Pesona Wisata Riau Pasar Bawah

Pesona Wisata Riau Pasar Bawah

Pesona Wisata Riau Pasar Bawah

Pesona Wisata Riau Pasar Bawah
Pesona Wisata Riau Pasar Bawah

Pesona wisata Riau. Pasar Bawah merupakan salah satu ikon dari Kota Pekanbaru. Berdasarkan informasi yang saya dengar, pasar ini merupakan pesona wisata pasar tertua di Pekanbaru. Dalam kunjungan singkat ke Riau, mengunjungi Pasar Bawah adalah salah satu agenda sebelum pulang ke Jakarta. Pasar ini terletak di tengah kota. Jalan di depan pasar cukup padat dan ramai juga tidak terlalu besar. Malah ketika saya kesana lalu lintas sekitar pasar agak macet. Mungkin karena hari Minggu. Karena acara jalan-jalan ke Pasar Bawah adalah agenda terakhir sebelum makan durian di Jl. Hang Tuah, maka waktu untuk menjelajah disini betul-betul dibatasi, alhasil acara berburu di Pasar Bawah betul-betul dalam keadaan terburu-buru.

Pesona Wisata Riau Pasar Bawah
Pesona Wisata Riau Pasar Bawah

Bentuk interior Pasar Bawah tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional lainnya. Lantas apa yang menjadi keunikan atau ciri khas pasar ini? Menurut saya yang unik dari pasar ini adalah apa yang dijual. Pesona wisata pasar ini memang tempat penjualan berbagai macam barang, mulai dari oleh-oleh sampai kebutuhan sehari-hari. Tetapi, yang paling terkenal dari pasar ini memang penjualan oleh-olehnya. Makanya pasar ini disebut Pasar Wisata. Bagaimana dengan keadaan di dalam pasar? Pasar ini terdiri dari beberapa lantai. Masuk ke dalam, saya menaiki tangga untuk memulai penjelajahan. Begitu masuk, langsung tiba di lantai 1, dan terlihat lorong-lorong kios yang menjual aneka macam barang, mulai dari pakaian, aksesoris, perabotan seperti poci, guci-guci dari Cina, sampai karpet segala ukuran.

Pesona Wisata Riau Pasar Bawah
Pesona Wisata Riau Pasar Bawah

Masuk ke bagian dalam lagi, di bagian tengah, terdapat kios penjual songket. Ini dia yang paling menggoda. Ternyata songket yang dijual di pasar ini tidak hanya songket khas Riau tetapi juga songket dari luar negeri seperti Thailand. Sempat juga saya bertanya harga songket di salah satu kios. Ternyata harganya cukup beragam, mulai dari Rp. 50.000,- sampai ratusan ribu. Kain songket yang dijual umumnya sudah terdiri dari satu paket untuk atasan dan bawahan. Karena sudah sampai Pasar Bawah saya merasa harus membeli kenang-kenangan khas Riau dan pilihan saya jatuh pada kain songket berwarna hijau yang dilengkapi aksen keemasan sebagai ciri khas kain songket Melayu, dengan harga masih dibawah seratus ribu. Sempat terjadi tawar-menawar dan harga hanya turun Rp. 10.000 dari yang ditawarkan. Entah itu masih mahal atau tidak,  saya memang kurang pandai menawar harga. Tapi setidaknya saya puas bisa mendapat songket yang entah kapan akan dijahit.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bengkulu Pantai Panjang
Pesona Wisata Pasar Bawah, Wisata Belanja, Wisata Pasar, Berburu Belanjaan, Songket Riau, Pasar Songket, Pasar Bawah Riau, Pasar Bawah, Pasar Riau, Kain Songket.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.