Potret Tanah Lot Objek Wisata di Bali

Objek Wisata di Bali Potret Tanah Lot Sunset

Potret Tanah Lot Objek Wisata di Bali

Objek Wisata di Bali Potret Tanah Lot Sunset
Objek Wisata di Bali Potret Tanah Lot Sunset

Obyek Wisata di Bali Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bali, disini terdapat sebuah pura yang berada diatas sebuah pulau karang kecil yang menjadi tempat yang paling sering dipotret oleh siapa saja. Banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini khususnya pada saat menjelang matahari tenggelam karena suasana dan pemandangannya yang sangat mengesankan.

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Objek Wisata di Bali Pura Tanah Lot
Objek Wisata di Bali Pura Tanah Lot

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa, yaitu Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri kepadanya karena para pengikutnya mulai pergi untuk mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot. Danghyang Nirartha menyanggupi, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana.

Objek Wisata di Bali Tanah Lot
Objek Wisata di Bali Tanah Lot

Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhirnya disebutkan bahwa Bendesa Beraben menjadi pengikut Danghyang Nirartha. Objek Wisata di Bali.

Obyek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di sebelah utara Pura Tanah Lot, sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Karang Bolong.

BACA JUGA :  Liburan Bali Bersama di Pulau Penyu

Wisata Tanah Lot lainnya yaitut Goa Ular Suci dan Goa Air Suci. Berikut kedua wisata yang ada di Tanah Lot.

Goa Ular Suci

Objek Wisata di Bali Goa Ular Suci
Objek Wisata di Bali Goa Ular Suci

Objek Wisata di Bali. Goa Ular Suci berada persis di depan Goa Air Suci, yang di dalamnya terdapat beberapa ular yang dianggap suci karena keberadaannya memang sudah ada dengan sendirinya. Ular-ular suci yang berada di dalam gua ini adalah ular berwarna Poleng (hitam-putih), yang memiliki panjang rata-rata 1,5 meter dan keberadaannya oleh masyarakat setempat diyakini milik dewa yang bersemayam di tempat ini.

Konon, ular-ular poleng tersebut berasal dari potongan-potongan sabuk atau stagen Saci Dewi yaitu saktinya Dewa Indra. Menurut legenda masyarakat setempat, kisahnya berawal dari Saci Dewi yang turun ke bumi hendak berbelanja di pasar dekat Alas Kendung (saat ini dekat Pura Pakendungan). Pada saat itu Saci Dewi dalam keadaan mengandung.

Goa Air Suci

Goa Air Suci memiliki kedalaman sampai lima meter dengan pemandangan di sekitarnya yang sungguh luar biasa. Disebut Goa Air Suci karena konon goa ini bisa mengalirkan air suci yang berasal dari tengah laut. Objek Wisata di Bali.

Objek Wisata di Bali Goa Air Suci
Objek Wisata di Bali Goa Air Suci

Di dalam goa ini terdapat sebuah patung dengan tinggi lebih kurang setengah meter berwujud Ida Pedanda Danghyang Dwijendra. Sosok ini merupakan seorang pendeta yang tengah melakukan pemujaan di lokasi ini. Di dalam goa setiap pengunjung bisa meminum air suci tersebut atau sekadar membasuh tangan dan wajah yang konon banyak manfaatnya. Salah satunya diyakini bahwa air suci ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang tengah diderita. Atau bahkan bagi mereka yang ingin punya anak, dengan meminum air suci di goa ini dipercaya bisa diberikan anak.  Sehingga karena itu pula disebut dengan air kesuburan.

BACA JUGA :  Pulau Burung Banten

Maka itu, banyak pengunjung yang datang ke goa ini hanya untuk meminta air suci tersebut untuk menyembuhkan penyakit atau sekadar memiliki keturunan. Setiap pengunjung yang datang di Goa Air Suci tidak akan dipungut biaya, hanya saja terdapat sebuah kotak donasi bilamana ada pengunjung yang berkeinginan menyumbang secara sukarela untuk pemeliharaan tempat ini. Objek Wisata di Bali.

Objek Wisata di Bali, Tempat Menarik di Bali, Tempat Liburan di Bali, Tempat Wisata bali, Wisata Indah, Panorama Bali, Pesona Wisata Indonesia, Bali, Wisata Ke Bali, Tempat Liburan

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *