Thursday , September 21 2017
Home / Wisata Lombok / Pesona Kupang / Tempat Wisata Kupang yang Menarik

Tempat Wisata Kupang yang Menarik

Tempat Wisata Kupang yang Menarik

Tempat Wisata Kupang Pantai Sulamu di Kecamatan Sulamu juga mmiliki pasir putih dan jaraknya 80 Km dari Kota KUpang dan cocok pula untuk kegiatan menyelam. Pantai Uiasa juga berda di kecamatan yang sama, berjarak 6 mil laut dari Kota KUpang satu jam perjalanan dari Kupang. Mempunyai pasir putih, taman laut yang indah (terutama terumbu karang dan ikan hias) tempat rekreasi, mandi, berenang, dan mancing.

Tempat Wisata Kupang Pantai Oipoli
Tempat Wisata Kupang Pantai Oipoli

Sementara Pantai Oipoli letaknya di kecamatan Amfoang Utara, berjarak 145 km dari kota Kupang dengan spesifikasi daya tarik pasir putih, batu kapal, tempat rekreasi, mandi dan berenang, masih di kecamatan yang sama terdapat tempat rekreasi Pantai Naikliu yang berpasir putih dan menjadi tempat rekreasi masyarakat. Kecamatan Kupang Barat banyak memiliki objek pantai antara lain Pantai Tablolong yang berjarak 30 Km dari Kota Tempat Wisata Kupang memiliki keadaan pantai yang unik dan kerap dipakai untuk kegiatan lomba dayung serta lomba mancing tradisional baik tingkat nasional maupun internasional.

Selain menjadi tempat rekreasi, bisa juga dipakai untuk kegiatan selancar angin. Dibelakang obyek wisata Tablolong terdapat hutan belukar seluas 3 ha yang dihuni oleh satwa berupa monyet dan kambing hutan. Tempat Wisata Kupang Dibelakang obyek ini terdapat desa budaya yaitu Suku Panaf dengan jumlah kepala keluarga 18 KK, dengan bahasanya adalah campuran bahasa Oekusi, Helong dan Rote (merupakan keunikan sati Dusun Panaf). Tempat suku Panaf berupa batu yang bentuknya seperti hidung kambing yang menjorok ke laut.

Pantai Oesina Tempat Wisata Kupang
Pantai Oesina Tempat Wisata Kupang

Pantai Oesina di Lifuleo Kecamatan Kupang Barat membentang sepanjang 10 km. Selain berenang dan menyelam juga bisa untuk berkemah. Pantai lainnya bisa dikembangkan untuk olahraga sky yaitu Pantai Batule, sedangkan di Pantai Salupu di Desa Lifuleo Kecamatan yang sama memiliki daya tarik hutan bakau dan satwa kelelawar. Tempat Wisata Kupang Ada dua obyek wisata pantai di Kecamatam Semau. Yaitu pantai akle dan pantai Otan yang berjarak 15 mil laut dari kota Kupang. Ada juga pantai Pulau Kera 6 mil laut dari Kota Kupang dengan lama perjalanan 45 menit menggunakan perahu motor.

Panjang pantainya 3 Km dengan keindahan taman laut, terumbukarang dan bermacam-macam ikan hias. Tempat Wisata Kupang Dikawasan pantai ini cocok untuk ditanam pohon kelapa, pohon turi dan telah diadakan aksi penanaman 1000 anakan pohon asam dan kayu besi, kerjasama antar pemuda kabupaten Kupang dan LSM OICA tahun 2001 lalu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Pantai Bolow di kecamatan Sabu Timurdan Pantai SEba di Kecamatan Sabu Barat memilki daya tarik pasir putih dan cocok pul auntuk menyelam adalh Pntai Raijua.

Atraksi pacuan kuda tradisional

Atraksi pacuan kuda tradisional di Oefafi Tempat wisata kupang
Atraksi pacuan kuda tradisional di Oefafi Tempat wisata kupang

Kupang juga dikenal dengan atraksi pacuan kuda tradisional di Oefafi Kematan Kupang Timur dan dikenal pula dengan music tradisional yang disbut Sasando. Industri music Sasando di Oebelo Kecamatan Kupang  Tengah yang juga  menjadi sentra pembuatan kerajinan tangan. Tempat Wisata Kupang Potensi wisata budayanya juga tak kalah menarik dengan adanya Kuburan Raja Koroh di Desa Teunbeun Kecamatan amarasi yanmg merpakan tempat bersemayamnya raja-raja Amarasi. Letaknya 28 Km dari kota Kupang. Yang muah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Batu Megalitik Namata di Desa Railolo Kecamatan Sabu barat memiliki daya tarik batu-batu megalitik, perkampungan adat dan rumah adat. Sementara di Tenihau terdapat istana/Rumsh adat Raja Sabu. Upacara adat mewarnai kehidupan masyarakat NTT antara lain upacara Kolouju di Ledeunu Kecamatan Raijua sebagai ungkapan rasa terimakasih atas hasil panen. Tempat Wisata Kupang Di Desa lainnya Pahoru/Wodho Kecamatan Sabtu Barat. Juga dikenal dengan upacara adat penyambutan hasil panen ini yang berlangsung selama satu minggu. Salah satu atraksi uniknya adalah kegiatang mencanuk kaki dengan rotan antara kelompok atau suku di lapangan terbuka.

Monumen Veteran Australia Tempat Wisata Kupang
Monumen Veteran Australia Tempat Wisata Kupang

Tempat-tempat bersejarah juga menjadi daya tarik wisaa di kabupaten Kupang antara lain yang menarik dan patut dikunjungi adalah Monumen Veterab Australia di Oesao Kecamatan Kupang Timur. Tempat Wisata Kupang Berjarak 20 Km dari Kota Kupang. Monumen ini dibangun untuk memperingati tentara-tentara Ustralia yang tewas melawan tentara Jepang dalam peperangan yang berlangsung tahun 1942 dengan menelan banyak korban. Gua Jepang Tonhitu dan Sonliku di Buraen Kecamatan Amarasi.

Berupa lubang tempat perlindungan dan pertahanan jepang atas serangan Angkatan Udara Australia. Gua Jepang lainnya adalah Panafbibi di Tasikona merupakan tempat pendaratan dan perlindfungan serta pertahanan Jepang pada perang dunia ke II, bungker pertahanan dengan ukuran 10 x 4 m dan luas kamar 2 x 2 m dengan dua pintu masuk – keluar, menghadap ke pantai. Gua perlindungan jepang juga ditemukan di Daieko Kecamatan Sabu Barat, yang disebut Gua Leimadira seluas 2 km. berjarak 5 km dari ibukota Kecamatan. Gua perlindungan Jepang ini merupakan batu-batuan, stalaktik, dan stalakmit dan memiliki sumber mata air bersih dan stalatik.Tempat Wisata Kupang

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Kupang, Wisata Kupang, Tempat Wisata Kupang.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Taman Nasional Manupeu

Pesona Wisata Alam Sumba Keindahan Alam yang Mempesona

Pesona Wisata Alam Sumba Keindahan Alam yang Mempesona Pesona wisata Potensi wisata alam lainya adalah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *