Home / Wisata Sumatra / Pesona Lampung / Wonderful Indonesia di Lampung

Wonderful Indonesia di Lampung

Lampung Wonderful Indonesia

wonderful indonesia of bandar lampung city
wonderful indonesia of bandar lampung city

Wonderful Indonesia. Provinsi Lampung terletak di bagian ujung Tenggara Pulau Sumatra pada posisi 103o40 – 105o50 Bujur Timur dan 3o45 – 6o45 Lintang Selatan. Provinsi ini merupakan pintu gerbang Pulau Sumatra ke Pulau Jawa dan sebaliknya Karen posisi Lampung sangat dekat dengan Jawa, hanya dipisahkan oleh Selat Sunda sejauh kurang dari 30 km. Didikung sarana, prasarana tradisional yang relative lancar baik angkutan darat maupun very dan dilalui jalur alternative pelayaran internasional sehingga Prlabuhan panjang dibangun dan difungsikan dalam skala internasional.Wonderful Indonesia

Luas daratan Provinsi Lampung kurang lebih 35.376km2. Panjang garis pantai 1.105 km termasuk 69 pulau kecil dan pulau Tabuan yang terbesar. Ada dua teluk yaitu taluk Lampung dan Teluk Semangka. Luas perairan pesisirnya sekitar 16.625 km2 sehingga luas secara keseluruhan 51.991 km2.

Penduduk asli Lampung terdiri dari tiga kelompok masyarakat yaitu Orang Abung yang berasal dari daerah pegunungan di sebelah barat Lampung, Orang Pubian berada di kawasan dataran rendah di bagian timur Lampung, dan orang peminggir yang berasal dari  kawasan pantai selatan Lampung yaitu Teluk Lampung dan Teluk Semangka.

Mereka umumnya berbicara dalam dua bahasa daerah yaitu bahasa Komering dan bahasa Lampung, namun karena kehadiran begitu banyak pendatang dari Jawa, sebagian penduduk asli ini pun pandai berbahasa Jawa dan Sunda.

Mengenai potensi pariwisata Lampung, banyak objek wisata yang masih tumbuh dan berkembang secara alami di Lampung Barat miisalnya, potensi wilayah yang berpeluang dikembangkan misalnya, wisata Bahari karena di wilayah Krui dan sekitarnya ada pantai landai dengan ombak yang pantas untuk dijadikan olahraga layar dan ski air.

wonderful indonesia bukit barisan lampung
wonderful indonesia bukit barisan lampung

Wonderful Indonesia. Di kabupaten yang berbatasan langsung dengan wilayah provinsi Bengkulu dan Sumatra Selatan itu juga terdapat asset lain, objek wisata alam tman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Danau Ranau. Dari sekitar 45 objek wisata alam, budaya dan minat khusus yang telah terdatta belum sepenuhnya dikembangkan. Namun, beberapa unggulan antara lain wisata bahari ke Gunung Krakatau di Selat Sunda dan Pantai Merak Belantung, Pantai Pasir Putih di panjang, situs purbakala di Jabung dan pusat latihan gajah Way Kambas, Dam Way Rarem di Bukit Kemuning dll.

Bandar Lampung Wonderful Indonesia

Kota yang terletak di ujung utara Teluk Lampung ini adalah kota besar di Lampung dan merupakan Ibukota Provinsi Lampung. Berbagai objek wisata seperti wisata pantai, budaya, alam pegunungan atau wisata petualangan di hutan dan sungai, selam dan pancing  dapat dijangkau dengan Mudah dari kota ini. Wonderful Indonesia Objek wisata sekitar Bandar Lampung saling terletak saling berdekatan sehingga perjalanan wisata di daerah ini menjadi sangat menyenangkan karena banyak tempat yang bisa dilihat.

