Pesona Wisata Pulau Sumba Pulaunya Para Arwah

Pesona Wisata Rumah Adat Sumba

Pesona Wisata Pulau Sumba Pulaunya Para Arwah

Pesona wisata. Pulau Sumba terletak di barat-daya Propinsi NTT, tepatnya berjarak sekitar 96 km di sebelah selatan P. Flores, 295 km di sebelah barat daya P. Timor dan 1.125 km di sebelah barat laut Darwin Australia. Pulau ini berada pada busur tersebut P. Sumba terletak antara P. Sumbawa dan P.Timor.

Pesona Wisata Rumah Adat Sumba
Pesona Wisata Rumah Adat Sumba

Menjelajah pesona wisata pulau Sumba terbesit pesan bahwa Sumba adalah pulaunya para arwah karena di setiap sudut kota dan kampungnya tesimpan persembahan dan pujian pada leluhur.

Nama Sumba atau Humba berasal dari nama ibu model Rambu Humba, istri kekasih hati Umbu Mandoku, salah satu peletak landasan suku-suku atas kambisu-kambisu sunda. Altar megalik dan batu kuburan keramat yang menghias setiap jantung kampung dan dusun (paraingu) adalah bukti pasti akan kepercayaan animisme itu.

Letaknya yang berada ditengah-tengah antara Sumbawa dan Timor membuat secara geografis pulau sumba ini agak terisolir dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan pada masa lalu masyarakat pulau ini tidak banyak menerima pengaruh dari para pendatang sehingga menjadikan kebudayaan masyarakat Pulau Sumba relative masih murni, dan inilah yang menjadi daya tarik pesona wisata bagi wisatawan manca Negara untuk datang.

Macam-macam Kreasi Sumba

Pesona wisata Sumba juga dikenal dengan produk kain tenun ikat khususnya tenun ikat yang berasal dari Sumba Timur. Tenun ikat asal daerah ini disebut-sebut sebagai yang paling indah dengan warnanya yang cerah dengan motif-motif yang menceritakan kehidupan masyarakat Sumba masa lalu. Sumba barat dikenal karena rumah adatnya yang menarik dan juga makam tua peninggalan leluhur orang Sumba.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pantai Waiterang

Menyaksikan Pasola di Tanah Sumba

Pesona Wisata Padang Rumput
Pesona Wisata Padang Rumput

Pesona wisata Pulau sumba memiliki wilayah padang rumput yang sangat luas menjadikan pulau ini sebagai salah satu kawasan pengembangbiakan kuda. Kuda sering digunakan di kawasan yang berbukit-bukit yang sulit dijangkau kendaraan bermotor . Bagi orang Sumba, kuda adalah status simbol dan hewan ini kerap dijadikan mahar atau syarat untuk melangsungkan pernikahan.

Binatang unggulan ini merambah maraknya atraksi budaya yang dimiliki yaitu pesona wisata Pasola, perang melempar lembing kayu sambil memacu kuda, untuk menyambut Putri Nyale, si putr cantik yang menjelma diri dalam wujud cacing laut yang nikmat gurih.

Pasola berasal dari kata ‘sola’ atau ‘hola’, yang berarti sejenis lembing kayu yang dipakai untuk saling melempar dari atas kuda yang sedang dipacu kencang oleh dua kelompok yang berlawanan. Setelah mendapat imbuhan ‘pa’ (pa-sola, pa-hola), artinya menjadi permainan. Jadi pasola atau pahola berarti permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang antara dua kelompok yang berlawanan. Pesona wisata.

Diselenggarakan di Sumba Barat setahun sekali pada bulan februari di Kodi dan Lamboya. Sedangkan bulan maret di Wanokaka. Pesona wisata Pasola dilaksanakan di bentangan padang luas, disaksikan oleh segenap warga Kabisu dan Paraingu dari kedua kelompok yang bertanding dan oleh masyarakat umum.

Pesona Wisata Pertunjukkan Pasola
Pesona Wisata Pertunjukkan Pasola

Peserta permainan adalah pria pilihan dari kedua Kabius yang harus menguasai dua keterampilan sekaligus yakni memacu kuda dan melempar lembing (hola). Pasola biasanya menjadi klimaks dari seluruh ranngkaian kegiatan dalam rangka pesta nyale. Pesona wisata.

Pasola diyakini merupakan perintah para leluhur untuk dijadikan penduduk pemeluk Merapu. Karena itu pesona wisata pasola pada tempat yang pertama adalah kultus religious yang mengungkapkan inti religiositas agama Marapu. Hal ini sangat jelas pada pelaksanaan pasola, pasola diawali dengan doa semadhi dan lakutapa (puasa) para rato, foturolog, dan pemimpin religious dari setiap kabisu terutama yang terlibat dalam pasola.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kupang Pulau Kera

Sedangkan sebelum hari H pelaksanaan pasola sudah dimaklumkan bulan pentahiran bagi setiap warga paraingu dan pada saat pelaksanaan pasola, dipandang sebagai bukti pelanggaran atas norma adat yang berlaku.

Kegiatan ini menjadi perekat jalinan persaudaraan antara dua kelompok yang turut dalam pasola dan bagi para masyarakat umum. Permainan jenis apapun termasuk pasola selalu menjadi sarana social yang ampuh sekaligus sebagai sebuah pentas yang menjadi daya tarik utama daerah ini.

Keindahan Pantai Konda Maloba

Pesona Wisata Pantai Nihiwatu
Pesona Wisata Pantai Nihiwatu

Banyak pilihan untuk kegiatan pesona wisata pantai di kabupaten Sumba Barat yaitu ke pantai Rua/Wanokaka, pantai pasir putih yang jaraknya 27 km dari Kota Waikabubabak sebagai ibukota kabupaten. Pantai lainnya adalah Nihi Watu, sekitar 21 Km sebelah selatan Kota Waikabubak. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan diving, surfing dan mancing.

Ada juga Pantai Konda Maloba terletak 58 km ke arah timur Kota Waikabubak dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Di pesona wisata pantai ini wisatawan dapat menikmati keindahan dan kekayaan taman laut sambil menyelam untuk melihat terumbu karang, habitat ikan hias, rumput laut dan lain-lain. Pantai Marosi juga merupakan pantai yang indah dengan pelataran batu karang di bibir pantai.

Pesona Air Terjun yang Sangat Indah dan Menawan

Pesona Wisata Air Terjun Mata Yangu
Pesona Wisata Air Terjun Mata Yangu

Pesona wisata Air terjun Mata Yangu di kecamatan Katikutana yang memiliki ketinggian 75 meter yang masih alami dan belum dieksploitasi. Objek wisata air terjun lainnya adalah Waikelo Saweah di Kecamatan Wewewa timur sekitar 12 km dari ibukota kabupaten dan merupakan air yang keluar dari dalam Gua dan digunakan untuk mengiringi sawah-sawah di lokasi tersebut.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kupang yang Wajib Anda Kunjungi

Air terjun lainnya adalah dikira di kecamatan Wewewa timur 40 km kea rah barat dari Kota Waikabubak. Air terjun ini sangat indah dan menawan. Air terjun ini dimanfaatkan olen PLN cabang Waikabubak untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Sumba, Sumbawa, Pasola, Pulau Timor, Pulau Flores, NTT, Nusa Tenggara Timur, Lamboya, Pantai Marosi, Sumba Barat.

 

Similar Posts:

    None Found

2 thoughts on “Pesona Wisata Pulau Sumba Pulaunya Para Arwah

  1. Pingback: Pesona Wisata Pulau Sumba Pulaunya Para Arwah – Lontung Marsada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.