Wisata Kuliner Angkringan Lik Man Yogyakarta

Pesona Wisata Kuliner Angkringan Lik Man

Wisata Kuliner Angkringan Lik Man Yogyakarta

Pesona Wisata Kuliner Angkringan Lik Man
Pesona Wisata Kuliner Angkringan Lik Man

Wisata kuliner. Angkringan Lik Man merupakan angkringan legendaris, hal ini dikarenakan pedagangnya merupakan generasi pertama pedagang angkringan di Yogyakarta. Lik Man yang bernama asli Siswo Raharjo merupakan putra Mbah Pairo, pedagang angkringan pertama di Yogyakarta yang berjualan sejak tahun 1950-an. Warung berkonsep angkringan yang dulu disebut ‘ting ting hik‘ diwariskan kepada Lik Man tahun 1969. Sejak itu, menjamurlah angkringan-angkringan lain.

Asal Mula Penamaan Wisata  Angkringan

Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ‘ Angkring’ yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melngkung ke atas) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli.

Waktu Beroprasi Para Angkringan

Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir (ind.lentera, penerangan sangat sederhana tanpa kaca semprong dibanding dengan lampu tempel atau teplok yang terdiri dari botol biasanya berukuran pendek lengkap dengan sumbu dan minyak tanah atau minyak kelentik sebagai bahan bakarnya), dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan. Wisata kuliner makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Pesona Wisata Kuliner Makanan Angkringan Lik Man
Pesona Wisata Kuliner Makanan Angkringan Lik Man

Para Penikmat Wisata Kuliner Angkringan Jogja

Meski harganya murah, namun konsumen warung ini sangat bervariasi. Mulai dari tukang becak, tukang bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, seniman, bahkan hingga pejabat dan eksekutif. Antar pembeli dan penjual sering terlihat mengobrol dengan santai dalam suasana penuh kekeluargaan. Angkringan juga terkenal sebagai tempat yang egaliter karena bervariasinya pembeli yang datang tanpa membeda-bedakan strata sosial atau SARA.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Palangkaraya, Tugu Khatulistiwa

Mereka menikmati makanan sambil bebas mengobrol hingga larut malam meskipun tak saling kenal tentang berbagai hal atau kadang berdiskusi tentang topik-topik yang serius. Wisata kuliner harganya yang murah dan tempatnya yang santai membuat angkringan sangat populer di tengah kota sebagai tempat persinggahan untuk mengusir lapar atau sekedar melepas lelah.

Pesona Wisata Kuliner Angkringan Lik Man
Pesona Wisata Kuliner Angkringan Lik Man

Makanan Yang Di Jajakan di Angkringan Lik Man

Berbagai makanan juga disediakan, ada sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan dan jadah (makanan dari ketan yang dipadatkan berasa gurih) bakar. Sego kucing di Angkringan Lik Man tak kalah lezat dengan masakan lainnya sebab nasinya pulen dan oseng tempe dan sambal terinya berbumbu pas. Menikmati sego kucing yang selalu disajikan dalam keadaan hangat dengan lauk gorengan atau sate telur selain lezat juga tak menguras uang.

Suasana Keakraban di Tempat Angkringan

Wisata kuliner akrabnya susana dalam Angkringan membuat nama angkringan tak hanya merujuk kedalam tempat tetapi ke suasana, beberapa acara menadopsi kata angkringan untuk menggambarkan suasana yang akrab saling berbagi dan menjembatani perbedaan, seperti Angkringan JTF yang diadakan oleh Litbang dan juga Angkringan Ramadhan yang sering digelar di kampus-kampus menjelang buka puasa. Dengan berkunjung ke Angkringan Lik Man ini, anda bisa menikmati kuliner khas Jogja yang enak, mantap, serta mampu memanjakan lidah anda selama anda berada di Kota Jogjakarta. Tidak hanya angkringan, masih banyak lagi wisata kuliner Jogja diantaranya tempat- tempat makanan seperti Restoran yang ada di Kota Jogja, ada juga toko- toko yang menjual makanan cemilan maupun untuk oleh- oleh khas Kota Jogja.

Pesona Wisata Kuliner Bakpia Khas Jogja
Pesona Wisata Kuliner Bakpia Khas Jogja

Kue Bakpia Salah Satu Makanan Manis Khas Jogja

Disamping Kota Jogjakarta adalah kota yang unik. Dipimpin oleh seorang raja (sultan) yang turun temurun, kota ini menawarkan banyak peninggalan budaya dan sejarah. Di sini Anda bisa makan dengan gaya lesehan. Makanan Jogjakarta yang lebih manis mungkin akan mengejutakan Anda untuk pertama kali, tapi banyak orang yang rindu makanan jawa yang enak setelah mencobanya, jadi mungkin Anda punya pengalaman yang sama. Kota ini manawarkan banyak makanan enak. Dari bakpia, wingko babat, yangko sampai enting-enting kacang, para pengunjung akan puas menemukan banyak pilihan makanan enak di kota ini. Selain itu ada lagi makanan khas Jogja lainnya yaitu Gudeg. Gudeg adalah salah satu makanan andalan Jogjakarta. Makanan ini dibuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional, kadang- kadang dengan telur dan ayam. Kulit sapi, dimasak sampai empuk biasanya di makan bersama dengan gudeg dan nasi. Kebanyakan restoran di Jogjakarta menjual makanan ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jakarta

Referensi Tempat Wisata Kuliner Jogja Yang Cocok di Coba

Alamat-alamat restoran yang patut dikunjungi di Jogjakarta: Kesuma Restaurant Telp +62 274 824 5027 Gang Sartono – Jalan Parangtritis (Opposite side Market Prawirotaman)MJ III – 827, Yogyakarta, Indonesia 55143Email : kesuma_restaurant@ymail.com Djogja Kafe, Jalan Kyai Mojo 57 Gadjah Wong, Jalan Gejayan 79D Omah DhuwurJalan Mondorakan 252, Kota Gede Restoran Mbok Berek, Jalan Kaliurang Km 16 Pakem Restoran Moro Seneng, Jalan Solo 55 . Gadjah Wong Garden Restaurant, Jalan Gejayan Po Box 111 YKBS Yogyakarta Telp. +62 274 588294www.gadjahwong.com

Dan inilah salah satu restoran terbaik sekaligus elegan di Yogyakarta. Menyajikan musik tradisional, jazz, dan lainnya yang ditempatkan di tiga sudut berbeda secara bersamaan dan menemani pengunjungnya hingga selesai menyantap kuliner lezat. Gadjah Wong adalah restoran yang cukup lengkap memadukan ragam kuliner Eropa hingga Asia. Beberapa diantaranya merupakan racikan terbaik koki di Yogyakarta.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja Bagong

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Bagong di Hotel Omah Semar Rp. 517.000
Kamar Bagong di Hotel Omah Semar Rp. 517.000
  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request
BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya, Jembatan Suramadu

Mari Kunjungi Tempat- tempat wisata Jogja Menarik Lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Angkringan

http://indonesia.travel

Liburan Murah, Wisata Kuliner, Tempat Wisata, Pariwisata Indonesia, Tour, Angkringan Lik Man, Wisata Kuliner Angkringan Lik Man, Sego Kucing, Makanan Khas Jogja, Kuliner Jogja.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *