Monday , April 23 2018
Home / Uncategorized / Wisata Pontianak Makam Kesultanan Batulayang

Wisata Pontianak Makam Kesultanan Batulayang

Wisata Pontianak Makam Kesultanan Batulayang

Wisata Pontianak Makam Kesultanan Pontianak yang terletak di Batulayang, atau bisa juga disebut dengan Makam Batu Layang adalah lokasi Pemakaman dari Kesultanan Pontianak, mulai dari Sultan Pertama ( Sultan Syarief Abdurrachman Alqadrie ) hingga ( Sultan Hamid II ) serta beberapa keluarga Sultan. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi khususnya pada Hari Besar Islam.
Pesona Wisata Pontianak Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Makam Batu Layang
Pesona Wisata Pontianak Obyek Wisata Bersejarah Pontianak Makam Batu Layang

Makam ini terletak kurang lebih 2 kilometer dari Tugu Khatulistiwa yang dapat dikunjungi dengan menggunakan transportasi darat maupun transportasi air ( sampan ). Wisata Pontianak Kompleks pemakaman keluarga Kesultanan Pontianak ini terletak di Batu Layang, Pontianak Utara. Dari sisi sungai kapuas di sekitar makam, dapat kita saksikan keindahan sungai kapuas, terlebih lagi pada saat matahari terbenam.

Makam Kesultanan Pontianak di Batu Layang merupakan aset ketiga warisan Kesultanan Pontianak sesudah Istana Kadriah dan Mesjid Sultan Abdurrahman. Konon ketiga lokasi ini mempunyai letak dengan garis lurus dari istana, mesjid dan makam dari arah timur ke barat. Wisata Pontianak Komplek pemakaman ini khusus bagi para Sultan Pontianak dan keluarganya dan bukan untuk umum.
Pesona Wisata Pontianak Bangunan Kompleks Pemakaman Batu Layang
Pesona Wisata Pontianak Bangunan Kompleks Pemakaman Batu Layang

Terletak dipinggir sungai Kapuas, pada masa dahulu makam ini hanya dapat dicapai dengan perahu melalui sungai. Kini makam itupun dapat dikunjungi melalui jalan darat pada sisi jalan menuju Jungkat, kira kira 200 meter dari jalan raya. Wisata Pontianak Selain ramai dikunjungi para peziarah, banyak pula wisatawan mengunjungi makam ini untuk mengetahui lebih lengkap tentang riwayat para Sultan Pontianak, dengan segala bukti keberadaannya.

Mengapa di sebut “Batu Layang” belum di dapat keterangan yang jelas. Mungkin waktu Syarif Abdurrahman diganggu perompak ada batu yang dilepar melayang ke perahunya. Di depan Batu Layang terdapat sekelompok batu warna kuning yang konon selalu tumbuh dan menjadi besar. Sampai sekarang kedelapan Sultan Pontianak dimakamkan di Batu Layang. Begitupun beberapa keluarganya, yaitu isteri, anak dan cucunya.Wisata Pontianak.
Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Pontianak.

About PesonaWisata

Check Also

wonderful indonesia karimun jawa

Wonderful Indonesia di Karimunjawa

Karimunjawa Wonderful Indonesia Wonderful Indonesia Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *