Wisata Alam Gua Cerme di Dusun Srunggo Bantul

Wisata Alam Gua Cerme

Wisata Alam Gua Cerme di Dusun Srunggo Bantul

Wisata Alam Gua Cerme
Wisata Alam Gua Cerme

Wisata alam. Gua Cerme adalah gua peninggalan sejarah yang terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Yogyakarta. Gua Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Di samping gua Cerme, disekitarnya terdapat gua lain yang lebih kecil seperti goa Dalang, goa Ledek, goa Badut dan goa Kaum yang sering digunakan untuk bersemedi.

Istilah Kata Cerme dalam Penamaan “Gua Cerme”

Untuk mencapai gua, terdapat tangga setinggi 759 m. Kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Wisata Alam Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.

Wisata Alam Gua Cerme
Wisata Alam Gua Cerme

Stalagtit Goa Cerme sebagai Daya Tarik Goa

Goa ini termasuk goa yang panjang dan dalam. Wisata Alam daya tarik utama wisatawan dari Goa Cerme adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Lantai goa digenangi oleh air tanah dengan rata rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter.

Ruang- Ruang Yang Ada di Gua Cerme

Wisata alam goa ini terdiri dari banyak ruangan, seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung. Gua Cerme memiliki panjang sekitar 1,5 km dan dialiri sungai bawah tanah.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Ngarai Sianok
Wisata Alam Gua Cerme
Wisata Alam Gua Cerme

Ornamen di Goa Cerme

Ornamen di dalam gua terbilang cukup lengkap dan masih terawat dengan baik. Wisata alam wisatawan yang menyusuri gua ini bisa menyaksikan aneka stalagtit dan stalagmit berbentuk sodastraw, flowstone, moonmilk, pilar hingga stalagtit berwarna putih cemerlang laksana kristal. Wisata alam selain ornamen gua yang indah, mendekati ujung perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah.

Kondisi Air Terjun di Goa Cerme Pada Saat Turun Hujan

Saat musim hujan, aliran air terjun ini sangat deras. Meskipun ukurannya mini, air terjun di dalam gua ini merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk diabadikan dalam gambar. Wisata alam biasanya wisatawan akan berhenti di air terjun ini dan kembali ke mulut gua. Namun jika Anda seorang petualang sejati, Anda wajib melanjutkan perjalanan naik ke air terjun ini supaya bisa sampai di pitu keluar gua. Bagi para pecinta petualangan, Gua Cerme merupakan tempat yang asyik untuk dikunjungi. Setelah berjalan kaki menyusuri lorong gua dan aliran sungai bawah tanah, Anda akan tiba di salah satu bagian berupa air terjun mini. Saat musim penghujan, aliran di air terjun ini sangat deras.

Wisata Alam Gua Cerme
Wisata Alam Gua Cerme

Biasanya pemandu hanya mengantarkan sampai bagian ini lantas kembali lagi ke mulut gua. Namun jika Anda pecinta petualangan, Anda wajib menaiki air terjun ini dan melanjutkan aktivitas penelusuran gua hingga pintu keluar. Wisata Alam dari terminal Giwangan menuju jalan Imogiri timur dan anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju Goa Cerme. Setelah melewati daerah Selopamioro, anda akan disajikan dengan tajakan yang cukup tajam.

Karena itu usahakan kendaraan dalam kondisi prima. Anda juga bisa mencapai Goa Cerme dengan menggunakan kendaraan umum. Dari terminal Giwangan naik angkutan umum rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Goa Cerme.  Wisata alam sebaiknya kunjungi Goa Cerme pada waktu pagi hari karena bus terakhir menuju Cerme adalah pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA :  Lawang Sewu, Pesona Wisata Semarang

Seperti yang telah di jelaskan tadi bahwa Goa Cerme sebagai wisata bawah tanah seperti goa memang seringkali memacu adrenalin kita ketika berada di dalamnya. Suasana yang gelap dan sunyi membuat takut namun sekaligus membuat penasaran dengan isinya. Begitu juga dengan wisata Goa Cerme merupakan goa yang diyakini sebagai tempat perkumpulan para Walisongo. Dari kata “cèrme” yang berarti ceramah atau pembicaraan, Goa Cerme ini dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan Islam di Jawa. Karena itulah goa ini digunakan oleh Walisongo untuk bertemu dan membicarakan berbagai hal tentang Islam. Misalnya ketika itu adalah untuk membicarakan pembuatan Masjid Agung Demak. Goa Cerme sudah dikenal sebagai objek wisata sejak tahun1980-an.

Lokasi Goa Cerme

Secara geografis, Goa Cerme berapa dalam dua kabupaten. Pintu masuk Goa Cerme berada di Dusun Srunggono, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul dan tembus hingga Ploso, Desa Giritirto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yang merupakan pintu keluar goa.

Akses Menuju Ke Goa Cerme Beserta Fasilitas Yang Ada di Goa Cerme

Dari terminal Giwangan menuju jalan Imogiri timur dan anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju Goa Cerme. Setelah melewati daerah Selopamioro, anda akan disajikan dengan tajakan yang cukup tajam. Karena itu usahakan kendaraan dalam konsisi prima. Anda juga bisa mencapai Goa Cerme dengan menggunakan kendaraan umum. Dari terminal Giwangan naik angkutan umum rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Goa Cerme. Sebaiknya kunjungi Goa Cerme pada waktu pagi hari karena bus terakhir menuju Cerme adalah pukul 14.00 WIB.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di Goa Cerme tidak begitu banyak. Diantaranya yaitu toilet, tempat pertemuan, pusat informasi dan warung makan. Nah bagi anda yang tengah berkesempatan berlibur ke Kota Jogja, tidak ada salahnya dong untuk berkunjung ke Goa Cerme yang satu ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jakarta Monumen Nasional

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Cerme

Wisata Kuliner Jogja, Wisata Alam, Wisata Jogjakarta, Wisata Kuliner Yogyakarta, Kota Wisata, Goa Cerme, Wisata Goa, Wisata Goa Cerme, Terminal Giwangan, Dusun Srunggo, Bantul.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *