Pesona Wisata Sumatera Barat

Pesona Wisata Sumatera Barat

 

Pesona wisata. Alam Sumatra Barat merupakan kombinasi yang menarik antara dataran 7 tinggi yang subur dengan daerah pesisir yang indah dengan luas daerah sekitar 42.297,30 km2. Secara administratif daerah ini dibagi atas 12 kabupaten dan 7 kota. Daratan Sumatera Barat secara geografis terdiri atas dua bagian yaitu wilayah pegunungan dan wilayah dataran rendah atau kawasan pantai.

Pesona Wisata Peta Sumatera Barat
Pesona Wisata Peta Sumatera Barat

Ketinggian wilayah Sumatra barat sangat bervariasi mulai dari 0-3000 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah mencapai 45%, dataran menengah dengan ketinggian 500-1.000 meter mencapai 32% dan dataran tingginya 23% merupakan lembah-lembah pegunungan yang merupakan bagian dari gugusan Bukit Barisan yang membelah pulau Sumatra.

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki keindahan alam yang mengagumkan dimana gunung-gunung, hutan, air terjun, lembah, danau dan pantainya saling berpadu menghasilkan keindahan yang sangat mengesankan. Gunung Kerinci (3800 meter) yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan tertinggi kedua di Indonesia terdapat di provinsi ini termasuk Gunung Marapi (2,831 m) yang berada di tenggara kota Bukittinggi.

 

Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Festival Tabuik
Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Festival Tabuik

Pesona wisata. Penduduknya terdiri dari multi etnik dengan masyarakat Minangkabau sebagai warga mayoritas. Etnik lainnya adalah Tionghoa, Mentawai, Jawa, Keling, Nias dan berbagai etnik lainnya. Masyarakat Minangkabau menerapkan sistem kekerabatan matrilinial dimana harta pusaka atau disebut ulayat adalah milik bersama dari suatu kaum dan baru dapat dimanfaatkan setelah dilakukan musyawarah dan mufakat. Orang Minangkabau adalah pemeluk agama Islam yang hidup berdampingan secara harmonis dengan agama lainnya seperti Kristen, Katolik, Budha dan Hindu.

Keindahan alam dan keunikan budaya Minangkabau dan Mentawai di provinsi ini sudah terkenal ke mancanegara dan menjadi daya tarik andalan. Umumnya tiap kabupaten dan kota memiliki obyek wisata yang beragam dan saling melengkapi berupa pemandangan alam, pantai, gunung, danau, ngarai, lembah serta berbagai aktivitas budaya dari masyarakat setempat seperti tarian dan Festival Tabuik.

BACA JUGA :  pesona wisata Riau
Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Surfing di Pantai Kepulauan Mentawai
Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Surfing di Pantai Kepulauan Mentawai

Wisata bahari juga mendapat perhatian wisatawan mancanegara dengan ditemukannya lokasi berselancar (surfing) di pantai Kepulauan Mentawai. Laut Sumatra Barat yang merupakan bagian dari Samudra Hindia menjadi bagian penting pembangunan Sumatra Barat sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia bagian Barat.

Untuk mempersiapkan diri sebagai pintu gerbang utama di bagian Barat Indonesia dan meletakkan posisi sebagai wilayah strategis. Pemda Sumatra Barat telah memulai pembangunan lapangan terbang internasional Minangkabau Internasional Airport, pembangunan jalan layang Kelok Sembilan yang akan mempermudah hubungan darat antara provinsi Riau dengan Sumbar dan meningkatkan fasilitas pelabuhan Teluk Bayur sebagai pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatra.

Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Bandar Udara Internasional Minangkabau
Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Bandar Udara Internasional Minangkabau

 

Pesona Wisata Sejarah Sumatera Barat

Pesona wisata. Sumatera Barat muncul untuk pertama kali dalam catatatan sejarah pada abad ke-14, ketika seorang raja keturunan Jawa-Sumatera bernama Adityawarman membuat catatan diatas batu (batu bertulis) di sekitar Tanahdatar. Namun tidak banyak diketahui mengenai kehidupan dan kekuasaan Adityawarman ini begitu pula mengenai penggantinya.

Pesona Wisata Sumatera Barat Prasasti Adityawarman Batu Basurek
Pesona Wisata Sumatera Barat Prasasti Adityawarman Batu Basurek

Perkenalan masyarakat Sumatera Barat dengan Islam dimulai pada abad ke- 14 sebagai akibat kedatangan pedagang Gujarat, India untuk membeli emas dan juga pengaruh dari Aceh. Pada abad ke-16 emas dalam jumlah besar diekspor dari Sumatera Barat. Pedagang Gujarat datang ke Pariaman untuk menukarkan tekstil yang mereka bawa dengan emas.

Selama abad ke-16 dan 17, Sumatera Barat merupakan pusat penghasil tanaman rempah-rempah yang menarik perhatian para pedagang dari India, Cina, Portugal, Belanda dan Inggris. Belanda berhasil menanamkan pengaruhnya di wilayah ini dan kemudian menguasai Padang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Aceh Air Terjun Suhom
Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Imam Bonjol Pejuang Perang Paderi
Pesona Wisata Provinsi Sumatera Barat Imam Bonjol Pejuang Perang Paderi

Pada akhir abad ke-18 di Sumatera Barat muncul pergerakan pembaharuan Islam. Pelopor dari pergerakan pembaharuan ini adalah kaum Paderi yang merupakan kelompok guru agama Islam. Pada saat itu penyakit sosial masyarakat merajalela seperti judi, adu ayam, menghisap ganja dan minuman keras.

Pada tahun 1803 muncul kerusuhan di Desa Pandai Sikat, Agam. Kaum Paderi membakar tempat pertemuan dewan desa yang dianggap bertanggung jawab terhadap penyakit sosial masyarakat. Gerakan Paderi ini dipimpin Tuanku Imam Bonjol.

Gerakan Paderi mendapat perlawanan ketat dari kerajaan Pagaruyung di Tanahdatar. Keluarga kerajaan Pagaruyung kemudian mengadakan persekutuan dengan Belanda pada tahun 1821 dalam upaya mengalahkan Paderi. Pada tahun 1837 kota Bonjol yang menjadi basis dari pemimpin kaum Paderi, Tuanku Imam Bonjol, diserbu dan berhasil ditaklukkan Belanda sehingga berakhirlah perlawanan kaum paderi.

Setelah Perang Dunia ke-2, Padang menjadi kancah pertempuran antara pasukan Inggris dan kelompok pemuda pejuang yang menginginkan kemerdekaan. Selama masa perjuangan revolusi, Bukittinggi bahkan sempat menjadi ibukota Indonesia dan akhirnya pada tanggal 1 Januari 1950, Sumatera Barat menjadi provinsi dalam negara kesatuan Republik Indonesia yang merdeka. Pesona wisata.

 

Pesona  Wisata Indonesia, Pesona Wisata Sumatera Barat, Sejarah Sumatera Barat, Pesona Wisata, Wisata Indonesia, Pesona Bukittinggi, Wisata Padang, Kerajaan Pagaruyung, Provinsi Sumatera Barat, Budaya Minangkabau

Similar Posts:

    None Found

2 thoughts on “Pesona Wisata Sumatera Barat

  1. Ketika berkunjung ke danau ini, tepatnya menginap di homestay deket danau. Di pagi hari, kita dapat melihat pemandangan dari danau tersebut. Indah banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.