Wisata di Bali dengan Mengulik Kehidupan Lampau Bali

Wisata di Bali Museum Bali Denpasar

Wisata di Bali dengan Mengulik Kehidupan Lampau Bali

Wisata di Bali. Museum Bali adalah museum yang berada di Denpasar Bali. Museum bali adalah museum penyimpanan peningggalan masa lampau manusia dan etnografi. Koleksi museum terdiri dari benda-benda etnografi antara lain peralatan dan prlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan dan lain-lainnya yang mencerminkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan bali.

Wisata di Bali Museum Bali
Wisata di Bali Museum Bali

Gagasan mendirikan museum Bali dicetuskan pertama kali oleh W.F.J. Kroon (1909-1913) Asisten Residen Bali Selatan di Denpasar. Gagasannya terwujud dengan berdirinya sebuah geung yang disebut Gedung Arca pada tahun 1910. Paraa arsiteknya adalah I Gusti gede Ketut Kandeldari banjar abasan dan Igusti Ketut Rai dari banjar Belong bersama seorang arsitek jerman yaitu Curt Grundler. Sokongan dana dan material berasal dari raja-raja yaitu Buleleng, Tabanan, Badung dan Karangasem. Wisata di Bali.

Gagasan W.F. sttuterhim Kepala dinas purbakala, melanjutkan usaha-usaha melengkapi museum dengan peninggalan etnografi pada tahun 1930. Untuk memperlancar pengelolaan museum maka dibentuklah sebuah yayasan yang diketuai oleh H.R. Ha’ak, penulis G.J Grader, bendahara G.M.Hendrikss, para anggota R. Goris, I gusti Ngurah Alit raja Badung, I Gusti Bagus Negara dan W.Spies. Personalia yayasan disahkan pada tanggal 8 Desember 1932 dan sekaligus Museum Bali dibuka untuk umum. Gedung Tabanan, Gedung Karangasem dan Gedung Buleleng dibuka untuk pameran tetap dengan koleksi dari benda-benda prasejarah, sejarah, etnografi termasuk seni rupa

Wisata di Bali Koleksi Museum Bali
Wisata di Bali Koleksi Museum Bali

Eksterior dinding, halaman, dan gerbang dirancang dengan gaya khas puri atau kerajaan di Denpasar. Ada empat paviliun di kompleks museum. Paviliun di tempat ini mewakili berbagai kabupaten di Bali.

Pada bagian utara terdapat paviliun Tabanan. Koleksi-koleksi yang ditampilkan adalah peralatan tari seperti kostum tari, semua jenis topeng untuk tarian topeng, wayang kulit, keris (pedang tradisional Bali) untuk tari Calonarang, dan juga beberapa patung kuno.

BACA JUGA :  Bercengkrama Bersama Burung-burung di Tempat Pariwisata Bali Bird Park

Di tengah kompleks tersebut berdiri paviliun Buleleng. Bangunan ini

memiiki gaya khas Pura di Bali utara. Anjungan ini memiliki koleksi pakaian Bali termasuk kipas tradisional Bali.

Wisata di Bali. Paviliun terakhir, yang terletak di pintu masuk utama di mana anda akan melihat kulkul yang tinggi menjulang (peralatan tradisional untuk mengumpulkan penduduk), serta berbagai koleksi prasejarah lainnya. Anda dapat melihat peralatan yang digunakan oleh manusia selama masa berburu dan bercocok taman, periode budidaya, dan periode metalik. Sedangkan lantai atas paviliun ini menampilkan koleksi seni rupa Bali. Museum Bali adalah tempat yang baik untuk belajar lebih banyak tentang Bali.

Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar, tepatnya di jalan Mayor Wisnu. Pada bagian sebelah selatan museum terdapat Pura Jagatnatha, sedangkan lapangan Puputan Badung dan Patung Empat Wajah (Patung Catur Muka) berada di depan Museum Bali. Bila menggunakan kendaraan bermotor, jarak tempuh menuju Museum Bali memerlukan waktu kira-kira kurang lebih 45 menit lebih kurang 13 km perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Wisata di Bali.

Sejarah Museum Bali

Wisata di Bali. Ide awal untuk mendirikan museum negeri propinsi Bali Denpasar, datang dari seorang yang bernama W.F.J Kroon. W.F.J Kroon adalah orang asing yang menjabat sebagai seorang asisten residen Bali selatan dari tahun 1909-1913.

Wisata di Bali Museum Bali Denpasar
Wisata di Bali Museum Bali Denpasar

Awalnya di mulai pada tahun 1910, dari pembangunan gedung Arca. Ada 3 orang yang menjadi arsitek dari pembangunan gedung Arca, yaitu:

  •    I Gusti Gede Ketut Kandel
  •    I Gusti ketut Rai
  •    Curt Grundler (warga negara Jerman)

Pembangunan gedung Arca, saat itu dibiayai oleh raja-raja yang ada di Bali, yang masih berkuasa pada saat itu. Mulai dari raja Tabanan, raja Buleleng, raja Karangasem. Pada tahun 1930, seorang yang bernama W.T Sttuterhim, saat itu menjabat sebagai pimpinan dinas purbakala Bali, berupaya untuk mengisi bangunan gedung Arca dengan peninggalan etnografi.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Aceh Air Terjun Suhom

Sebuah yayasan yang akan mengelola museum dibentuk pada tahun 1932, guna kelancaran operasional museum. Tahun 1932, tepatnya pada tanggal 8 Desember 1932, peresmian awal pembukaan museum Bali di Denpasar.

Wisata di Bali. Museum Bali di Denpasar awalnya hanya memiliki luas tanah 2.600 meter persegi dan terdapat tiga pembagian dari tiap-tiap halaman, halaman luar, halaman tengah dan halaman dalam. Tiap-tiap halaman dibatasi dengan tembok dan terdapat Gapura (pintu masuk). Di halaman dalam, terdapat tiga bangunan dan masing-masing bangunan dinamakan nama daerah sesuai dengan nama daerah dari raja yang membiayai pembangunan museum:

  •    Gedung Karangasem
  •    Gedung Tabanan
  •    Gedung Buleleng

Gedung Karangasem

Wisata di Bali. Pada gedung ini dipamerkan mengenai Cili, Cili adalah suatu bentuk sebagai simbol seorang wanita dengan muka runcing, kepala sedikit melebar dan kadang-kadang runcing, telinga memakai anting besar (subeng), bentuk pinggang ramping. Dari pinggang sampai kaki ditutup kain sehingga bentuk kaki tidak jelas.

Gedung Karangasem Wisata di Bali
Gedung Karangasem Wisata di Bali

Gedung Tabanan

Gedung ini memamerkan tentang mahakraya Nusantara berupa keris dengan sejarah dan kegunaannya dalam kegiatan masyarakat di Bali, Keris adalah salah satu produk budaya leluhur yang telah di akui UNESCO sebagai Warisan Dunia Non-Bendawi Manusia sejak tanggal 25 November 2005. Wisata di Bali.

Keris memiliki nilai tatanan,tuntunan dan tontonan. Keris dibuat dengan sentuhan rasa dan ekspresi untuk memenuhi kaidah-kaidah keindahan bentuk visualnya. Keris dibuat dengan pemenuhan pakem yang rumit pada kedalaman makna yang religius, magis dan mistis. Keris dengan segala bentuk dan kelengkapannya memiliki nilai tuntunan perilaku dan pemaknaan kehidupan bagi masyarakat.

Gedung Karangasem Wisata di Bali
Gedung Karangasem Wisata di Bali

Gedung Buleleng

Gedung ini memamerkan koleksi perkembangan alat tukar sebelum dan sesudah uang kepeng di Bali, dimana sebelum dikenalnya uang sebagai alat tukar di Bali menggunakan sistem barter sampai masuknya kebudayaan China dimana uang kepeng digunakan sebagai alat tukar dan meluas digunakan sebagai alat tukar dan meluas digunakan sebagai sarana seni, kerajinan dan sarana permainan sampai produksi kerajinan uang kepeng. Wisata di Bali.

Wisata di Bali. Tepat di hari kemerdekan republik Indonesia, pengelolaan museum Bali di Denpasar diambil alih oleh pemda provinsi Bali. Kemudian pada tanggal 5 Januari 1965, pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan museum, yang kemudian diserahkan ke bagian dinas pendidikan dan kebudayaan. Dinas pendidikan dan kebudayaan kemudian memberikan nama, museum negeri provinsi Bali.

BACA JUGA :  Legenda Sangeh Pulau Bali Tempat Menarik Berpenghuni Monyet Liar

Perluasan area museum terjadi para tahun 1969, dari bantuan proyek pelita. Luas areal dari 2.600 meter persegi menjadi 6.000 meter persegi. Tidak hanya luas area yang ditambah, jumlah gedung juga ditambah lagi satu dan dinamakan gedung timur. Anda pasti ingat dengan otonomi daerah pada tahun 2000. Tahun inilah pengelolan museum Bali di Denpasar diambil alih kembali oleh pemprov Bali. Wisata di Bali.

Artikel Wisata di Bali yang populer lainnya ialah:

Sumber: Buku “Info Pariwisata Nusantara”, http://www.denpasarkota.go.id, http://wikipedia.org

Wisata di Bali, Wisata Indah, panorama Bali, Daerah Wisata di Bali, Tempat Liburan, Liburan Anak, Wisata bali, Pesona Wisata Indonesia, Tempat Menarik di Bali, Tempat Wisata Bali

 

 

Similar Posts:

    None Found

One thought on “Wisata di Bali dengan Mengulik Kehidupan Lampau Bali”

  1. Hello admin, do you need some fresh posts on your blog?
    Daily fresh posts will rank your blog higher in google, if you are too lazy to write everyday, search in google
    for:
    Turus’s Essential Tool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.