Wisata Alam Bandung di Situ Patenggang

Wisata Alam Bandung di Situ Patenggang

Wisata Alam Bandung Situ Patenggang adalah suatu danau yang terletak di kawasan Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Wisata Alam Bandung Situ Patenggan
Wisata Alam Bandung Situ Patenggan

Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Wisata Alam Bandung Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Sebuah danau yang lokasinya berada di kawasan wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, lebih tepatnya di Ciwidey.

Terletak pada ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan air laut, danau ini mempunyai pemandangan alam yang sangat eksotik dan indah sekali. Wisata Alam Bandung Setelah sebelumnya saya menulis tentang Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung yang juga terdapat di salah satu objek wisata alam Bandung Selatan dan berbagai tempat wisata di ciwidey lainnya yang sudah saya ulas seperti Gunung Patuha Kawah Putih Ciwidey.

Legenda Situ Patenggang

Wisata di LembangBerdasarkan informasi yang berasal dari lokasi wisata, nama situ Patenggang adalah berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan yang artinya saling mencari. Wisata Alam Bandung Mengisahkan cinta antara Putra dari Prabu dan Putri dari titisan Dewi yang besar bersama dengan alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis.

Mereka terpisahkan untuk sekian lamanya. Karena rasa cintanya yang begitu mendalam, merekapun akhirnya saling mencari dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan dengan “Batu Cinta”. Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Wisata Alam Bandung Perahu inilah yang kemudian dan sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut dari cerita ini, yang pernah singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara ini, akan senantiasa mendapatkan cinta yang abadi seperti cinta mereka.

BACA JUGA :  Lawang Sewu, Pesona Wisata Semarang

Pengunjung dapat selalu mengingat keindahan alam dari Situ Patenggang yang luasnya mencapai sekitar 60 Ha dan keindahan alam di sekitarnya, seperti layaknya area perkebunan teh Rancabali yang menghampar luas beserta kawasan hutan pinus dan cagar alam Patenggang yang masih asri dan sejuk. Wisata Alam Bandung Anda bisa menikmati keindahan dari panorama alam yang ada di sekeliling danau dengan menggunakan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan di sekitar area danau.

Di sekitar kawasan Situ Patenggang, juga terdapat jajaran kios pedagang yang menyediakan jajanan khas ciwidey seperti strawbery dan juga terdapat berbagai macam fasilitas lainnya seperti area parkir, mushola,  MCK dan rumah makan.Wisata Alam Bandung

Tempat Wisata di Bandung, Wisata Bandung, Tempat Wisata, Wisata di Bandung, Wisata, Wisata Lembang, Tempat Wisata di Lembang, Teampat Menarik di Bandung, Wisata Kuliner Bandung, Wisata Alam Bandung, Situ Patenggang.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *