Wisata Kuliner Jogja Gudeg Manggar Mandingan

Wisata Kuliner Jogja Gudeg Manggar Mandingan

Wisata Kuliner Jogja Gudeg Manggar Mandingan

Wisata Kuliner Jogja Manggar Mandingan
Wisata Kuliner Jogja Manggar Mandingan

Wisata kuliner Jogja. Jogjakarta adalah kota yang unik. Dipimpin oleh seorang raja (sultan) yang turun temurun, kota ini menawarkan banyak peninggalan budaya dan sejarah. Di sini Anda bisa makan dengan gaya lesehan. Makanana Jogjakarta yang lebih manis mungkin akan mengejutakan Anda untuk pertama kali, tapi banyak orang yang rindu makanan jawa yang enak setelah mencobanya, jadi mungkin Anda punya pengalaman yang sama. Wisata kuliner Jogja kota ini manawarkan banyak makanan enak. Dari bakpia, wingko babat, yangko sampai enting-enting kacang, para pengunjung akan puas menemukan banyak pilihan makanan enak di kota ini.

Sekilas Mengenai Rumah Makan Manggar Manding

Rumah Makan Manggar Manding adalah rumah makan jawa yang berkonsep tradisional natural yang terletak di Jalan Parangtritis KM 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta. Wisata Kuliner Jogja diresmikan pada tanggal 12 September 2014 oleh Ketua Mahkamah Agung Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H.Manggar Manding mempunyai menu special Gudeg Manggar, yaitu gudeg yang berasal dari bunga kelapa yang mempunyai cita rasa gurih. Asal kata gudeg sendiri.

Istilah Gudeg di Kota Jogjakarta

Gudeg (ejaan bahasa Jawa: gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Dan kadang- kadang dicampur dengan telur dan ayam. Kulit sapi, dimasak sampai empuk biasanya di makan bersama dengan gudeg dan nasi. Kebanyakan restoran di Jogjakarta menjual makanan ini. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Wisata kuliner Jogja warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampong, telur, tahu dan sambel goring krecek. Ada berbagai varian gudeg, antara lain: Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bandung Taman Bunga Cihideung

Jenis Dari Makanan Khas Jogja Gudeg

Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer. Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih. Wisata kuliner Jogja gudeg adalah olahan dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah selama berjam-jam hingga terasa legit. Wisata kuliner Jogja Gudeg Jogja merupakan kuliner wajib yang harus dicicipi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Menu gudeg ini sangat mudah ditemui di pelosok sudut Kota Jogja, seperti warung dan restoran bahkan lesehan di pinggir jalan dan kaki lima. Tetapi ternyata selain nangka muda, ada gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda.

Wisata Kuliner Jogja Manggar Mandingan
Wisata Kuliner Jogja Manggar Mandingan

Gudeg Manggar Khas Rumah Makan Manggar Manding

Gudeg manggar ini memang kalah populer dibandingkan dengan gudeg nangka. Karena memang gudeg manggar ini sulit untuk ditemukan alias sudah langka. Menu kuliner yang ada di Manggar Manding ini adalah gudeg, akan tetapi gudeg di kuliner jogja murah yang satu ini tidak sama dengan yang lain. Wisata kuliner Jogja gudeg yang ada di Manggar Manding ini di buat dari bunga kelapa yang muda.

Nampaknya menu di manggar manding ini menjadi salah satu kuliner khas jogja, karena gudeg ini sepertinya merupakan makanan istimewa pada jaman kerajaan dulu. Wisata kuliner Jogja menu gudeg yang ada di Manggar Manding ini di sajikan dengan berbagai lauk pauk seperti tempe bacem dan sayur krecek. Menurut ahli kecantikan tradisional yang berasal dari Keraton Jogja Ibu Mooryati Soedibyo, dengan mengkonsumsi gudeg manggar bisa memunculkan kecantikan luar.

Wisata Kuliner Jogja Manggar Mandingan
Wisata Kuliner Jogja Manggar Mandingan

Lokasi Rumah Makan Manggar Manding Jogja

Dimana tempat untuk menikmati wisata kuliner gudeg manggar ini, di daerah Bantul tempat asal mula gudeg Jogja berasal, ada sebuah rumah makan yang menyajikan menu gudeg manggar ini. Wisata kuliner Jogja Nama rumah makan ini adalah Rumah Makan Manggar Manding.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jambi Gunung Kerinci

Cara mengolah Gudeg Manggar Jogja

Cara mengolah gudeg manggar ini adalah bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak dengn santan dan bermacam bumbu hingga berjam-jam lamanya. Wisata kuliner Jogja manggar yang mudah hancur pun butuh ketelatenan agar membuatnya tetap terasa teksturnya. Di Rumah Makan Manggar Manding ini gudeg manggar biasa disajikan dengan sayur krecek (kulit sapi) dan tahu bacem yang sangat nikmat. Bila gudeg nangka memiliki rasa yang legit, maka gudeg manggar ini terasa lebih gurih.

Citarasa Gudeg Manggar Manding

Secara umum, gudeg manggar mempunyai citarasa yang sama dengan gudeg nangka muda. Ini disebabkan karena bumbu-bumbu yang dipakai persis sama. Bedanya adalah pada tekstur nangka muda yang lebih empuk, sedangkan manggar bertekstur lebih krenyeskrenyes. Konon rasa gudeg manggar yang dicampur dengan daging ayam rasanya menjadi sangat khas dan tidak ada yang menandinginya, sehingga sangat dikenal pada masa dulu.

Bahkan, Seorang ahli kecantikan terkenal bernama Mooryati Sudibyo telah memopulerkan gudeg manggar ke seluruh dunia sebagai menu masakan untuk kecantikan. Mooryati Sudibyo mengatakan bahwa dengan menyantap gudeg manggar konon seseorang akan menjadi lebih nampak cantik dan bercahaya wajahnya, atau dulu orang mengatakan dalam bahasa jawa “klimis”. Yang menjadikan gudeg ini istimewa karena bahannya langka dan sangat mahal. Bunga kelapa atau manggar jauh lebih sulit ditemui dibandingkan gori atau nangka muda. Tidak hanya itu, tidak semua bunga kelapa itu dapat digunakan.

Hanya yang masih muda saja yang dapat diolah. Tidak jarang dari satu kilogram bunga kelapa, hanya seperempatnya saja yang dapat dimasak. Fakta lain yang menyebabkan manggar langka dan mahal adalah karena manggar hanya bisa dipanen satu kali saja. Pengolahan gudeg Manggar punya tingkat kerumitan yang tinggi karena dalam memilih bunga kelapa tidak boleh sembarangan. Hanya pohon kelapa yang kurang produktif yang manggarnya boleh diambil dan berada di daerah kurang subur.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Manokwari Bendungan Prafi

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: [email protected]

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber : http://manggarmanding.com/

 

Wisata Kuliner Jogja, Wisata Alam, Wisata Jogjakarta, Wisata Kuliner Yogyakarta, Kota Wisata, Wisata Kuliner Jogja Terkenal, Kuliner Enak Jogja, Manggar Mandingan, Gudeg Manggar Mandingan, Gudeg Manggar Mandingan Enak.

Similar Posts:

    None Found

3 thoughts on “Wisata Kuliner Jogja Gudeg Manggar Mandingan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.