Bandar Lampung pada mulanya terdiri dari dua kota yaitu Tanjungkarang yang berada di sebuah bukit dan Telukbetung yang berada di tepi pantai Teluk Lampung. Kedua kota ini kemudian melebur menjadi satu kota dengan nama Bandar Lampung dan menjadi kota terbesar ke empat di Sumatra. Prasarana umum cukup tersedia di Bandar Lampung sepert taksi, bus dalam kota, kereta api dan pusat perbelanjaan. Wonderful Indonesia Pada masa lalu, kawasan Telukbetung merupakan kawasan paling parah menerima gelombang  pasang setinggi 40 m ketika Gunung Krakatau meletus tahun 1883. Hampir separuh dari seluruh korban tewas akibat letusan Krakatau yang berjumlah 36.000 jiwa adalah penduduk Telukbetung. Sebuah monument berupa rambu laut dibangun pada sebuah bukit di Telukbetung untuk mengenang bencana alam itu. Museum Provinsi Lampung yang berada di Jl Teuku Umar, 5 km dari pusat kota, memilki koleksi benda-benda pra-sejarah yang berasal dari zaman Neolitik.

Pasir Putiih Wonderful of Lampung

wonderful indonesia di pantai passir putih
wonderful indonesia di pantai passir putih

Wonderful Indonesia Pantai pasir putih yang berada di 16 Km di selatan kota Bandarlampung adalah pantai yang indah dengan panorama Teluk Lampung yang sangat mengesankan. Pasir putih menyediakan sarana wisata yang lumayan beragam untuk keluarga. Dari pantai ini jika hari cerah terdapat sejumlah pulau yang tidak berpenghuni di lepas pantai dan pulau Krakatau di kejauhan. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan taman laut yang lokasinya berada di beberapa pulau yang tak jauh dari pantai pasir putih. Diseberang pantai ini ada tiga pulau kecil yang memilki pemandangan yang cukup indah, yakni pulau Condong Darat, Condong Wawai, dan Condong Sulah. Pulau-pulau itu bisa dicapai sekitar 20 menit dengan perahu bermotor. Kondisi Pulau Condong Sulah juga cocok untuk olahraga panjat tebing. Pulau ini juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan luar ruang untuk karyawan-karyawan dari perusahaan di luar Lampung.

Bakauheni

Wonderful Indonesia Wisatawan dari Jawa khususnya Jakarta dapat mengunjungi Lampung dapat menumpang pesawat terbang dalam waktu kurang dari satu jam atau alternative lain, menyeberangi Selat Sunda dengan kapal fery dari Pelabuhan Merak di Banten menuju ke Pelabuhan Bakauheni. Namun sebenarnya, mengunjungi Lampung dengan menumpang kapal fery akan jauh lebih menarik untuk wisatawan yang baru pertama kali datang ke Lampung. Dari berbagai objek wisata yang ada di Lampung, objek wisata pantai adalah primadon. Jalan raya antara Bakauheni dan Bandarlampung sepanjang sekitar 100 km pada dasarnya berada di kawasan pantai. Dan di sepanjang jalur pesisir ini terdapat sejumlah pantai dengan cirinya masing-masing yang sangat bervariasi pesona dan keindahannya.

Kalianda

Pantai Kalianda yang berjarak hanya 30 km dari pelabuhan Bakauheni. Kalianda adalah sebuah kota yang tenang dengan pemandangan yang cukup mengesankan ke arah teluk Lampung dan Gunung Rajabasa. Kawasan wisata pantai di Kalianda ini terdapat beberapa tempat wisata yang sudah dikelola secara khusus antara lain Pantai Merak Belantung, Kalianda Resort, Laguna Helau dan Pantai Marina. Di Kalianda, wisatawan juga dapat menikmati sumber mata air mineral hangat (belerang) di pantai Wartawan atau Way Balirang, 3 km dari Kalianda, air mineral hangat di tempat ini ditampung di tiga kolam. Kegiatan lain di daerah ini adalah mendaki Gunung Rajabasa. Untuk melakukan hal ini memerlukan seorang penunjuk jalan dan melapor pos polisi terdekat.

Kalianda Resort

wonderful indonesia pantai marina lampungv
wonderful indonesia pantai marina lampung

Wonderful Indonesia Kawasan Wisata Kalianda Resort terletak sekitar 30 km di utara Bakauheni. 20 km utara Kalianda, dan 45 km dari Bandar Lampung. Kalianda resort yang didirikan pada tahun 1997 di areal seluas 5 hektar dari rencana 350 hektar yang akan dikembangkan. Di depan Kalianda Resort terdapat sebuah teluk kecil yang menjadi awal bagi wisata petualangan ke Gunung Krakatau dan wisata ke pulau-pulau sekitar Teluk Lampung bagian selatan maupun menyelam di Pulau Sebuku dan memancing.

 

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *