Pesona Wisata Surabaya, Jembatan Suramadu

Pesona Wisata Surabaya Kuliner

Jembatan Suramadu, Pesona Wisata Surabaya

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia.

Pesona Wisata Surabaya Jembatan Suramadu
Pesona Wisata Surabaya Jembatan Suramadu

Pesona Wisata. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.

Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. Pesona Wisata. Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

Desain Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Pesona Wisata. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.

Pesona Wisata Surabaya Kemegahan Jembatan Suramadu
Pesona Wisata Surabaya Kemegahan Jembatan Suramadu

Jalan layang atau Causeway dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura. Pesona Wisata. Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Yogyakarta

Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter. Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang berdiameter 180 cm.  Pesona Wisata. Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter.

Pesona Wisata Surabaya Jembatan Suramadu
Pesona Wisata Surabaya Jembatan Suramadu

Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang berdiameter 180 cm.Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter. Pesona Wisata. Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter. Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut.

Pada bagian inilah yang menyebabkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan juga menyebabkan biaya pembangunannya membengkak. Pesona Wisata Indonesia. Dengan adanya pembangunan jembatan ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan pemerataan pendapatan di wilayah Surabaya ke wilayah Madura, begitu pula dengan kependudukan, mengingat wilayah Surabaya yang semakin padat dengan penduduk yang melakukan urbanisasi yang sebagian besar berasal dari wilayah Madura, pemerintah berharap dengan adanya pemerataan ekonomi ini dapat menekan laju urbanisasi tersebut.Pesona Wisata.

Dibalik Nama “Jembatan Suramadu”

Jembatan Suramadu sekarang telah menjadi ikon Indonesia. Menjadi jembatan terpanjang kedua. Selain itu, pesona sekitar Jembatan Suramadu menjadikan kita takjub terhadap pesona Indonesia. Khususnya pemandangan di sekitar Jembatan Suramadu. Nah, kenapa jembatan ini dinamakan “Jembatan Suramadu?” karena telisik punya telisik, jrmbatan ini telah menghubungkan jalan antara Surabaya dan Madura. Oleh sebab itulah, dinamakan “Jembatan Suramadu”.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya

Sunset Cantik dari Jembatan Suramadu

Pesona Wisata Surabaya Sunset di Jembatan Suramadu
Pesona Wisata Surabaya Sunset di Jembatan Suramadu

Pemandangan sunset dari kaki Jembatan Suramadu memang terkenal cantik. Tak ayal, wisatawan yang datang ke sana pasti dibuat terpesona dengan langit yang berwarna oranye dan matahari terbenam yang berwarna kuning. Siap-siap jatuh cinta! Pesona yang dapat mengalihkan pandangan kita. Menikmati sunset di kaki jembatan suramadu.

Kuliner di Sekitar Jembatan Suramadu

Warung Special Nasi Bebek Sinjay

Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau. Dengan melintasi jalan akses Suramadu kurang lebih sepanjang 11 km, lalu ada simpang tiga, dimana kea arah kiri menuju Bangkalan, dan ke arah kanan menuju Sampang. Dari simpang tiga kurang lebih berjarak 4 km yg menuju arah Bangkalan. Andan akan menemukan tulisan besar “Warung Spesial Nasi Bebek Sinjay”. Lokasi tepatnya berada di Jl Raya Ketengan no 45 Bangkalan.

Di Warung ini hanya ada satu menu yaitu “Nasi Bebek”. Harganya sangat terjangkau Rp. 12.000/porsi. Rasanya special. Daging bebek yang empuk, nasi pulen, dan sambelnya yang khas sambel mangga.

Warung Tera’Bulan

Pesona Wisata Surabaya Warung Tera Bulan
Pesona Wisata Surabaya Warung Tera Bulan

Tera’Bulan adalah bahasa Madura yang berarti “bulan purnama”. Lokasinya terletak 1 km sebelum Warung Nasi Bebek Sinjay. Lokasi persisnya, beralamat di Jl Raya Ketengan No 69 Bangkalan. Dari segi tempat, Rumah Makan ini sangat nyaman karena ber-AC, dan juga ada smoking room. Enak dan nyaman untuk disinggahi. Buat tempat makan, ada acara ataupun cuman pengin rendezvous, Tera’ Bulan patut dipertimbangkan.

Di warung Tera’Bulan menyajikan beberapa makanan diantaranya Beberapa makanan yang khas Madura diantaranya adalah Bebek Bengal, Soto Madura. Soto Madura yang khas menjadi salah satu menu khas di warung Tera’Bulan ini. Menu lainnya kalau saya lihat bukan asli Madura, seperti Sop Gurami, Sate Gurami, Nasi Goreng dan lainnya.

Warung Amboina

Pesona Wisata Surabaya Warung Amboina
Pesona Wisata Surabaya Warung Amboina

Warung Ambina sangat tersohor di kala sebelum ada Jembatan Suramadu. Waru8ng ini terletak di pusat kota Bangkalan yang bersebelahan dengan Masjid Agung Bangkalan. Menu andalan warung Amboina adalah Nasi Petis. Daging yang dibumbu kayak opor, ada jeroan hati, dan telur.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Palembang Pulau Kemaro

Kalau soto maduranya jauh lebih ngeri. Karena didalam Soto Madura Amboina penuh dengna jeroan. Hartga per porsinya sebesar Rp. 12.000.

Nasi Bebek Pedas Paterongan

Letaknya di Desa Paterongan Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Kurang lebih 20 km setelah pertigaan dari jalan akses Suramadu yang menuju kea arah Sampang – Pamekasan. Kecamatan pertama adalah Kecamatan Tanah Merah dan Kenudian Kecamatan Galis. Setelah keluar dari Pasar Galis, jalanan mulai nanjak, dan 20 km setelah pertigaan Suramadu terdapat kusen bercat hijau dengan tulisan “Nasi Bebek Pedas” di sebelah kiri.

Pesona Wisata Surabaya Kuliner
Pesona Wisata Surabaya Kuliner

Menu yang disajikan adalah Nasi Bebek yang rasanya pasti pedas. Walaupun tanpa sambal tambahan. Rasanya tetap pedas. Dan porsinya pun lebih banyak dibanding nasi sinjay. Dalam satu porsi kita dapat dua potong bebek.

Selamat berwisata di daerah jembatan Suramadu dan sekitarnya. Indonesia memang pemilik pesona wisata. Wisata alam, wisata kuliner, semua bisa kita jelajahi bersama di Indonesia tercinta. Bersama Pesona Wisata Indonesia kita menjelajah alam Indonesia.

Ayo kunjungi artikel lainnya!

Sumber: – Buku “Informasi Pariwisata Indonesia”

                – http://wikipedia.go.id

                – http://disbudpar.jatimprov.go.id

 

Pesona Wisata Indonesia, Jembatan Suramadu, Wisata di Surabaya, Pesona Wisata, Pariwisata Indonesia, Wisata Surabaya, Wisata Madura, Pesona Wisata Surabaya, Wisata Kuliner, Wisata Kuliner Surabaya.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *