Tirta Gangga Destinasi Wisata di Bali

Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga

Tirta Gangga Destinasi Wisata di Bali

Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga
Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga

Destinasi Wisata di Bali. Objek wisata Tirta Gangga terletak di Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem. Tempat ini merupakan wilayah paling Timur pulau Dewata. Hanya 6 km sebelah Utara kota Amlapura. Waktu tempuh dari Denpasar ke tempat ini sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Tirta Gangga didirikan pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem terkahir yang digunakan sebgai tempat istirahat keluarga raja. Sampai sekarang tempat yang memiliki nilai historis ini terjaga dengan baik, kolam ikan serta tugu air mancur tampak berpadu serasi dengan alam sawah disekitarnya.

Objek wisata di Bali ini menyuguhkan pemandangan taman air berikut tempat pemandian menakjubkan beserta dua buah kolam renang untuk dewasa dan anak-anak bersumber dari mata air alam pegunungan, debit airnya besar dan cukup stabil sepanjang tahun, difungsikan juga untuk sarana irigasi persawahan disekitarnya, suasana tempat ini cukup sejuk. Memiliki nilai historis kental peninggalan jaman kerajaan Karangasem. Destinasi Wisata di Bali.

Sebagai tempat tujuan wisata, berbagai fasilitas sarana disediakan kawasan ini, lokasi parkir mobil cukup luas, tersedia restaurant, warung makanan, minuman, toko oleh-oleh, dan juga beberapa penginapan menyuguhkan pemandangan sawah menarik. Jika anda sewa mobil di Bali dari kota Denpasar menuju Tirta Gangga, dengan mengambil rute jalan bypass Ida Bagus Mantra, sesampai dipertigaan Abang, sebelum kota Amlapura carilah jurusan Singaraja (menuju arah Utara).

Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga
Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga

Arsitekturnya merupakan paduan antara Eropa, Cina dan arsitektur tradisional Bali. Dikelilingi oleh panorama sangat indah, sehingga membuat Tirta Gangga menjadi tujuan tour penting Destinasi Wisata di Bali untuk dikunjungi di jalur Timur. Melakukan perjalanan bersama keluarga serta anak-anak ke wilayah Timur disertai berkunjung ke Taman Tirtagangga ini adalah pilihan yang tepat.Tempat wisata ini memberikan peluan keceriaan anak-anak anda sangat merasakan sejuknya dan segernya berendam disumber air pegunungan ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bali

Bayangkan suasana pedesaan dalam balutan hamparan persawahan dengan suasana udara berhawa sejuk, dilengkapi, taman serta kolam renang dari sumber mata air alam kaki pegunungan, jernih serta sejuk sehingga terasa kesegarannya. Sungguh suatu liburan menyenangkan. Tidak hanya wisata tour, singgah sebentar lalu pergi, tapi jika anda ingin menikmati keindahan dalam balutan suasana segar menyenangkan, terdapat beberapa home stay dengan harga sewa murah, lengkapi liburan bersama keluarga, pasangan, orang-orang tercinta maupun rekan di wilayah objek wisata timur pulau Dewata. Destinasi Wisata di Bali.

Destinasi Wisata di Bali Taman Air Tirta Gangga
Destinasi Wisata di Bali Taman Air Tirta Gangga

Sumber mata air yang tertampung pada kolam permandian di taman wisata Tirtagangga ini cukup untuk mengairi persawahan disekitarnya. Sebelah Utara Tirta Gangga ada bukit kecil dimanfaatkan untuk tempat penginapan, ini sungguh menarik, bagaimana tidak, dari lembah ini bisa melihat dengan leluasa hamparan persawahan membentang luas dari Utara Ke Selatan terpampang menarik di depan mata, apalagi saat matahari terbit dari bali bukit Lempuyang ataupun disebut juga puncak Gunung Bisbis, dimana lokasi Pura Luhur Lempuyang.

Tirta Gangga salah satu Destinasi Wisata di Bali memiliki cuaca sedang, tergolong sejuk, sehingga selalu memberikan suasana segar dan nyaman. Sungguh taman pemandian indah dan menarik, layak mendapatkan prioritas untuk kunjungan tour anda ke wilayah bagian Timur.

Sejarah Tirta Gangga

Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga
Destinasi Wisata di Bali Tirta Gangga

Destinasi Wisata di Bali. Dalam komplek Taman Tirta Gangga terdapat tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, menara air, aneka ragam bentuk kolam besar dan kecil, pancoran, pemeliharaan ikan hias, aneka tanaman dan bunga. Taman Tirta Gangga merupakan wisata alam sebagai warisan dari almarhum raja Karangasem yang terakhir Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem (dahulu bernama I Gusti bagus Djelantik). Pembangunan Taman Tirta Gangga yang dahulu namanya Rajasa dimulai pada tahun 1948, pada tahun 1963 terjadi letusan Gunung Agung semua prasarana yang ada [porak poranda karena gempa vulkanik dan aliran lava sehingga mengalami rusah berat. Pada tahun 1981 taman ini dipugar dan dibangun kembali atas inisiatif dari Dr. Anak Agung zmade Djelantik sera kerjasama dengan PAM dan pemerintah kabupaten Karangasem. Struktur fisik Taman Tirta Gangga menggambarkan 2 Mandala yaitu bagian luar dan dalam. Pada struktur dalam dijumpai tiga strata dataran yaitu dataran paling bawah, dataran menengan dan dataran paling atas. Dataran paling bawah seluas 90 are terletak di selatan dan memuat 2 kolam, kolam paling selatan merupakan kolam ikan. Di dataran madia atau tengan memuat kolam renang A di sebelah barat dan sebuah kolam hias di sebelah timur.

BACA JUGA :  Pesona Alam Ubud Bali Tempat Menarik Wisatawan Mancanegara

Masih banyak tempat wisata di Bali lainnya seperti Wisata Indah Pantai Virgin, Tirta Gangga Destinasi Wisata di Bali, Menggali Historis Panorama Bali Bukit Jambul, Wisata Pantai Kuta Bali yang Menawan, Berburu Cendramata di Pasar Sukawati di Bali

Destinasi Wisata di Bali, Tempat Menarik di Bali, Tempat Liburan di Bali, Wisata Bali, Tempat Liburan, Liburan Murah ke Bali, Pariwisata Bali, Daerah Wisata di Bali, Pesona Wisata Indonesia, Wisata di Bali
Destinasi Wisata di Bali, Tempat Indah di Bali, Pariwisata Bali, Liburan Bali, Tempat Menarik di Bali, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Indah, Bali, Di Bali, Wisata di Bali.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *