terumbu Karang, Snorkeling, Boatning, Jet Ski.

Wonderful Indonesia di Pulau Bidadari
Wonderful Indonesia di Pulau Bidadari

Wonderful Indonesia Yang menarik lagi bahwa sebagian besar wilayah Kepulauan Seribu bagian Utara berada di wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu, sehingga secara ekosistem terjamin dan terjaga dan terjaga dengan baik. Di wilayah kabupaten administrasi Kepulauan Seribu ini masyarakat telah menggalakkan tanaman produktif budidaya sukun yang bisa menjadi tanaman obat karena mengandung beberapa zat untuk mengatasi peradangan. Buah sukun ini kemudian diolah juga menjadi kripik serta berbagai panganan dan kue-kue untuk dikonsumsi wisatawan dan menjadi daya tarik serta oleh-oleh khas Kepulauan Seribu.

Wonderful Indonesia Selain menjadi resort Island, kepulauan ini uga dikenal sebagai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, satu cagar alamlaut seluas 106.000 ha. Kawasan sebelah utara DKI Jakarta ini meliputi tiga kelurahan yaitu kelurahan Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, dan dibagi menjadi 4 zona yaitu zona inti, zona perlindungan, zona pemanfaatan wisata dan pemukiman. Sistem zonasi ini mengatur pemanfaatan sumber daya alam di kawasan taman nasional ini. Diantara sumber daya alam yang ada , adalah terumbu karang yang merupakan kkesatuan hayati berupa karang, ikan karang, molusca, lamun alga, dan lainnya. Kepulauan Seribu dikenal pula sebagai kawasan untuk menikmati keindahan bawah laut seperti menyelam atau snorkeling.

Selain itu TNKps juga daerah penyebaran penyu di Pulau Jawa terutama Penyu Sisik. Dua puluh tahun lalu sebagian pantai berpasir dari 108 pulau merupakan tempat peneluran penyu. Dengan meningkatnya kegiatan manusia kini tinggal beberapa pulau saja yang masih dikunjungi penyu untuk bertelur yaitu Pulau pateloran timur Pulau pateloran barat, Pulau penjalian Timur.  Kegiatan pelestarian penyu sisik dilakukan di Pulau Pramuka dengan mengumpulkan telur penyu dari pantai ke tempat peneluran secara alami di Pulau Peteloran. Telur kemudian dibawa ke Pulau Pramuka untuk ditaruh ditempat penetasan semi alami dengan cara ditanam sedalam 40-50 cm.  Telur akan menetas setelah 40-60 hari.

camilan kripik sukun menjadi oleh-oleh khas Kepulauan Seribu
camilan kripik sukun menjadi oleh-oleh khas Kepulauan Seribu

Wonderful Indonesia Pelestarian penyu sisik ini menjadikan Kepulauan Seribu sebagai tujuan wisata pendidikan dan konservasi laut. Berbagai program penyelamatan satwa langka melalui kegiatan translokasi satwa burung elang dan muncak serta budidaya ikan kerapu,karang hias dan budidaya kelautan lainnya dikembangkan di kepulauan ini.  IndonesiaUntuk mencapai Pulau Seribu pengunjung dapat menggunakan kapall kecil dari Mariina Ancol dengan taraf berfariasi tergantung pulau yyang hendak dituju. Diperlukan waktu dua setengah jam untuk mencapai pulau yang paling jauh.

About PesonaWisata

4 comments

  1. Pulau Seribu NEFtour

    Saya bangga menjadi orang jakarta, ternyata dibalik kesemrawutan kota jakarta, masih menyimpan keindahan, ya di pulau seribu, tidak usah jauh2 wisata keluar pulau, klo ternyata yang didepan mata dekat untuk dikunjungi, saya sendiri telah mengunjungi hampir 10 pulau pokonya mantap

  2. SAlam Wisata Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *