Wisata Ke Bali Melihat Panorama Gunung Batur

Wisata Ke Bali Mendaki Gunung Batur

Wisata Ke Bali Melihat Panorama Gunung Batur

Wisata Ke Bali. Kawasan Gunung Batur terkenal sebagai obyek wisata andalan Kabupaten Bangli. Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danu). Pada waktu tertentu, seluruh umat Hindu dari berbagai daerah di Bali datang ke Batur menghaturkan Suwinih untuk mengusir bencana hama yang menimpa ladang mereka. Dengan menghantarkan suminih ini maka kawasan gunung Batur menjadi daerah yang subur.

Wisata Ke Bali Gunung Batur Bali
Wisata Ke Bali Gunung Batur Bali

Daerah yang dapat ditonjolkan sebagai obyek wisata adalah kawah, kaldera dan danau. Terdapat aliran air dalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur, yang muncul menjadi mata air di beberapa tempat di Bali dan dianggap sebagai “Tirta Suci”. Wisata Ke Bali.

Wisata budaya yang terdapat di kawasan Gunung Batur adalah Trunyan. Meskipun seluruh penduduk Trunyan beragama Hindu seperti umumnya masyarakat Bali, mereka menyatakan bahwa Hindu Trunyan merupakan Hindu asli warisan kerajaan Majapahit. Di sebelah utara Trunyan terdapat kuban, sebuah tempat makam desa, namun jenazah tidak dikuburkan atau dibakar, melainkan diletakkan di bawah pohon setelah dilakukan upacara kematian yang rumit. Tempat pemakamanan ini dipenuhi oleh tulang-tulang, dan bisa jadi kita menemukan mayat yang masih baru.

Wisata Ke Bali, Gunung Batur hingga saat ini masih aktif dengan ketinggian 1,500 meter dari permukaan laut. Untuk mencapainya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Denpasar. Dua letusan terjadi pada tahun 1917 dan 1926 serta tahun 1994. Di kaki gunung terdapat danau Batur yang memberikan suasana pemandangan yang menakjubkan. Kegiatan hiking menuju puncak kurang lebih 3 jam untuk menyaksikan Gunung Agung dan Gunung Rinjani.

BACA JUGA :  Pura Uluwatu Bali Bersama Empu Kuturan
Wisata Ke Bali Wisata Alam Gunung Batur
Wisata Ke Bali Wisata Alam Gunung Batur

Pada umumnya wisatawan yang mengunjungi Gunung 8atur berkumpul di Penelokan yang berada di pinggir kawah Gunung Batur. Kawah Gunung Batur sangat luas yang berbentuk danau dinamakan Danau Batur. Dari Penelokan wisatawan dapat menikmati panorama puncak Gunung Batur dan Danau Batur yang berada di bawahya.

Untuk sampai ke tepi danau, dari Penelokan wisatawan harus menuruni bukit dengan jalan yang terjal, berbatu dan berpasir hingga sampai ke desa Kedisan yang berada di tepi danau. Pemandangan di Penelokan ini sangat mengesankan dan wisatawan dapat menikmati panorama alam sambil makan siang di beberapa restauran yang terdapat disini. Selain Penelokan masih banyak tempat lain yang dapat anda singgahi di kawasan obyek wisata Gunung Batur antara lain: Kedisan, Desa Batur, Penulisan, Buahan. Trunyan, Kuban, Toya Bungkah dan Songan. Wisata Ke Bali.

Gunung Batur Geopark Bali

Wisata ke Bali. Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Gunung dengan ketinggian 1.717 meter dpl ini memiliki kaldera yang sangat besar dan indah. Kaldera gunung Batur ini terbentuk akibat dua letusan besar yang terjadi pada 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Di tengah kalderanya terdapat Danau Batur berbentuk bulan sabit. Danau Batur ini berukuran panjangnya sekitar 7,5 km dan lebar maksimum 2,5 km dengan kelilingnya mencapai 22 km dan luasnya sekitar 16 km2.

Wisata Ke Bali Mendaki Gunung Batur
Wisata Ke Bali Mendaki Gunung Batur

Gunung Batur merupakan bagian dari rangkaian ‘Ring of Fire‘ Pasifik (Cincin Api Pasifik) dan menjadi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Tercatat sejak 1804 gunung yang kini ditetapkan sebagai Global Geopark ini telah meletus sebanyak 26 kali.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya, Jembatan Suramadu

Penetapan kaldera gunung Batur sebagai Global Geopark tidak terlepas dari lanskap geologi yang unik dan pemandangannya yang menawan. Keunikan dan keindahan geologi, terutama kawah, kaldera, dan danau Batur, telah menjadi obyek wisata andalan di Bali. Wisata Ke Bali.

Selain itu, dari sisi budaya, masyarakat di sekitar gunung Batur pun menyajikan adat istiadat unik yang berhubungan dengan agama Hindu Bali. Salah satunya adalah adat istiadat pemakaman yang dilakukan di desa Terunyan, Kintamani. Di desa ini jenazah dimakamkan hanya dengan diletakkan di atas batu besar di tiga lokasi tertentu. Uniknya setelah berhari-hari walaupun tidak dibalsem dan tetap mengalami proses penguraian, jenazah tersebut tidak menyebarkan bau busuk.

Wisata ke Bali. Sidang Global Geoparks Network Tahun 2012 di Portugal telah menjadi tonggak sejarah dengan ditetapkannya gunung Batur sebagai Global Geoparks pertama di Indonesia. Dalam sidang tersebut selain gunung Batur Indonesia pun mengusulkan lima tempat lainnya yaitu Danau Toba (Sumut), Merangin (Jambi), Gunung Rinjani (NTB), Raja Ampat (Papua), dan Kawasan Kars Sewu (Jawa Tengah). Semoga dua tahun ke depan, saat sidang GGN berikutnya digelar, Indonesia mampu menambahkan geopark-geopark lainnya untuk mendapatkan pengakuan UNESCO.

Berikut tujuan wisata ke bali lainnya yang wajib anda kunjungi Wisata ke Bali Melihat Panorama Gunung Batur, Kebun Raya Bedugul Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi, Pariwisata Bali Keunikan Danau Batur KintamaniLiburan Bali Bersama di Pulau Penyu, Danau Bratan Bedugul Tempat Liburan yang Asyik.

Wisata ke Bali, Pesona Wisata Indonesia, Panorama Bali, Wisata Alam, Wisata Ke Bali, Wisata di Bali, Daerah Wisata di Bali, Tempat Pariwisata, Objek Wisata di Bali, Wisata Gunung

Similar Posts:

    None Found
BACA JUGA :  Tempat Liburan di Bali Goa Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *