Tempat- tempat Wisata Jogja Yang Wajib di Sambangi

Wisata Jogja Keraton

Tempat- tempat Wisata Jogja Yang Wajib di Sambangi

Wisata Jogja Peta Kota Yogyakarta
Wisata Jogja Peta Kota Yogyakarta

Wisata Jogja. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki luas sekitar 3.186 Km2 dan dikenal sebagai tujuan wisata kedua setelah Bali. Wisata Jogja berbagai jenis obyek wisata dikembangkan di wilayah ini, seperti wisata alam, wisata sejarah, wis’ta budaya, wisata pendidikan termasuk wisata pedesaan. Sebutan kota perjuangan untuk kota ini berkenaan dengan peran Yogyakarta dalam konstelasi perjuangan bangsa Indonesia pada jaman kolonial Belanda, jaman penjajahan Jepang, maupun pada jaman perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Destinasi Wisata Jogja Yang Memikat Hati

Seperti layaknya sebuah ibukota, wisata jogja memikat kedatangan para kaum remaja dari seluruh penjuru tanah air yang ingin berpartisipasi dalam mengisi pembangunan negara yang baru saja medeka. Wisata Jogja namun untuk dapat membangun suatu negara diperlukan tenaga-tenaga ahli, terdidik dan telatih untuk itulah yang melatar belakangin pemerintah RI mendirikan Universitas yang kita kenal dengan nama Universitas Gajah Mada, universitas Negeri pertama yang lahir pada masa kemerdekaan. Diikuti (Akademi Seni Rupa Indonesia dan Akademi Musik Indonesia). Pada waktu itu bediri lembaga-lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta sehingga hampir tidak ada cabang ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di kota ini. Hal ini menjadikan kota Yogya sekaligus kota wisata jogja tumbuh menjadi kota pelajar dan pusat pendidikan.

Wisata Jogja Kota di Malam Hari
Wisata Jogja Kota di Malam Hari

Sepeda Sebagai Sarana Mobilitas Tertinggi di Kota Jogja Dari Semua Kalangan

Wisata Jogja dulu, sarana mobilitas paling populer di kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, pegawai, pedagang dan masyarakat umum pada adalah sepeda sehingga Yogya juga pernah dikenal sebagai kota sepeda yang kini sudah digantikan menjadi sepeda motor. Yogyakarta pernah menjadi pusat kerajaan, baik Kerajaan Mataram (Islam), Kesultanan Yogyakarta maupun Kadipaten Pakualaman. Sebutan kota kebudayaan untuk kota ini berkaitan erat dengan peninggalan-peninggalan budaya bernilai tinggi semasa kerajaan-kerajaan tersebut yang sampai kini masih tetap lestari. Yogyakarta dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755 dimana ia mendirikan Kraton Yogyakarta menyusul perselisihannya mengenai pembagian wilayah dengan saudara laki-lakinya Susuhunan Surakarta. Dia kemudian mengangkat dirinya sebagai sultan dengan gelar Hamengkubuwono yang berarti ‘alam semesta berada di pangkuan raja.

Perkembangan Kerajaan Sultan Jogja Pada Abad Ke 17

Wisata jogja pada abad ke 17, Sultan Hamengkubuwono mampu menjadikan kerajaan yang dipimpinnya berkembang pesat sehingga menjadi sangat kuat. Namun puteranya ternyata kurang memiliki kecakapan sehingga pada masa pemerintahan kolonial, keraton Yogyakarta pernah dibekukan, Hamengkubuwono II diasingkan dan sebuah wilayah kerajaan yang lebih kecil yang diberi nama Paku Alam didirikan didalam wilayah kesultanan Yogya.

Kraton Jogjakarta

Wisata Jogja Keraton
Wisata Jogja Keraton

Kawasan kraton adalah kompleks bangunan yang dikelilingi tembok yang dulunya merupakan pusat dari kota Yogya tua. Istana sultan Yogya terletak di tengah kompleks ini. Kawasan kraton ini menjadi semacam kota di dalam kota dimana wisatawan dapat mengunjungi Taman sari. Wisata Jogja Pasar Ngasem, dan sejumlah galeri batik. Dihalaman lebih dalam yang dataran tanahnya dibuat tinggi sehingga disebut dengan Siti Hinggil, terdapat balairung istana yang disebut bangsal Manguntur Tangkii. Ditempat ini para wisatawan dapat menyaksikan persidangan pemerintahan Kraton, dimana Sri Suitan bersemayam di singgasana memimpin pemerintahan dikelilingi pejabat istana yang diperagakan oleh boneka-boneka lengkap dengan pakaian kebesaran Kraton.

Malioboro

Wisata Jogja Malioboro
Wisata Jogja Malioboro

Salah satu pusat keramaian lainnya adalah jalan Malioboro yang dipadati banyaknya pedagang terutama barang/benda khas Jogja sebagai souvenir atau oleh-oleh bagi para wisatawan. Wisata Jogja malam hari saat pusat perbelanjaan tutup, namun denyut kehidupan kawasan Malioboro tidak pernah berhenti karena sudah siap warung-warung lesehan menggelar dagangannya. Mereka dapat menikmati hidangan-hidangan di warung lesehan di sepanjang jalan Malioboro.

Saat menikmati hidangan yang disajikan akan dihibur oleh musik dari pedagang dan pengamen jalanan yang cukup banyak dari yang hanya sekedar bawa gitar adapula yang membawa peralatan musik lengkap. Istana Taman Sari, Terletak lebih kurang 400 meter dari Komplek Kraton Yogyakarta atau lebih kurang 10 menit berjalan kaki dari halaman belakang kraton yang disebut Kemandungan Kidul atau halaman Magangan. Wisata Jogja kompleks ini terdapat tempat yang masih sakral di lingkungan Tamansari, yakni Taman Ledoksari dimana tempat ini merupakan tempat peraduan dan tempat pribadi Sultan. Diantara bangunan yang menarik adalah Sumur Gemuling berupa bangunan bertingkat dua dengan lantai bagian bawahnya terletak di bawah tanah.

Pasar Ngasem Yogyakarta

Wisata Jogja Pasar Ngasem
Wisata Jogja Pasar Ngasem

Pasar Ngasem terletak sangat berdekatan dengan Taman Sari atau dikenal juga sebagai Pasar Burung. Disini aneka jenis burung diperjual belikan diantaranya burung merpati, burung betet, burung kepodang, burung tekukur dan ayam jantan. Hewan-hewan itu dikurung di dalam sangkar yang bagus-bagus. Wisata Jogja bisnis burung adalah bisnis yang cukup besar disini karena banyak orang Yogya yang suka memelihara burung. Pasar tradisional lainnya yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Pasar Beringharjo pasar utama di Yogya yang terletak di Jl. A Yani lanjutan Jl. Malioboro ke arah selatan.

Makam lmogiri sebenarnya Makam Hastanegara yang lebih mu,da usianya dibandingkan dengan makam Kotagede. Di Makam lmogiri ini. dimakamkan Raja- raja yang memerintah Kerajaan Mataram sepeninggalan Panembahan Senopati, terutama Putra Sultan Agung Hanyokro Kusumo..Makam ini dibangun diatas bukit. Wisata Jogja untuk mencapainya kita harus mendaki tangga dari batu berundak sebanyak 345 buah hingga tiba disuatu persimpangan jalan. Ziarah ke Makam lmogiri dapat dilakukan setiap hari Senin antara pukul 10.00 hingga 13.00 atau hari minggu antara pukul 13.30 hingga 16.30 WIB.

Gembira Loka

Wisata Jogja Gembira Loka
Wisata Jogja Gembira Loka

Kebun binatang yang terletak di daerah aliran sungai Gajah Wong ini dinamakan Gembira Loka. Koleksi satwanya mulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasa! dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas. Wisata Jogja Kebun binatang Gembira loka kini memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Setiap tahunnya ada tambahan penghuni. Di sini wisatawan dapat bersuka ria dengan santai menggunakan perahu boat yang disediakan di telaga buatan di areal kebun binatang ini. Disamping dapat menikmati bermacam-macam jenis pohon yang tumbuh melengkapi keberadaan kebun raya yang merupakan taman mini yang menawan.

Kraton Paku Alaman

Wisata Jogja Puro Pakualaman
Wisata Jogja Puro Pakualaman

Kraton atau Puro Paku Alaman yang terletak di jalan Sultan Agung juga menerima kunjungan wisatawan. Wisata Jogja kraton ini mempunyai ukuran yang tidak sebesar kraton Yogya dan merupakan bangunan yang termuda dari ke-empat kraton di kerajaan Mataram. Pada masa Inggris berkuasa di Indonesia, Gubernur Jenderal Stamford Ratifies (1811-1816) membagi kerajaan Yogyakarta menjadi dua bagian pada tahun 1813 yaitu Kraton Kesultanan Hamengkubuwono dan Puro Paku Alaman yang terletak di timur kraton Yogyakarta dengan Pangeran Notokusumo sebagai Paku Alam I.

Masjid Agung Yogyakarta

Wisata Jogja Masjid Agung Jogjakarta
Wisata Jogja Masjid Agung Jogjakarta

Masjid Agung Yogyakarta terletak di lingkungan kraton Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat kraton, di barat alun-alun. Wisata Jogja sejak dulu masjid ini dipakai sebagai tempat beribadah para kawula kerajaan Mataram, para prajurit, pembesar kerajaan bahkan raja dan keluarganya. Pada masanya, masjid ini merupakan masjid terbesar dan termegah sehingga dinamakan Masjid Agung. Berwisata ke masjid ini bisa menambah wawasan religi kita.

Wisata Museum Sonobudoyo

Wisata Jogja Museum Sonobudoyo
Wisata Jogja Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo terletak di sebelah utara alun-alun Yogyakarta berseberangan dengan kraton, wisata jogja ini diresmikan penggunaannya oleh Sultan Hamengkubuwono VII pada tahun 1935. Museum ini terbagi atas beberapa ruang seperti ruang museum, pagelaran, auditorium, panti budaya, reparasi, studio koleksi serta ruang edukasi.

Museum Sonobudoyo berisi benda-benda yang bermakna etnologi dan arkeologi dari wilayah Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali dan Lombok. Museum lainnya adalah Museum Affandi, ini terletak di sisi sebelah Utara dari jalan Solo No. 167, tepatnya di lereng sebelah Barat jembatan sungai Gajahwong, kompleks museum yang menepati tahah seluas 3500 m2 terdiri dari bangunan museum dan bangunan rumah yang dahulu merupakan rumah tinggal pelukis Affandi beserta keluarganya. Monumen Jogja Kembali, wisata jogja ini untuk mengenang peristiwa bersejarah yaitu bebasnya Yogyakarta dari Pendudukan Belanda tahun 1949. Monumen ini terletak di Sariharjo, Ngaglik Sleman kira-kira 7 km dari Tugu Yogyakarta.

Wisata Jogja Museum Biologi UGM
Wisata Jogja Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM

Museum Biologi berada di jalan Sultan Agung yang merupakan bagian dari fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Wisata Jogja museum ini digunakan untuk menyimpan aneka Flora dan Fauna serta dilengkapi dengan diorama serta keterangan mengenai kehidupan hewan-hewan yang ada di indonesia. Diantara banyak binatang yang diawetkan di museum ini adalah komodo (Veranus Comodoensis) binatang melata terbesar didunia yang hanya hidup di Pulau Komodo.

Museum Puro Pakualaman terletak di istana Puro Pakualaman di Jalan Sultan Agung yang merupakan tempat tinggal Sri Paku Alam. Wisata Jogja sayap timur bagian depan dari istana ini dipergunakan sebagai Museum Puro Pakualaman dengan mempergunakan empat buah ruangan. Dalam museum ini tersimpan benda-benda bersejarah yang memiliki nilai budaya tinggi, yang merupakan peninggalan masa silam dari keluarga Pakualaman.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Yogyakarta, Candi Borobudur

Museum Kereta Kraton

Wisata Jogja Museum Kereta  Keraton
Wisata Jogja Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Kraton terletak di komplek Kraton berseberangan dengan bangsal Pagelaran. Tepatnya di sebelah Jalan Rotowijayan. Koleksi Museum ini dikhususkan untuk menyimpan alat angkutan yang pernah dipergunakan sultan- sultan Yogyakarta dan kerabat kraton dalam berbagai kegiatan. Wisata Jogja beberapa kereta yang ada didalamnya antara lain : Kereta Kiai Jaladara, Kereta Kiai Mandajuala serta kereta yang dipergunakan untuk penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono VI s/d X yaitu kereta-Kiai Garuda Yeksa.

Selain museum Kereta Keraton, ada juga Museum Perjuangan dibangun di bekas Ndalem Brotokusuman, Jalan Kolonel Sugiyono Yogyakarta. Arsitektur bangunan merupakan perpaduan antara gaya Romawi kuno dengan gaya Indonesia pada jaman candi-candi. Wisata Jogja museum sejarah, Museum Perjuangan menyimpan benda-benda yang menyertai perjuangan maupun informasi tentang perjuangan itu sendiri, ia membatasi masa kesejarahannya dari pra-kemerdekaan sampai pasca merdeka. Juga terdapat relief- relief, foto-foto, replika, bahkan berupa barang-barang.

Pemugaran Pada Museum Kereta Keraton Jogja

Museum ini di pugar pada tanggal 30 Juni 1980 dibawah pengawasan bidang permuseuman sejarah dan purbakala Kanwil Pendidikan dan Kebudayaan DIY. Sasmitaloka Sudirman memuat sisi kehidupan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Barang-barang peninggalan, foto serta replika-replika yang terdapat di museum ini semuanya berhubungan dengan Jenderal Sudirman. Wisata Jogja Museum ini terletak di Jalan Bintaran No. 3 Yogyakarta yang dahulu merupakan tempat kediaman pak Dirman. Didalam Sasmitaloka ada 13 ruangan yang menceritakan bagaimana kehidupan pak Dirman keseharian. Setiap ruangnya terdapat barang-barang peninggalan yang sekaligus menjadi diorama bagi pak Dirman.

Benteng Vredeburg

Wisata Jogja Benteng Vredeburg
Wisata Jogja Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg terletak di sudut JL A. Yani yang berhadapan dengan Gedung Agung dan kantor pos utama Yogyakarta. Wisata Jogja di dalam benteng ini ditampilkan diorama yang menceritakan perjalanan panjang bangsa Indonesia menggapai kemerdekaannya. Benteng ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1765-1788. Benteng Vredeburg, yang artinya perdamaian ini, berbentuk bujur sangkar dan memiliki empat sudut yang ‘ disebut Seleka.

Wilayah DIY merupakan jendela wisata alam dan budaya dan kekayaan budaya itu dapat dilihat dari Candi Prambanan merupakan peninggalan Hindu terbesar dari abad IX di Daerah Istimewa Yogyakarta terletak lebih kurang 17 km di sebelah Timur Laut kota Yogyakarta. Wisata Jogja candi Prambanan atau Candi Shiwa ini juga sering disebut sebagai Candi Roro Jonggrang, berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau gadis jangkung. Putri Prabu Boko. Kompleks Candi Prambanan ini dibangun oleh Raja dinasti Sanjaya pada abad ke-9 dan ini merupakan obyek wisata yang dapat dikunjungi setiap hari pukul 06.00 s/d 17.30.

Wisata Jogja Istana Ratu Boko
Wisata Jogja Istana Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Tidak jauh dari situs Ratu Boko ada Candi Barong, candi Hindu ini berada pada ketinggian 27 m dari permukaan laut, di dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Wisata Jogja disebut candi Barong karena pada relung tubuh candi terdapat hiasan “kala” yang menyerupai Barong. Candi Plaosan, terletak kira-kira 1 km ke arah timur dari Candi Sewu. Candi Budha ini terdiri atas tiga candi utama yang terletak berdampingan. Ketiga candi induk ini disebut dengan Candi Plaosan Lor untuk membedakan dengan Candi Plaosan Kidul yang lebih kecil yang berada di sisi selatan yang terpisah dengan jalan.

Wisata Jogja Candi Kalasan
Wisata Jogja Candi Kalasan

Candi Kalasan

Candi Kalasan merupakan candi Budha yang unik ini terletak kira-kira 16 km ke arah timur dari kota Yogyakarta di sisi sebelah selatan jalan utama antara Yogya-Solo. Wisata Jogja candi ini memiliki ornamen yang indah dengan relief yang diukir dengan baik yang dilapisi dengan ‘Vajralepa’ yaitu suatu bahan berwarna kuning yang’ terbuat dari getah beberapa tanaman. Vajralepa berfungsi sebagai perekat dan pelindung terhadap kerusakan dan menjaga ukiran, scata untuk memperindah ukiran. Candi ini tingginya 24 meter dan alasnya berbentuk menyilang. Candi Kalasan merupakan peninggalan Budha yang tertua di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 778 masehi sebagai persembahan kepada Dewi Tara. Candi Kalasan juga terkenal sebagai candi yang indah hiasannya dan sangat halus pahatan batunya yang dibangun pada tahun 778 M.

Wisata Jogja Candi Sambisari
Wisata Jogja Candi Sambisari

Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di desa Sambisari Kelurahan Purwomartani, lebih kurang 12 km dari pusat Yogyakarta. Candi ini baru diketemukan, yakni sekitar tahun 1966 takkala seorang petani dengan tidak sengaja telah membenturkan cangkulnya pada puncak candi yang terbenam di tanah peladangannya. Berdasarkan penelitian geologis terhadap batuan candi dan tanah yang telah menimbunnya selama ini, candi setinggi 6 m ini telah terbenam oleh material Gunung Merapi dalam letusan yang hebat pada tahun 1906. Candi Sambisari merupakan candi Hindu dari abad ke-10 yang diperkirakan dibangun oleh seorang Raja dari dinasti Sanjaya, dengan patung Shiwa sebagai mahaguru menepati bilik utamanya.

Wisata alam

Wisata Jogja Gunung Merapi
Wisata Jogja Gunung Merapi

Gunung Merapi, merupakan satu satunya gunung berapi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya kurang lebih 30 kilometer, sebelah Utara kota Yogyakarta dan puncaknya berupa dataran pasir yang tidak rata, seluas lebih kurang 4 hektar, dengan beberapa lubang kepundan yang salah satu diantaranya selalu mengepulkan asap tebal, menandai gunung Merapi masih aktif bekerja. Wisata Jogja pada lereng Selatan gunung Merapi, dekat pegunungan Pelawangan terhampar kota mungil Kaliurang yang berhawa sejuk, sekitar 28 km ke arah utara dari Yogyakarta. Sejak Zaman penjajahan Belanda, daerah ini memiliki pemandangan indah serta memiliki berbagai fasilitas rekreasi yang memadai dan menjadi tempat bagi mereka yang mencari ketenangan.

Sarana Rekreasi di Kaliurang

Kini Kaliurang telah menjadi lebih menarik lagi dengan telah dibangun dan dikembangkannya berbagai sarana rekreasi dan berbagai fasilitas lain, seperti kolam renang, hutan rekreasi, taman hiburan dan arena olahraga. Wisata Jogja Vila, bungalow, pesanggrahan dan berbagai sarana penginapan, yang beberapa diantaranya memiliki fasilitas untuk keperluan konvensi (konperensi, seminar, rapat-rapat, lokakarya, penataran) dan rumah-rumah makan. Bagi kalangan remaja dan pramuka, Kaliurang merupakan tempat yang populer, karena di daerah ini tersedia juga bumi perkemahan, jalur jalur jelajah lintas alam dan pemandangan alam dan pemandangan alam yang indah yang menggugah rasa romantis kita.

Pantai Parangtritis

Wisata Jogja Pantai Parangtritis
Wisata Jogja Pantai Parangtritis

Parangtritis kawasan pantai yang memiliki hamparan pasir luas, tetapi juga terkenal sebagai tempat yang memiliki berbagai peninggalan sejarah. Komplek Parangtritis terdiri dari Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan dataran tinggi Gembirowati. Konon asal mula Parangtritis di ambil dari keadaan alam yang terdiri dari batu-batu karang dimana dari atas salah satu tempat di tebing pegunungan yang terdiri dari batuan kapur selalu meneteskan air kebawah, menyerupai tritis. Wisata Jogja karena air tersebut mengandung zat kapur, maka batu-batu karang makin bertambah besar hingga terbentuklah kolam dengan air yang sangat jernih. Kolam ini diketemukan dan dipelihara oleh Sultan Hamengku Buwono VII . Saat ini telah dibangun sebuah kolam renang yang cukup bagus. Di kompleks ini juga terdapat beberapa obyek lain yang menarik untuk dilihat.

Petunjuk Arah Menuju Lokasi Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Kompleks wisata ini dapat dicapai melalui dua jalur. Jalur pertama lewat jembatan Kretek dan yang kedua lewat Imogiri dan Siluk. Wisata Jogja meski di pesisir selatan Yogyakarta, terdapat sekitar 13 obyek pantai yang memiliki pesona wisata, ternyata Pantai Parangtritis yang selalu menempati peringkat teratas dalam angka kunjungan wisata, dibanding pantai-pantai lainnya. Pantai yang Berlokasi sekitar 27 Km dari kota Yogyakarta ini. Pantai yang termasuk wilayah Bantul ini merupakan pantai yang landai, dengan bukit berbatu, pesisir dan berpasir putih serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara pantai. Di kawasan ini wisatawan dapat berkeliling pantai menggunakan bendi dan kuda yang disewakan dan dikemudikan oleh penduduk setempat. Selain terkenal sebagai tempat rekreasi, parangtritis juga merupakan tempat keramat. Wisata Jogja Banyak pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Pantai ini merupakan salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Kraton Yogyakarta. Pada musim kemarau, angin bertiup kencang seperti tak mau kalah dengan deburan ombak yang rata-rata setinggi 2-3 meter.

Wisata Jogja Pantai Parangtritis
Wisata Jogja Pantai Parangtritis

Pantai ini erat kaitannya dengan mitos penguasa laut yang lazim disebut Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan) yang suka “melenyapkan’’ orang yang tidak mengindahkan kaidah alam. Dari sisi ilmiah, kejadian semacam itu makin menguatkan teori bahwa palung laut selatan Jawa memang sarat arus bawah yang terus bergerak. Benda apa saja yang terseret ombak dari bibir pantai, terseret ke bawah dan terdampar pada lokasi berbeda.

Wisata Jogja Kepercayaan masyarakat setempat tentang legenda Nyi Roro Kidul juga dengan sendirinya melahirkan pesona tersendiri. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para pengunjung maupun nelayan setempat melakukan upacara ritual di pantai tersebut. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncak acara ritual biasanya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua-tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Intinya, nelayan meminta keselamatan dan kemurahan rezeki dari penguasa bumi dan langit.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bandung

Pantai Parangkusumo

Wisata Jogja Pantai Parangkusumo
Wisata Jogja Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis mempunyai keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai Parangtritis. Selain itu di dekat pantai ini terdapat dua batu karang yang sekelilingnya di pagar beton. Wisata Jogja Tempat yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar tersebut dikenal dengan nama Cepuri. Menurut Surakso Sudarmo (50) sebagai salah satu juru kunci Cepuri.

Batu karang tersebut dulunya sebagai petilasan Panembahan Senopati dan tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul penguasa laut selatan. Cepuri merupakan tempat yang penting untuk acara yang bersifat adat dan spiritual contohnya acara labuhan. Benda yang mau dilabuh harus dimasukan ke Cepuri dan didoakan oleh para juru kunci sebelum benda tersebut di buang kelaut.

Para pengunjung tidak boleh seenaknya keluar masuk wilayah petilasan Panembahan Senopati ini. Mereka diharuskan melepas alas kakinya sebelum memasuki wilayah Cepuri dan tidak boleh berisik. Para pengunjung sebagian besar peziarah yang berasal dari berbagai daerah. Mereka datang dengan berbagai niat, ada yang ingin cepat dapat jodoh, ingin kaya, tambah wibawa dan sebagainya. Di kawasan wisata Parangtritis juga terdapat Gumuk Pasir di daerah tropis sangat banyak macamnya dan paling unik adalah ditemukannya jenis barchan yang di Indonesia hanya terdapat di kawasan wisata itu. Temuan ini unik dan menarik untuk diteliti, dipahami dan dilestarikan. Gumuk Pasir ini merupakan fenomena yang menarik dipandang sebagai obyek wisata.

Pantai Glagah

Wisata Jogja Pantai Glagah
Wisata Jogja Pantai Glagah

Pantai Glagah yang terletak 40 km dari kota Yogyakarta masuk wilayah Kabupaten Kulon Progo. Wisata Jogja Pantai dengan keindahan alaminya sangat menarik untuk di kunjungi wisatawan. Di kawasan pantai Glagah berbagai sarana antara lain fasilitas telah di bangun kolam pemancingan, taman rekreasi, camping ground dan gardu pandang. Bagi pengunjung yang mempunyai hoby olahraga dayung bisa menyalurkan bakatnya / hobynya di pantai ini, dengan menggunakan perahu Cano.

Pantai Baron

Wisata Jogja Pantai Baron
Wisata Jogja Pantai Baron

Pantai Baron dan Kukup terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Wisata Jogja untuk mencapainya melalui kota Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung kidul yang terletak lebih kurang 40 km dari kota Yogyakarta, Prasarana jalan menuju ke kota Wonosari ini cukup baik, jalan berkelok-kelok naik turun melintasi beberapa daerah yang indah pemandangannya.

Jarak Kota Wonosari dengan pantai Baron kurang lebih 20 km, dengan dipenuhi oleh pohon kelapa. Pantai ini berada di teluk yang merupakan muara dari aliran sungai dibawah batu karang yang airnya cukup jernih. Ombak pantai Baron agak besar, tetapi para pengunjung masih dapat berenang-renang di pantai ini sampai batas yang diperkenankan.

Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron , sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 km saja hanya saja bilamana pantai Baron berpasir hitam, maka pasir pantai Kukup putih kekuning-kuningan. Wisata Jogja goa-gua karang yang teduh, serta ikan hias air laut banyak didapati didaerah ini dan sangat memikat para wisatawan untuk melihat laut Indonesia yang sangat mempesona.

Pantai Krakal

Wisata Jogja Pantai Krakal
Wisata Jogja Pantai Krakal

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 km dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan Kukup. Wisata Jogja pantai yang paling indah, diantara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau jawa karena itu diwilayah ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan asing semacam Nusa Dua tourist resort di pulau Bali. Pantai Krakal bentuknya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 km. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar dan bisa dicapai melalui jalan sepanjang 6 km dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan Kukup.

Pantai Samas

Wisata Jogja Pantai Samas
Wisata Jogja Pantai Samas

Pantai Samas terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis merupakan pantai yang indah. Bibir pantai yang agak curam sehingga pengunjung harus lebih berhati- hati bila ingin mandi di pantai tersebut. Wisata Jogja pantai Parangtritis. disarankan untuk tidak berenang di Pantai Samas karena ombaknya yang besar serta arusnya yang kuat. Perjalanan menuju ke pantai ini pun sangat menyenangkan karena di kanan kiri jalan terbentang sawah luas sehingga memberikan panorama yang menarik. Memasuki kawasan pantai akan terdapat banyak pohon akasia dan kelapa di kanan kiri jalan. Rute yang dapat ditempuh adalah melalui Yogja-Bantul-Samas.

Agrowisata Salak Pondoh

Wisata Jogja Agrowisata Salak Pondoh Jogjakarta
Wisata Jogja Agrowisata Salak Pondoh Jogjakarta

Agrowisata Salak Pondoh berlokasi di beberapa desa seperi Desa Gadung. Bangunkerto, Turi yang semuanya berada di Kabupaten Sleman, terletak di jalur jalan utama Borobudur-Kaliurang. Wisata Jogja perkebunan salak Pondoh ini merupakan lahan yang dirancang khusus untuk pengembangan salak pondoh dengan luas areal mencapai 633 hektar dimana kebun salak menyatu dengan lahan milik rakyat. Dari luas tersebut, 27 hektar merupakan zona inti yang didukung fasilitas kolam pemancingan, kolam renang anak, kolam becak air dll.

Grebeg Maulud

Wisata Joigja Grebeg Maulud Di Jogja
Wisata Joigja Grebeg Maulud Di Jogja

Puncak peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. diperingati dengan penyelenggaraan upacara Crebeg Maulud yang diselenggarakan pada tanggal 12 Maulud, atau pagi hari esoknya, setelah kedua perangkat gamelan Kyai Nogowologo dan Kyai Gunturmadu dibawa masuk kembali ke dalam Kraton. Oleh masyarakat Yogyakarta, kejadian ini lazim disebut dengan istilah “Bedhol Songsong”. Wisata Jogja pada pagi hari, pukul 08.00 upacara dimulai dengan parade kesatuan prajurit Kraton yang mengenakan pakaian kebesaran masing-masing.

Puncak Acara dari Grebek Maulud

Puncak dari acara ini adalah iringan gunungan yang dibawa ke Masjid Agung. Setelah diselenggarakan doa dan upacara persembahan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagaian gunungan dibagi-bagikan kepada masyarakat umum dengan jalan diperebutkan. Bagian-bagian dari gunungan ini umumnya dianggap akam memperkuat tekad dan memiliki daya tuah terutama bagi kaum tani, mereka menanamnya dilahan persawahan mereka, untuk memperkuat doanya agar lahannya menjadi subur dan terhidar dari berbagai hama perusak tanaman.

Upacara Labuhan

Wisata Jogja Upacara Labuhan Jogja
Wisata Jogja Upacara Labuhan Jogja

Upacara Labuhan mempersembahkan pakaian wanita, alat-alat rias, sirih, bunga dan lain lain ke taut Selatan, sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan kesejahteraan dan keselamatan. Berbagai pakaian bekas yang pernah dipergunakan oleh Sri Sultan, potongan rambut serta potongan kuku beliau, ditanam didalam areal tanah sengker, suatu areal tanah dianggap keramat di daerah Parangkusumo. Wisata Jogja dua atau tiga hari sebelum Upacara Grebeg berlangsung, dilakukan upacara Tumplak Wajik, bertempat di halaman Kemandungan Selatan (Magangap) Kraton Yogyakarta, dimulai sekitar pukul 15.00. Upacara Tumplak Wajik, berarti menumpahkan wajik, sejenis makanan yang dibuat dari beras ketan sebagai bahan dasar untuk membuat gunungan. Upacara ini diiringi dengan musik kothekan (musik lesung dan kenthongan).

Sleman

Salah satu kegiatan wisata yang tengah dikembangkan di Kabupaten Sleman adalah wisata desa. Sedikitnya ada 14 desa wisata yang telah dikemas menjadi paket-paket wisata agar wisatawan dapat menikmati kehidupan alam pedesaan bersama masyarakat setempat. Jenis kegiatan wisata desa ini terbagi menjadi enam jenis. Wisata Jogja desa wisata budaya misalnya bisa dilakukan di Desa Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Desa Tanjung, Donorjo, Ngaglik, Desa Sambi, Pakembinangun, Pakem, Desa Grogol. Margodadi, Sayegan, Desa Mlangi, Nogotirto, Gamping, Candi Abang di Jogotirto. Berbah, Desa Plempoh, Bokoharjo, prambanan. Desa Srowolan, Purwobinangun, Pakem dan Desa Pajangan, Pandowoharjo, Sleman.

Desa Wisata Ketingan

Wisata Jogja Desa Wisata Ketingan
Wisata Jogja Desa Wisata Ketingan

Desa wisata fauna ada di Ketingan, Tirtoadi, Mlati. Desa wisata kerajinan di Sendari. Tirtoadi, mlati, Desa Brajan dan Malangan di Sendangagung, Moyudan, Desa Gamplong dan Desa Sangubanyu di Sumberrahayu, Moyudan. Wisata Jogja sementara desa wisata lereng Merapi di Kaliurang timur, Hargobinangun. Pakem, Desa Tuurgo, Purwobinangun, Pakem, Desa Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan dan Tunggularum, Wonokerto, Turi. Desa wisata Ketingan terletak di Padukuhan Ketingan, desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, sekitar 10 km dari kota Yogyakarta. Desa ini merupakan habitat dari ribuan burung kuntul dan blekok yang sudah sangat langka ditemui di pulau Jawa. Di samping melihat nuansa kehidupan pedesaan jawa, terdapat pula beberapa kerajinan tradisional seperti industri emping mlinjo. jerajinan bambu dan jamu tradisional.

Desa wisata Malangan

Desa wisata lainnya adalah Desa Wisata Malangan di Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman atau sekitar 17 km arah barat daya kota Yogyakarta. Wisata Jogja di sini ada tiga sentra kerajinan bambu untuk cindramata maupun alat rumah tangga dan interior. Di samping menjual hasil kerajinannya secara eceran, para perajin juga melayani pesanan partai besar. Mereka juga menawarkan pada wisatawan untuk menganyam bambu atau bahan lainnya.

Gunung Kidul

Wisata Jogja Gunungkidul Jogja
Wisata Jogja Gunungkidul Jogja

Gunung Kidul merupakan salah satu dari lima kabupaten di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari kota Yogyakarta. Daerah dataran tinggi dan bergunung-gunung ini kawasan wisatanya dibagi tiga zona yaitu zona Batiragung di wilayah Utara yang berpotensi sebagai obyek ekowisata hutan dan alam pegunungan meliputi Kecamatan Patuk, Nglipar, Gedangsari, Ngawen, Semin dan Ponjong. Zona tengah disebut Zona Ledoksari di atas ketinggian 150-200 meter di atas permukaan laut yang berpotensi untuk agrowisata pertanian meliputi Kecamatan Playen. Wonosari. Karangmojo, Semanu bagian Selatan dan Ponjong bagian tengah. Sementara untuk zona Selatan atau zona pegunungan Seribu yang berada di ketinggian 100-300 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jakarta

Potensi Wilayah Gunungkidul Jogja

Wilayah ini berpotensi untuk wisata alam pegunungan kapur dan pantai meliputi kecamatan Tepus. Tanjungsari. Panggang, Purwosari. Paliyan, Saptosari, Girisubo, Rongkop, Semanu bagian Selatan dan Ponjong bagian Selatan. Kabupaten Gunung Kidul memiliki serangkaian kawasan pantai seperti Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak. Wisata Jogja namun ada pula obyek wisata pantai lainnya seperti Pantai Siung berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus sekitar 35 km dari Wonosari.

Tebing Surga Pantai Siung di Gunungkidul Jogja

Gunung Kidul. Siung merupakan cekungan laut yang diapit dengan dua bukit dan tebing sehingga memungkinkan sebagai lokasi panjat tebing dan meruapakan surga bagi para pemanjat tebing karena memiliki sekitar 250 jalur pemanjatan dengan di dukung oleh panorama laut yang indah. Memanjat tebing ditingkahi bunyi deburan ombak dan hembusan angin laut yang menyejukkan menjadi daya tarik tersediri bagi para pemanjat tebing. Wisata Jogja tak heran bila di lokasi ini pernah diadakan Asian Climbing Gathering, olahraga panjat tebing tingkat Asia yang diikuti 80 peserta dari 15 negara. Di daerah ini juga terdapat terasering lahan pertanian yang disekelilingnya hidup primata kera ekor panjang.

Pantai Ngandong

Wisata Jogja Pantai Ngandong
Wisata Jogja Pantai Ngandong

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus sekitar 500 meter sebelah barat pantai Sundak. Pasir pantai yang landai dan berpasir putih ini terdapat rumah singgah satu komunitas yang fasilitasnya setara dengan hotel bintang lima seperti ruang pertemuan, fasilitas spa dan lainnya. Wisata Jogja untuk menikmati panorama sunset yang sempurna dapat menyaksikannya di Pantai Wediombo di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, sekitar 40 km arah kota Wonosari.

Struktur Pantai Dari Pantai Ngandong

Pantainya berbentuk teluk dan landai dengan hamparan pasir putih yang dapat dilihat secara terbuka dari atas perbukitan maupun dari pesisir pantai. Udara pantainya yang sejuk cocok bagi mereka yang berpenyakit asma, selain itu di pantai ini juga menjadi tempat wisatawan menyalurkan hobi memancingnya karena sering muncul ikan Panjo yang muncul di sepanjang pantai. Dalam satu kawasan dengan pantai ini adalah Pantai Gremeng. Pantai Jungwok dan Pulau Kalong sebuah pulau kecil yang dihuni oleh ribuan kelelawar yang dapat dicapai dengan trecking sekitar 1,5 km ke arah Timur.

Kawasan Kars Pegunungan Sewu

Wisata Jogja Kawasan Kars Pegunungan Sewu
Wisata Jogja Kawasan Kars Pegunungan Sewu

Kabupaten Qunung kidul dengan topografi pegunungan dan lanskap Kars yang terbentuk oleh proses pelarutan batuan kapur. Bentang alam ini dikenal dengan kawasan Kars Pegunungan Sewu yang terbentang di wilayah Gunung Kidul, Wonogri dan Pacitan. Wisata Jogja kawasan Kars di Gunung Kidul sepanjang 13.000 km persegi memiliki keunikan geomorfologi yang tidak ada duanya berupa kericut Kars lebih kurang 4000 buah, kubah dan lembah serta goa-goa yang lengkap dengan stalagtit dan stalagmit serta sungai bawah tanah.

Keindahan alam ini menjadi alasan yang kuat bagi International Union of Speleologi untuk mengusulkan kepada Badan Dunia sebagai bentukan alam warisan dunia (World Natural Heritage). Keunggulan ini menjadi modal dasar bagi Kabupaten Gunung Kidul untuk mengembangkan pariwisata melalui pengelolaan potensi daerah dengan pembangunan pariwisata berkelanjutan. Tahun lalu Presiden juga telah mencanangkan wilayah Gunung sewu dan Gombong Selatan sebagai kawasan Eko Kars.

Kawasan Hutan Bunder

Wisata Jogja Hutan Bunder Jogjakarta
Wisata Jogja Hutan Bunder Jogjakarta

Kawasan Hutan Bunder dan Hutan Wanagama terletak di Kecamatan Playen sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Lokasinya sangat strategis sebagai tempat persinggahan dan peristirahatan bagi wisatawan yang akan menikmati obyek wisata alam. Wisata Jogja di kasan hutan ini ada rest area yang dilengkapi pendopo. mushola. air benih dan MCK serta tempat parkir yang luas. Terdapat pula arena bermain anak- anak serta budidaya dan penyulingan minyak kayu putih, budaya sutera alam, penangkaran rusa, sendang Mole dan lokasi perkemahan yang nyaman untuk kegiatan outbound.

Hutan Wanagama di Kawasan Hutan Bunder

Masih satu kawasan dengan hutan Bunder adalah Hutan Wanagama yang merupakan hutan pendidikan bertaraf internasional yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada seluas 600 ha. Terletak 3 km dari lapangan udara Gading ke arah Barat atau 7 km dari kota Wonosari. Hutan buatan yang dibangun untuk kepentingan pendidikan ini sebagai pola percontohan untuk mengembangkan hutan serbaguna khususnya mengatasi lahan kritis dan penghijauan. Atraksi wisata yang sangat populer di Kabupaten Gunung Kidul adalah Campursari, suatu musik asli dari Gunung Kidul yang diperkenalkan oleh musisi Manthous dari Kecamatan Playen.

Campursari Sebagai Campuran Dari Musik Tradisional dan Modern

Wisata Jogja musik ini merupakan campuran dari musik tradisional dan modern. Kesenian lainnya adalah reog, wayang dan tayub yang mewarnai berbagai pesta. Penari Tayub yang disebut Ledhek menari diiringi musik gamelan dan mengajak para penonton untuk ikut menari. Wisata budaya di Gunung Kidul dapat dilakukan dengan mengunjungi situs megalitik Sokoliman yang terletak di Kecamatan Karangmojo, sekitar 9 km dari Wonosari. Di Situs ini ditemukan peninggalan pra sejarah dari masa Megalitik berupa menhir, peti kubur batu, alat-alat dari besi dan manik-manik. Wisata Jogja sejumlah desa wisata juga dikembangkan yaitu di Dusun Bobung, dimana hampir semua masyarakatnya bermata pencaharian sebagai perajin topeng kayu dan kerajinan batik kayu. Bisa juga singgah ke Dusun Garotan yang dikenal dengan kerajinan khasnya berupa cor logam untuk kursi antik, lampu taman dan produk lainnya.

Kulon Progo

Wisata Jogja Kulon Progo
Wisata Jogja Kulon Progo

Obyek wisata alam dan pantai menjadi pesona wisata di Kabupaten Kulon Progo seperti Pantai Glagah. di Desa Glagah, Kecamatan Temon, 40 km dari Yogyakarta. Obyek wisata ini mempunyai panorama khas pantai yang indah dan di dukung adanya hamparan pasir yang luas, padang rumput dan pohon-pohon pandan. Wisata Jogja bagi penggemar wisata olahraga tersedia sirkuit Grasstrack dan Mottocross, arena olahraga kano, bola votly pantai, layang-layang dan pacuan kuda. Tersedia fasilitas gardu pandang, gedung joglo, hotel, rumah makan, perahu motor dan fasilitas areal perkemahan.

Pantai Congot

Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran. Kecamatan Temon, berdampingan dengan pantat Gagah membentang sepanjang 6,5 km. Berjarak 45 km ke arah Barat Yogyakarta. Wisata Jogja di pantai ini wisatawan dapat menikmati berbagai masakan ikan segar dari beragam rumah makan yang ada.

Pantai Trisik

Wisata Jogja Pantai Trisik
Wisata Jogja Pantai Trisik

Obyek pantai lainnya adalah Pantai Trisik dimana pengunjung dapat menikmati keindahan cakrawala laut lepas untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari. Wisata Jogja terdapat bekas pesanggrahan Sri Paduka Paku Alam V di pantai ini. Obyek wisata yang terletak di bagian Tenggara wilayah Kabupaten Kulon Progo ini tepatnya berada di Desa Banaran. Kecamatan Galur sekitar 30 km dari Yogyakarta. Selain gardu pandang, tempat pelelangan ikan juga ada pentas seni di lokasi pantai ini.

Puncak Suroloyo

Wisata Jogja Puncak Suroloyo
Wisata Jogja Puncak Suroloyo

Untuk wisata alam lainnya. wistawan dapat mengunjungi Puncak Suroloyo. Dari obyek wisata yang sejuk ini dapat dilihat pemandangan alam yang indah dan ke arah Utara dapat dilihat kemegahan puncak Borobudur. Suroloyo berada 900 meter di atas permukaan air laut diperbatasan Kulon Progodan Magelang. Wisata Jogja Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Kulon Progo dengan dua puncaknya yaitu Suroloyodan pertapaan Indrakila. Pertapaan Mintaraga, Enceh Suci, Kaendran dan Tegal Kepanasan. Di tempat ini setiap tahunnya bertepatan dengan 1 suro atau Muharram dilakukan upacara tradisional jamasan pusaka.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: [email protected]

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

 

 

Wisata Jogja, Tempat Wisata Di Jogja, Tempat Wisata Jogja, Wisata Alam Jogja, Liburan Murah, Wisata Jogjakarta, Wisata Yogyakarta, Tempat Wisata di Yogyakarta,

Similar Posts:

    None Found

One thought on “Tempat- tempat Wisata Jogja Yang Wajib di Sambangi”

  1. A person are pick which teams believe will get the confeerence finals or NBA Finals.
    In short, they have trouble making three pointers.

    The Bearcats halpened a 10-0 run thanks inn parft to some
    sloppy ball handling by Kriss Dunn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.