Home / Wisata Kalimantan / Pesona Samarinda / Samarinda Pesona Indonesia Beautiful

Samarinda Pesona Indonesia Beautiful

Samarinda Pesona Indonesia Beautiful

Indonesia Beautiful Kota Samarinda
Indonesia Beautiful Kota Samarinda

Indonesia Beautiful. Samarinda merupakan pusat indrusti perkayuan di Kalimantan Timur dan juga kota pelabuhan yang penting. Letaknya tidak jauh dari Balikpapan namun kota berpunduduk sekitar 500 ribu jiwa ini memiliki suasana yang agak berbeda dengan kota Balikpapan. Bagi wisatawan, Samarinda adalah tempat yang bagus untuk memulai perjalannan ke daerah pedalaman, menyusuri  Sungai Mahakam.

Kebanyakan penduduk di Samarinda adalah Orang Banjar dari Kalimantan Selatan sehinggga Bahasa Banjar sering terdengar dalam percakapan di sini. Indonesia  Beautiful Bahasa Banjar merupakan bahasa utama di Samarinda. Selain orang Banjar, kelompok masyarakat terbesar kedua di Samarinda adalah Orang Kutai dan pendatang lainnya. Sebagian besar wilayah Kota Samarinda terletak di utara Sungai Mahakam. Di tepi Sungai Mahakam ini berdiri sebuah Masjid besar Masjid Raya Darussalam yang menjadi salah satu cirri atau symbol kota Samarinda. Sekitar tahun 1990 an dilakukan pemugaran menyerupai sebuah mesjid di Timur Tengah.

Indonesia Beautiful Masjid Raya Darussalam Samarinda
Indonesia Beautiful Masjid Raya Darussalam Samarinda

Mesjid berkontruksi beton ini berlantai tiga dan dapat menampung sekitar 14.000 jemaah dilengkapi taman, kolam dan perpustakaan. Indonesia  Beautiful Kebun Raya UNMUL Samarinda merupakan hutan pendidikan dan kebun Botani yang menjadi salah satu obyek wisata alami. Memiliki beberapa karakteristik dengan dikembangkannya sebagai hutan pendidikan seluas 62,4 ha dan menjadi arboretum hutan buatan yang meliputi hutan alam, hutan tanaman daun lebar, hutan tanaman Konifer, kebun bunga, kebun buah, kebun palma dan kebun bamboo. Sisanya seluas 238,6 ha masih berupa hutan sekunder.

Sungai Mahakam Indonesia Beautiful
Sungai Mahakam Indonesia Beautiful

Berbagai sarana yang terdapat di lokasi ini adalah kolam pemancingan, sepeda air, restoran, penangkaran satwa seperti burung hutan tropis, buaya muara, orang utan dan lainnya. Selain sebagai tempat rekreasi kebun raya ini juga tempat olahraga dan jogging yang sehat karena udaranya bersih dengan terpeliharanya vegetasi di sekitarnya. Indonesia  Beautiful Di wilayah selatan Sungai Mahakam atau disebut juga dengan sebutan Samarinda Seberang, berjarak 8 Km dari pusat kota, di Jl Bung Tomo, terdapat pusat kerajinan sarung Samarinda. Kerajinan ini mulanya dibawa pendatang suku Bugis dari Sulawesi. Hampir di setiap perkampungan Suku Bugis di tempat ini dapat ditemukan pengrajin sarung Samarinda.

Alat tenun yang digunakan para pengerajin adalah alat tradisional yang disebut ‘gedokan’. Produk yang dihasilkan untuk satu buah sarung memakan waktu tiga minggu. Air Terjun Tanah Merah terletak sekitar 14 Km dari pusat kota Samarinda, tepatnya di dusun Purwosari kecamatan Samarinda utara. Indonesia  Beautiful Tempat wisata yang bersuasana teduh ini cocok bagi wisata keluarga karena dilengkapi dengan areal parker kendaraan yang luas, pendopo istirahat, warung, pentas terbuka dan lain-lain tersedia di lokasi wisata ini. Untuk mencapai tempat ini dapat menumpang kendaraan umum trayek Pasar Segiri-Sungai Siring.

Kawasan Wisata Budaya Pampang Indonesia Beautiful
Kawasan Wisata Budaya Pampang Indonesia Beautiful

Kawasan Wisata Budaya Pampang terletak sekitar 20 Km dari Kota Samarinda merupakan kawasan wisata budaya yang menarik untuk menyaksikan kehidupan suku Dayak Kenyah. Indonesia Beautiful Obyek wisata budaya ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalan raya Samarinda-Bontang. Daya tarik yang dapat disaksikan di tempat ini adalah Lamina tau rumah adat suku Dayak serta tarian dan upacara adat Dayak Kenyah, yang digelar setiap hari minggu siang sampai dengan sore.

Tenggarong terletak 39 Km di barat laut Samarinda pada masa lalu merupakan ibukota kesultanan Kutai. Di kota yang berada di tepi Sungai Mahakam dengan penduduk sekitar 50 ribu orang ini terdapat bekas Istana Kesultanana Kutai yang saat ini berfungsi sebagai museum. Indonesia Beautiful Istana ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1930-ab menggantikan bangunan kayu istana lama yang hancur terbakar. Museum memiliki koleksi benda-benda dari masa kesultanan Kutai dan benda-benda kebudayaan Suku Dayak. Koleksi mengesankan milik museum adalah guci keramik tua asala Cina dari masa dinasti Yuan, Ming dan Qing dan sekarang kesultanana Kutai dihidupkan kembali.

Festival Erau Indonesia Beautiful
Festival Erau Indonesia Beautiful

Setiap tahun pada bulan September di Tenggarong diadakan Festival Erau yang berlangsung selama satu hingga dua minggu. Acara ini diikuti masyarakat Dayak yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan. Pada acara ini digelar upacara adat dan berbagai tarian yang dipertunjukan oleh para penari berpakaian adat Dayak. Indonesia Beautiful Kota bangunan yang berada di sebelah barat Tenggarong ini memiliki kedudukan yang cukup strategis untuk menjadi titik awal perjalanan ke wilayah pedalaman Kalimantan Timur melalui sungai. Kota yang dapat ditempuh selama tiga jam melalui darat dai Samarinda ini menjadi titik pertemuan tiga sungai besar yaitu Sungai Mahakam, Sungai Belayan dan Sungai Wahau.

Kawasan hulu ketiga sungai ini berada di wilayah pegunungan di tengah Pulau Kalimantan, berjarak ratusan kilometer dari kawasan pantai. Indonesia Beautiful Ketiga sungai ini menjadi satu-satunya sarana penghubung masyarakat pesisir untuk mendatangi berbagai wilayah yang berada jauh di pedalaman. Masyarakat Kota Bangun sebagian berasal dari masyarakat transmigran dan umumnya bekerja pada penambangan batu bara dan perkebunan karet.

Tanjung Isuy Indonesia Beautiful
Tanjung Isuy Indonesia Beautiful

Daya tarik wisata Kota Bangun berada pada wilayah di sekitarnya yaitu Muara Muntai, Tanjung Isuy dan Mancong, Kawasan ini selain dikenal sebagai habitat burung dank era berhidung panjang namun yang paling terkenal adalah ikan pesut atau disebut juga lumba-lumba air tawar yang hidup di sungai di tempat ini. Indonesia Beautiful Untuk mencapai lokasi, Anad adapat menyewa perahu motor dengan tangkai baling-baling panjang atau yang dikenal masyarakat setempat dengan sebutan ces yang banyak terdapat di wilayah ini.

Tanjung Isuy menjadi tujuan wisata favorit bagi rombongan wisatawan yang ingin melihat masyarakat dan kebudayaan Dayak yang dianggap paling’asli’ di Kalimantan Timur. Tanjung Isuy berada di tepi Danau Jempang yang merupakan wilayah masyarakat Dayak Banuaq. Perjalanan ke tempat ini menggunakan petualangan yang menyenangkandengan rumah penduduk yang dibangun di pinggir danau yang berlumpur. Kegiatan wisata di tempat ini terpusat di Lamin Taman Jamrot yang merupakan bekas rumah adat Dayak (rumah panjang) yang kemudian diubah menjadi pusat kebudayaan dan juga penginapan oleh pemerintah daerah Kalimantan Timur pada tahun 1970-an. Di tempat ini, pengunjung dapat membeli aneka cinderamata (umumnya berupabarang kerajinan).Indonesia Beautiful

About PesonaWisata

Check Also

Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting

Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting Pesona Wisata. Dari Muara teweh perjalanan dapat dilanjutkan berjalan ...

2 comments

  1. Fashion Muslim Wanita Terbaru

    Samarinda keren indonesia hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *