Wisata Indonesia di Kota Donggala

Pemandian Air Panas Bora

Wisata Indonesia di Kota Donggala

Wisata Indonesia di Kota Donggala
Wisata Indonesia di Kota Donggala

Wisata Indonesia Donggala adalah sebuah kota tua yang terletak 34 km timur laut dari Kota Palu dengan arsitektur Belanda yang menghiasi kota, pada masa colonial, Donggala merupakan kota pelabuhan dan perdagangan yang cukup sibuk di wilayah Sulawesi Tengah. Namun ketika pelabuhan Donggala mengalami pendangkalan maka kapal-kapal dagang yang biasa singgah ke tempat ini pindah ke pelabuhan lain. Saat ini posisi Donggala bagi wisatawan hanya sebagai kota transit sebelum menuju ke Tanjung Karang yang merupakan lokasi wisata terpenting di wilayah ini.

Pantai Tanjung Karang terletak sekitar 5 km di utara Donggala merupakan kawasan pantai deng an pasir putih dan lautnya yang sangat menyenangkan untuk kegiatan air seperti berenang dan snorkeling. Wisatawan yang datang ke tempat ini adalah mereka yang gemar dengan pasir pantai, air laut, dan sinar matahari. Lokasi wisata ini memiliki fasilitas akomodasi yang cukup lengkap dan sebagian besar penginapan di tempat ini menyewakan peralatan snorkeling. Wisata Indonesia Potensi alam yang dimiliki Sulawesi Tengah menjadi objek wisata alam yang unik seperti halnya  Pulau Pasoso di wilayah Kecamatan Balaesang, kabupaten Donggala. Letaknya sekitar 100 km dari Palu dan dapat dicapai dengan jalan darat serta dilanjutkan melalui laut selama tiga jam.

Wisata Indonesia penyu hijau di Pulau Donggala
Wisata Indonesia penyu hijau di Pulau Donggala

Pulau ini dikenal sebagai pulau penyu terutama penyu hijau yang populasinya sangat tinggi. Antara bulan September dan oktober penyu-penyu itu bertelur di pesisir Pulau Pasoso. Di sini wisatawan dapat menikmati terbit dan terbenamnya matahari. Pusentasi terdapat di Wisata Indonesia Desa Towale, sekitar 12 kilometer dari kota Palu. Berasal dari bahasa Kaili, Pusentasi berarti pusar air laut atau sumur laut. Pusentasi adalah sebuah goa laut yang masih terhubung dengan laut oleh beberapa saluran yang tersembunyi. Sumur air laut terletak di daratan tapi airnya terasa asin dan jernih sehingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan berenang di dalamnya.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas
Wisata Indonesia Air Panas Bora
Wisata Indonesia Air Panas Bora

Air Panas Bora merupakan objek wisata alam lainnya di kabupaten Donggala yang terletak di desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, sekitar 20 km dari Wisata Indonesia Palu. Memiliki panorama alam yang indah dan dari celah-celah gunung mengalir air panas yang ditampung pada bak penampungan. Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus melewati perkampungan tradisional.

Bagi pecinta alam sejati, kunjungan ke lembah Pipikoro cukup menantang. Lembah yang memiliki panorama indah ini sekaligus sebagai pembatas antara wilayah propinsi Sulawesi tengah dan Sulawesi selatan perjalanan ke lembah Pipikoro sangat menantang. Wisatawan dapat melakukan trekking dari Gimpu-Tubo-Mapahi-Peana-Towulu atau bisa juga menyusuri sungai Towiora untuk meneruskan perjalanan ke Donggala. Didesa Mapahi, pengunjung dapat menyaksikan pembutan kain dari kulit kayu dan di desa Kantewu dan Tuwulu dapat disaksikan pembuatan senjata tradisioanl seperti sumpit. Wisatawan yang datang ke daerah ini bisa menginap di rumah penduduk.Wisata Indonesia

Wisata Indonesia, Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *