Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Sumatra / Pesona Jambi / Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat

Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat

Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat

Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat
Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat

Pesona wisata Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di 4 wilayah propinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan, Sebagian besar kawasan taman nasional ini merupakan rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di Pulau Sumatera bagian tengah. Secara geografi Taman Nasional Kerinci Seblat terletak pada 100o31’18″ -102°44′ Lintang Timur dan 17’13″ – 326’14″ Lintang Selatan.

Luas TNKS ditetapkan mencapai 1.368.000 Ha dan dalam sejarah pembentukannya, taman nasional ini merupakan penyatuan dari kawasan-kawasan Cagar Alam Inderapura dan Bukit Tapan, Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan- Bukit Kayu embun dan Gedang Seblat, hutan lindung dan hutan produksi terbatas di sekitarnya yang berfungsi hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.

Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat
Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat

Kelompok hutan tersebut merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) utama, yaitu DAS Batanghari, DAS Musi dan DAS wilayah pesisir bagian barat yang vital peranannya terutama untuk memenuhi kebutuhan air bagi hidup dan kehidupan jutaan orang yang tinggal di daerah tersebut.

Mengingat pentingnya peranan kelompok hutan tersebut, maka pada tanggal 4 Oktober 1982, bertepatan dengan Kongres Taman Nasional Sedunia di Bali, gabungan kawasan tersebut diumumkan sebagai pesona wisata Taman Nasional Kerinci Seblat yang mewakili tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah sampai ekosistem sub alpin serta beberapa ekosistem yang khas (rawa gambut, rawa air tawar dan danau).

Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat
Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat

Pesona wisata Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat ini miliki 4000 jenis tumbuhan yang didominasi oleh famili Dipterocarpaceae, dengan flora yang langka dan endemik yaitu pinus kerinci (Pinus merkusii strain Kerinci), kayu pacat (Hacpulia alborera), bunga Rafflesia (Rafflesia amoldi) dan bunga bangkai (Amorphophallus titanium dan A. decussilvae).

Sekitar 40 persen wilayah taman nasional berada di Provinsi Jambi dan akses untuk menuju ke taman nasional ini adalah melalui Sungaipenuh. Sebagian besar wilayah taman nasional merupakan kawasan hutan tropis lebat yang menjadi kawasan perlindungan terakhir bagi hewan-hewan langka yang terancam kepunahan seperti harimau, badak, gajah, beruang, tapir dan lain-lain. Pesona wisata.

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat, Pesona Wisata Jambi, Pesona Wisata Bengkulu, Pesona Wisata Sumatera Selatan, Pesona Wisata, Pariwisata, Pesona Bukit Tapan, Pesona Bali, Wisata Musi

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Bengkulu Utara

Pesona Wisata Bengkulu Utara Pesona wisata. Di wilayah Bengkulu Utara terdapat jalur jalan menyusuri pantai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *