Tempat Liburan di Bali Goa Gajah

Tempat Liburan di Bali Pesona Goa Gajah

Tempat Liburan di Bali Goa Gajah

Tempat Liburan di Bali. Obyek wisata lainnya yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Pura Goa Gajah terletak di desa Beduli, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar. Berada pada jalur Denpasar-Tampaksiring- Danau Batur- Kintamani Disekitarnya terdapat tempat-tempat bersejarah seperti yeh Pulu. Samuan Tiga, gedong Arca, Arjuna Bertapa, Kebo Edan, Pusering Jagat, Penataran Sasih dan lain-lain.

Temp[at Liburan di Bali Goa Gajah Tampak Depan
Temp[at Liburan di Bali Goa Gajah Tampak Depan

Asal usul Goa Gajah belum diketahui pasti dan disebut demikian karena perpaduan nama Pura Goa, sebutan masyarakat setempat dengan nama kuno yang termuat dalam prasasti-prasati, yakni Ergajah dan Lwa Gajah.

Di pelataran Goa Gajah terdapat petirtaanl kuna (12 x 23 m2) terbagi dalam tiga bilik. Dibilik utara terdapat tiga buah arca pancuran dan dibilik selatan ada arca pancuran juga, sedangkan dibilik tengah hanya terdapat arca. Sekitar 13 m di sebelah utara petirtaan terdapat goa atau ceruk pertapaan berbentuk huruf T. Lorong goa berukuran ± 2,75 m, tinggi 2 m. Tempat Liburan di Bali.

Goa Gajah adalah gua buatan yang berfungsi seperti tempat ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. UNESCO mencatat goa ini sebagai warisan dunia dalam daftar tentatif (menunggu kepastian) pada tanggal 19 Oktober 1995 dalam bidang kebudayaan.

Penemuan Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Tempat Liburan di Bali 3 Buah Lingga Yang Berada Di Ujung Kiri Goa Gajah
Tempat Liburan di Bali 3 Buah Lingga Yang Berada Di Ujung Kiri Goa Gajah

Tempat Liburan di Bali. Penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda, LC. Heyting pada tahun 1923 yang menemukan arca Ganesha, Trilingga serta arca Hariti kepada pemerintah Hindia Belanda. Hal tersebut di tindak lanjuti oleh Dr. WF. Stuterhiem untuk mengadakan penelitian lanjut pada tahun 1925.

BACA JUGA :  Bercengkrama Bersama Burung-burung di Tempat Pariwisata Bali Bird Park

Pada tahun 1950 Dinas Purbakala RI melalui seksi-seksi bangunan purbakala di Bali yang dipimpin oleh J.L Krijgman melakukan penelitian dan penggalian pada tahun 1954 sampai tahun 1979 dan ditemukanlah tempat petirtaan kuno dengan 6 buah patung wanita dengan pancuran air di dada dan sampai sekarang keberadaanya bisa dipercaya bisa memberikan vibrasi penyucian aura bagi pengunjung.

Pada tahun 1931 Mr. Conrat Spies menemukan pula peningalan yang cukup penting di komplek “tukad pangkung” berupa stupa bercabang tiga yang terpahat pada dinding batu yang telah runtuh tergeletak didasar tukad pangkung.

Wisata Sejarah Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Tempat Liburan di Bali Pesona Goa Gajah
Tempat Liburan di Bali Pesona Goa Gajah

Tempat Liburan di Bali. Kata Goa Gajah sebenarnya berawal dari kata “Lwa Gajah”, dimana kata “Lwa” pernah ditemukan pada lontar Negarakertagama yang memiliki arti ‘sebuah sungai’. Jadi istilah Lwa Gajah ini bisa diartikan Pertapaan yang ada di tepi sungai.

Pada mulut Goa di Goa gajah ini, terdapat 2 buah patung di kiri dan di kanan bagaikan seorang penjaga. Di tepian mulut goa terdapat ukiran patung kepala raksasa yang oleh masyarakat hindu bali menyebutnya dengan ‘Bomha’, sebuah ukiran relief yang wajib ada pada candi-candi di depan pura. Fungsinya tiada lain adalah untuk menyucikan pikiran bagi orang-orang yang ingin masuk ke pelataran sebuah Pura.

