Friday , November 17 2017
Home / Wisata Kalimantan / Pesona Samarinda / Pesona Wisata Sungai Mahakam

Pesona Wisata Sungai Mahakam

Pesona Wisata Sungai Mahakam

Pesona Wisata. Dari Tanjung Isuy perjalanan dapat dilanjutkan dengan menumpang ces ke Mancong selama sekitar tiga jam via Sungai Ohong melalui kawasan hunian burung dan juga hutan di pinggir sungai. Selama perjalanna menyusuri sungai Anda juga dapat menyaksikan sejumlah hewan lainnya seperti kera berhidung panjang. Ular dan burung bangau yang mengharapkan makanan dari penghuni rumah terapung di pinggir sungai.

Pesona Wisata Lamin Mancong
Pesona Wisata Lamin Mancong

Di mancong, anda dapat mengunjungi sebuah rumah panjang bertingkat dua (Lamin Mancong) yang dibangun oleh pemerintaha setempat pada tahun 1987 sebagai salah satu obyek wisata. Masyarakat Dayak di sini membuat kain tenun doyo yang dijual kepada pengunjung dengan harga wajar. Pertunjukan tarian juga terkadang diadakan untuk tujuan ritual ataupun atas permintaan wisatawan.

Melak merupakan kota terbesar di hulu Sungai Mahakam, kota ini terkenal dengan Pesona Wisata Cagar Alam Anggrek Kersik Luwai di mana sekitar 72 spesies anggrek yang berbeda tumbuh di tempat ini termasuk anggrek yang sanagat langka Cologenia Pandurata. Waktu yang paling bagus untuk melihat anggrek di tempat ini adalah pada bulan Januari dan Febuari. Taman anggrek terletak sekitar 16 Km dari Melak yang dapat dicapai dengan menyewa kendaraan jip atau ojek.

Pesona Wisata Melak Kalimantan
Pesona Wisata Melak Kalimantan

Berbagai acara adat yang menarik kerap diadakan di Melak seperti upacara perkawinan, penyembuhan, kematian, upacara potong kerbau dan lain-lain. Upacara penyembuhan adalah yang paling sering diadakan biasanya pada setiap bulan maret, April dan Juni.

Wilayah di sekitar Melak, di bagian Sungai Mahakam, merupakan kawasan dataran tinggi (plateu) di mana di tengahnya terdapat Desa Barong Tongkok yang dapat dicapai dengan menumpang ojek atau angkutan umum minibus. Kendaraaan umum ini akan terus hingga ke Eheng. Di Barong Tongkok tersedia warung dan hotel Putri Tanjung. Pesona Wisata Di Eheng terdapat sebuah rumah panjang asli, milik masyarakat setempat. Dikatakan asli, karena rumah adat yang dibangun pada tahun 1960-an ini masih dihuni oleh 32 keluarga Dayak Banuaq. Kemungkinan rumah panjang ini menjadi rumah adat Dayak asli terakhir yang dibangun tanpa subsidi dari pemerintah.

Pesona Wisata Museum Mencimai
Pesona Wisata Museum Mencimai

Di antara Barong Tongkok dan Eheng yaitu di Mencimai terdapat sebuah museum pertanian masyarakat Dayak yang dibangun oleh mahasiswa ekonomi pertanian dari jepang yang tertarik dengan kebudayaan masyarakat setempat. Pesona Wisata Di museum ini dijelaskan antara lain cara-cara masyarakat Dayak berburu binatang (babi dan monyet) di hutan, cara mengumpulkan madu, dan cara membuat pakaian dari kulit kayu. Museum ini juga memiliki koleksi senjata Mandau dan perkakas dari rotan.

Long Iram adalah sebuah desa yang tenang dan menyenangkan. Di sini terdapat sejumlah bangunan peninggalan masa colonial. Desa ini biasanya menjadai titik akhir perjalanan menyususri Sungai Mahakam. Pesona Wisata Perjalanan lebih jauh ke hulu dari Long Ira mini sudah sulit dilakukan karena kondisi sungai yang terkadang tidak memungkinkan untuk dilalui perahu motor. Namun jika kondisi memungkinkan perjalanna lebih jauh ke hulu masih bisa dilakukan. Tidak jauh dari Long Iram (3 Km) terdapat Danau Gap di mana Anda dapat mengeksplorasi danau yang menjadi habitat kera ini dengan menyewa perahu yang tersedia. Dari Danau Gap perjalanan dapat dilanjutkan ke Tering Lama dimana terdapat sebuah gereja yang sangat mengesankan.

Jika kondisi memungkinkan Anda untuk melanjutkan perjalanan lebih jauh ke hulu maka tempat menarik yang dapat dikunjungi setelah Long Iram adalah Datah Bilang. Pesona Wisata Daerah ini merupakan wilayah masyarakat suku Dayak kenyah yang beragam Kristen Protesten yang pindah ke daerah ini pada tahun 1970-an dari daerah mereka sebelumnya di Apokayan. Wanita Dayak Kenyah di tempat ini memiliki telinga yang panjang karena digunduli hiasan pemberat.

Bontang

Pesona Wisata Bontang Kalimantan
Pesona Wisata Bontang Kalimantan

Botang merupakan salah satu kota yang berada di kawasan pesisir pantai Kalimantan Timur. Salah satu obyek wisata di Bontang adalah Pulau Beras Basah yang terletak di lepas pantai kota Pesona Wisata Bontang, berjarak 7 mil laut atau 25-35 menit dengan menggunakan speed boat. Pulau ini memiliki panorama yang cukup indah, pasir putih yang terhampar luas di pantai dengan ombaknya yang indah, sangat cocok untuk kegiatan olah raga air terletak jet sky dan selancar angin.

Obyek wisata Pulau Gosong terletak di sebelah utara Kota Botang dan merupakan tempat yang cocok bagi mereka yang suka memancing. Pulau ini berjarak 7 mil laut di utara Bontang, dapat ditempuh dengan menggunakan sped boat selama 20 menit. Boat carteran ke pulau ini dapat ditemui di pelabuhan Lokutan, Tanjung Limau dan Bontang Kuala.

Penduduk di Botang Kuala membangun rumah mereka di atas laut. Di sini terdapt sejumlah warung makan yang menyajikan hidangan laut khususnya ikan bakar. Bontang Kuala merupakan tempat yang bagus bagi wisatawan yang ingin makan ikan sambil menikmaati panorama laut.Pesona Wisata

Pesona Wisata, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Pesona, Indonesia Beautifull

About PesonaWisata

Check Also

Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting

Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting Pesona Wisata. Dari Muara teweh perjalanan dapat dilanjutkan berjalan ...

One comment

  1. : oui cᯘest une nouveauté avant quelques autres 😉 Les photos aimantées devraient être bientôt disponibles au départ de France pour améliorer les délais, nous terminons quelques mises au point pour que la qualité soit aussi la meilleure sur un format 13x18cm magnétique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *