Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang
Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Wisata di Jogja. Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang, dan inilah tujuan utama dari Goa Jomblang ini.

Goa Jomblang dan Grubug terletak di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 8 Km dari Wonosari. Kedua goa ini merupakan goa yang bertipe perpaduan antara goa vertikal dan horizontal. Letak goa yang berada di tengah areal persawahan dengan jalan yang cukup menantang dengan batu- batuan di sepanjang jalan sekitar 2 km dari goa tersebut membuat tempat ini belum begitu banyak terjamah orang kecuali para Pencinta Alam yang melakukan penelusuran goa.

Gua Jomblang di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta

Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul,DI Yogyakarta. Untuk memasuki Goa Jomblang yang tingginya 60 meter ini diperlukan nyali yang banyak dan selain itu juga diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau (single rope technique) (SRT). Wisata di Jogja siapa pun yang hendak caving di Jomblang wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving di goa vertikal dan harus didampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman.

Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang
Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Operator Cave Kalisuci Sebagai Pemandu Bagi Yang Belum Pernah Ke Goa Jomblang

Tapi tenang saja buat yang belum pernah memasuki goa, karena di sini ada Operator Cave Kalisuci yang siap menurunkan Anda ke dalam goa. Anda cukup didampingi oleh penelusur goa yang berpengalaman dan jangan takut di ketinggian. Wisata di Jogja persiapan sebelum menuruni goa kita wajib memakai sepatu boot, helm, dan headlamp. Wisata di Jogja seorang pemandu pun memasangkan SRT set di tubuh. Setelah siap di bibir goa kita akan dipasangi tali dan umumnya turun ke bawah berdua.

BACA JUGA :  Objek Wisata di Jogja Candi Gebang

Jarak Kedalaman Gua Jika dilihat Dari Atas Gua

Ketika turun sensasi mendebarkan adalah melihat ke dalam gua. Ternyata 60 meter ini sangat dalam dan tinggi juga apalagi turun goa ini sangat perlahan. Wisata di Jogja namun setelah beberapa meter turun rasa panik itu hilang dan berganti rasa yang menyenangkan tidak sabar sampai ke dasar goa. Sampai pertengahan dinding goa, sejauh mata memandang kita melihat perbukitan karst dan pohon jati yang meranggas, sedangkan di perut Goa Jomblang terhampar pemandangan hijaunya hutan yang sangat subur.

Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang
Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Hutan Purba di Kawasan Goa Jomblang

Aneka lumut, paku- pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di atas ini sering dikenal dengan nama hutan purba. Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY. Wisata di Jogja saat ini Goa Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan, karena jenis tumbuhan yang berada di mulut goa ini sudah menjadi endemik dan di daratan atas sudah tidak ada lagi jenisnya.

Suasana Saat Pertama Masuk Kedalam Mulut Goa Jomblang

Wisata di Jogja sesampai di mulut goa, suasana agak pengap dan panas, dan penelusur goa menjelaskan dan menunjukkan jalan masuk ke mulut gua. Sepanjang jalan banyak tumbuhan yang menjuntai tinggi, dan ketika akan memasuki mulut goa di sinilah tantangan dimulai karena jalan setapak turun sangat curam, licin dan terjal. Untungnya disediakan tali tambang agar kita bisa berpegangan. Sampai di mulut goa dilanjutkan perjalanan menuju Luweng Grubung dengan memasuki sebuah mulut goa yang berukuran sangat besar.

Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang
Wisata di Jogja Terkenal Goa Jomblang

Jomblang dan Grubug di Lorong Sepanjang 300 Meter

Jomblang dan Grubug ini dihubungkan dengan sebuah lorong sepanjang 300 meter. Wisata di Jogja semakin jauh berjalan cahaya semakin sirna tetapi kita bisa melihat berbagai aneka ornamen cantik yang menghiasi lorong ini dengan bantuan senter dan penerangan dari guide penelusur gua. Di sini bentuk dinding lorong goa seperti batu kristal, stalaktit, serta stalagmit yang indah. Tidak berasa lama berjalan terdengar suara gemuruh aliran sungai dan seberkas cahaya terang di tengah kegelapan.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya, Jembatan Suramadu

Pancaran Sinar Matahari Yang Menerobos Dari Luweng Grubug

Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY. Wisata di Jogja sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman goa yang gelap gulita. Di sini saya juga mendengar air deras mengalir dan ternyata di bagian bawah terdapat sungai yang mengalir. Wisata di Jogja air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Wisata di Jogja tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum datang ke sini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah cahaya surga. Kita juga bisa berfoto-foto di sini dengan menghadap sinar mentari. Namun kita harus membuka sepatu boot karena dikhawatirkan sepatu akan merusak batu yang sudah berusia ribuan tahun. Menarik bukan? Jadi tunggu apa lagi untuk berkunjung ke Goa Jomblang Jogjakarta ini? Semoga petualangan Anda mengesankan.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request
BACA JUGA :  Tempat Rekreasi Sejarah Candi Kalasan Jogjakarta

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Goa_Jomblang

Tempat Wisata Jogja, Wisata Di Jogja, Objek Wisata di Jogja, Wisata Pantai Jogja, Tempat Rekreasi, Goa Jomblang, Wisata Goa Jomblang, Pesona Wisata Goa Jomblang, Flowstone, Wisata Goa di Jogja.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.