Keheningan di Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Masuk ke dalam Goa, anda akan mendapati suasana hening dan tenang, dengan lampu agak redup yang menyinari seluruh isi Goa. Di Sisi-sisi Goa terdapat Ceruk (Lubang berbentuk kotak seperti tempat duduk) yang dulu digunakan sebagai tempat dimana para Rsi atau budha melakukan tapa dan samadhi. Namun saat ini anda para wisatawan dapat duduk disana sambil mengabadikannya dalam foto. Di dalam goa ini berbentuk huruf T, dimana di bagian kiri terdapat 3 buah lingga dan di bagian kanan terdapat Patung/arca Ganesha (Anak dewa siva, dengan bentuk tubuh berbadan manusia berkepala gajah). Tempat Liburan di Bali.

Melihat Pesona Patung Jelmaan Widyadari

Tempat Liburan di Bali. Di depan areal Goa ini terdapat 7 buah patung bersejarah, 6 dari 7 patung ini memancurkan air ke dalam sebuah kolam. Untuk dapat melihatnya secara lebih dekat, anda harus menuruni beberapa anak tangga. Ke tujuh patung ini disebut sebagai jelmaan widayadari dan widyadara. Posisi ketujuh patung ini terletak sangat simetris, dimana 3 buah patung widyadari terletak di sisi kanan dan kiri patung widyadara. Atau bisa dibilang patung widyadara terletak di tengah-tengah diantara patung widyadari.

BACA JUGA :  Sunrise Beach Tempat Indah di Bali

Letak Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Goa Gajah Tempat Liburan di Bali
Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Pura Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Daerah Tingkat II Gianyar. Jaraknya dari Denpasar Kurang lebih 26 Km, sangat mudah dicapai. Di sana ada kios-kios kesenian dan Rumah makan. Pura ini di lingkupi oleh persawahan dengan keindahan ngarai sungai Petanu, berada pada jalur wisata Denpasar – Tampaksiring – Danau Batur – Kintamani. Tempat Liburan di Bali.

Lokasi Pura Goa Lawah berada di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Denpasar dan jika di tempuh dengan kendaraan dari Bandara Internasional Ngurah Rai akan memakan waktu lebih kurang 80 menit.

Transportasi Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Jika anda berencana untuk mengunjungi obyek wisata Pura Goa Lawah di Bali ini di sarankan memakai kendaraan sendiri atau pakai jasa sewa mobil di Bali dengan sopir karena di sepanjang kawasan wisata ini tidak terdapat jasa taksi meter yang bisa di panggil kapan saja. Kalau anda belum memiliki kendaraan anda bisa menghubungi jasa sewa mobil murah di Bali atau bisa mengikuti paket liburan murah di Bali yang searah dengan Pura Goa Lawah Di Bali ini seperti Objek Wisata Candidasa, Objek Wisata Kerta Gosa.

Pemandangan Pura Goa Gajah Tempat Liburan di Bali

Pura ini tepat berada di depan goa yang mejadi ciri khas tempat wisata di Bali ini. Dengan parkir yang luas serta terdapat banyak warung di pinggir pantai di sebrang obyek wisata Pura Goa Lawah ini yang menawarkan menu olahan ikan laut seperti ikan bakar, pepes, sate serta di lengkapi dengan es kelapa muda menjadikan tempat wisata ini menarik untuk di kujungi.

BACA JUGA :  Pura Uluwatu Bali Bersama Empu Kuturan

Tiket Masuk Goa Gajah

Untuk masuk dan menikmati Goa Gajah, kita harus membayar tiket sekitar Rp.6000 untuk dewasa dan Rp.3000 untuk anak-anak. Diloket ini juga ada kamen (sarung khas Bali) yang bias dipakai untuk yang memakai celana pendek. Karena salah satu aturan untuk memasuki wilayah ini ialah tidak memakai celana pendek dan sedang tidak datang bulan bagi perempuan. Tempat Liburan di Bali.

Berikut Tempat Liburan di Bali yang wajib dikunjungi!

1. Pesona Alam Ubud Bali Tempat Menarik Wisatawan Mancanegara

2. Sunrise Beach Tempat Indah Bali

3. Taman Budaya GWK Tempat Menarik di Bali

4. Loncat Indah, Atraksi Lumba-lumba di Pantai Lovina

5. Tempat Liburan di Bali Goa Gajah

Sumber: http://wikipedia.org, http://www.disparda.baliprov.go.id/, Buku “Info Pariwisata Nusantara”

Pariwisata Bali, Liburan Anak, Wisata ke Bali, Tempat Liburan, Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi, Wisata Bali, Liburan Ke Bali, Wisata Pantai, Wisata di Bali, Pesona Wisata Indonesia.

Similar Posts:

    None Found

One thought on “Tempat Liburan di Bali Goa Gajah”

  1. Pingback: Pesona Alam Ubud Bali Tempat Menarik Wisatawan Mancanegara | tempatmenarikdibali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.