Taman Budaya GWK Tempat Menarik di Bali

Tempat Menarik di Bali Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya GWK Tempat Menarik di Bali

Tempat Menarik di Bali. Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah sebuah tempat yang popular di Bali. Salah satu obyek wisata buatan yang menjadi andalan adalah Garuda Wisnu Kencana. Patung ini berlokasi di Bukit Unggasan – Jimbaran Bali. Karya mas i piece Bali I Nyoman Nuarta.

Tempat Menarik di Bali Taman Budaya GWK
Tempat Menarik di Bali Taman Budaya GWK

Saat ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi landmark bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa pelindung, mengendarai burung Garuda. Diambil dari cerita Garuda & Kerajaannya dimana rasa bhakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini dibangun dengan ketinggian 140 meter, diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur. Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.

Tempat Menarik di Bali Garuda Wisnu Kencana
Tempat Menarik di Bali Garuda Wisnu Kencana

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Tempat Menarik di Bali berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Tempat Menarik di Bali. Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Parai Tenggiri

GWK Tempat Menarik di Bali menjadi Simbol Kemegahan Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana Tempat Menarik di Bali
Patung Garuda Wisnu Kencana Tempat Menarik di Bali

Dibeberapa Negara, mereka membuat ikon yang luar biasa terkenal karena keunikan dan ukurannya sehingga mengundang antusiasme para traveler dari seluruh dunia untuk datang, sebut saja Patung Merlion di Singapore, Robot Gundam symbol teknologi Jepang di Odaiba city, Patung Liberty di New York – US dan yang terbaru adalah Skytree tower di Tokyo yang diklaim sebagai salah satu gedung tertinggi didunia.

Begitu juga dengan GWK, ada sebuah idealism yang luar biasa dari pendirinya untuk menampilkan sesuatu yang baru dan berbeda mengenai Pulau Bali sebagai salah satu pusat wisata dunia. Diharapkan kelak GWK akan menjadi ikon Pulau Bali dan untuk mencapai kesetaraan dan pengakuan dari dunia internasional maka dibuatlah sebuah karya yang fenomenal di Garuda Wisnu Kencana yaitu sebuah patung raksasa, patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Burung Garuda.

Patung Tangan, Tempat Menarik di Bali

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Tempat Menarik di Bali Garuda Wisnu Kencana Curtural Park
Tempat Menarik di Bali Garuda Wisnu Kencana Curtural Park

Keagungan Dewa Wisnu dapat kita abadikan dalam sebuah foto. Berfoto dengan latar belakang separuh badan patung Dewa Wisnu bias menjadi kenangan yang tak terlupakan. Sebagai taman budaya, sering kali disini diadakan pagelaran-pagelaran yang bertemakan kesenian. Seprti pagelaran music dan seni tari-tarian. Tempat Menarik di Bali.

Kawasan patung Garuda Wisnu Kencana juga sering dijadikan tempat pertemuan acara-acara yang bertaraf internasional. Nah, mengapa tempat ini memakai nama Dewa Wisnu? Karena Dewa Wisnu merupakan Dewa Tertinggi dalam ajaran agama hindu. Dewa Wisnu dianggap sebagai dewa sewa yang mempunyai tugas utama yaitu sebagai pemelihara alam semesta.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Aceh Pantai Lhok Nga

Dibalik Pembangunan GWK sebagai Tempat Menarik di Bali

Bali yang sangat kental dengan budaya dan ritual agama Hindu memilih Dewa Wisnu sebagai ikon di GWK karena memiliki citra sebagai Dewa penyelamat bagi umat Hindu didunia yang memiliki kebijaksanaan dan posisinya yang sedang mengendarai burung garuda diartikan sebagai bentuk kesadarannya dalam menuju Amerta. Tentunya hal ini sesuai dengan konsep GWK – Garuda Wisnu Kencana yang membawa misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Patung GWK yang Spektakuler

Patung GWK disebut salah satu patung paling spektakuler karena memiliki ukuran yang benar – benar super. Bayangkan sebuah patung dengan tinggi 75 meter dan diletakkan pada pondasi 70 meter jadi total ketinggian patung GWK adalah 145 meter. Patung Garuda yang dikendarai Dewa Wisnu didesign memiliki sayap yang membentang sebesar 66 meter. Total berat keseluruhan patung diperkirakan mencapai 4000 ton terdiri dari perunggu, tembaga dan dilapisi emas pada bagian – bagian tertentu.

Lokasi Strategis GWK Tempat Menarik di Bali

Lokasi GWK yang berada dibukit memungkinkan traveler untuk dapat memandang keindahan alam dengan jarak pandang yang luas. Melalui GWK kita dapat memandang keindahan Pantai Kuta, Pantai Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot dan Denpasar.

Menyaksikan Sunset di GWK, Tempak Menarik di Bali

Bila anda bertanya apa saja yang dapat anda lakukan di tempat wisata tempat menarik di Bali GWK jawabannya adalah apa saja. GWK merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Di tempat itu anda dapat berjalan-jalan santai sambil bercengkrama dengan kerabat dekat atau keluarga.

Menikmati Sunset di GWK Tempat Menarik di Bali
Menikmati Sunset di GWK Tempat Menarik di Bali

Atau untuk anda yang suka selfie atau foto-foto bersama anda bisa sepuasnya berfoto ria bersama keluarga atau teman-teman anda. Jika anda lebih kreatif lagi anda bisa memanfaatkan patung-patung yang ada di GWK untuk membuat foto-foto yang menakjubkan. Tempat menarik di Bali.

Di GWK juga sangat sering diadakan pagelaran seni mulai dari tari-tarian, musik daerah atau pameran-pameran seni. Tarian yang paling terkenal dan ditunggu-tunggu adalah acara tari kecak yang sangat memukau para pengunjung dengan riuhnya suara cak yang semarakkan oleh para penari.

BACA JUGA :  Eksotisme Air Terjun Dusun Kuning, Liburan Murah Ke Bali

Dari GWK anda juga dapat menyaksikan sunset (Matahari terbenam) yang tak kalah indah dengan menyaksikan sunset di pantai-pantai di bali.

Fasilitas di Tempat Menarik di Bali GWK

GWK sebagai Tempat Menarik di Bali tempat wisata juga dilengkapi dengan restoran dan toko suvenir yang menyediakan berbagai macam pernak-pernik khas Bali untuk memanjakan para pengunjungnya. Setelah puas menikmati keindahan Garuda Wisnu Kencana, kita bisa melanjutkan perjalanan ke tempat obyek wisata di Bali yang lokasinya berdekatan atau searah dengan GWK, yaitu Pantai Dreamland , Pura Uluwatu , Pantai Suluban, Pantai Padang Padang , atau yang agak beda arah sedikit bisa ke Pantai Pandawa atau Pantai Balangan.

Tempat Menarik di Bali lainnya, silahkan kunjungi artikel kami lainnya:

Sumber: http://wikipedia.org, http://http://www.disparda.baliprov.go.id/, Buku “Info Pariwisata Nusantara”

Wisata Bali, Wisata di Bali, Objek Wisata di Bali, Liburan ke Bali, Wisata Pantai, Tempat Menarik di Bali, Tempat Liburan di Bali, Tempat Wisata Bali, Tempat Indah di Bali, Pesona Wisata Indonesia

Similar Posts:

    None Found

One thought on “Taman Budaya GWK Tempat Menarik di Bali”

  1. Pingback: Tempat Liburan di Bali Goa Gajah | tempatmenarikdibali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *