Wednesday , January 17 2018
Home / Wisata Lombok / Pesona Kupang / Pesona Wisata Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur

Pesona Wisata Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur

Pesona Wisata Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur

Pesona Wisata Pulau Komodo
Pesona Wisata Pulau Komodo

Pesona wisata. Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) terdiri atas tiga pulau besar yakni Flores, Sumba dan sebagian Pulau Timor serta pulau- pulau lain yang kecil seperti komodo. Kepulauan Alor dan Solor, Roti dan Sabu. Wilayah memiliki alam yang berbukit- bukit dengan iklimnya yang kering. Pesona wisata Pulau Flores, misalnya, merupakan wilayah vulkanis yang memiliki banyak daerah terjal, begitu juga Pulau Timor, dengan permukaan yang bergunung- gunung dan berbukit- bukit kapur yang terjal, membentang dari barat daya ke timur laut. Sebagian besar penduduk Provinsi NTT beragama Kristen Katholik, selebihnya beragama Protestan, Islam, Hindu, Budha. Mata pencaharian sebagian besar bercocok tanam.

Hampir setiap kabupaten di NTT memiliki adat, bahasa dan seni budaya mereka sendiri- sendiri. Penduduk yang berada di Pulau Timor, misalnya, memiliki bahasa yang lain dengan penduduk yang ada di sekitar Flores dan Sumba. Selain bahasa, adat pun memiliki corak ragam yang berbeda pula. Pesona wisata sebagian penduduk Flores di Kabupaten Ngada yang beragama Hindu memiliki susunan kasta yang jumlah dan tingkatannya sama seperti India.

Pesona Wisata Pulau Kanawa
Pesona Wisata Pulau Kanawa

Pesona Wisata Pulau Flores

Flores merupakan sebuah pulau yang indah dengan deretan pegunungan vulkanis dan kawasan pantainya yang memiliki keindahan terumbu karang dan taman lautnya. Flores memiliki masyarakat dengan kebudayaan lokal yang beraneka ragam dan juga kerajinan tenun ikat yang terkenal. Keindahan Flores telah mengundang banyak wisatawan manca Negara untuk datang ke Pulau ini. Flores merupakan salah satu wilayah yang paling rawan dengan gempa. Saat ini terdapat 14 gunung api aktif di Flores, jumlah ini hanya dapat disaingi oleh Sumatra dan Jawa.

Pesona Wisata Kalimutu
Pesona Wisata Kalimutu

Salah satu gunung api yang paling indah di Flores adalah Kalimutu yang terdapat di Flores tengah yang memiliki 3 kawah dengan tiga warna yang berbeda. Secara geologis, Flores adalah wilayah yang paling tidak stabil karena hamper setiap tahun terjadi gempa. Pada Bulan Desember 1992, gempa bumi berkekuatan 6,8 pada skala richter telah menimbulkan gelombang pasang yang menewaskan sekitar 3000 orang di Flores Timur dan meratakan Daerah Maumere. Pesona wisata bentuk permukaannya yang berbukit- bukit dengan banyak gunung ini menyebabkan pembangunan sarana transportasi jalan tidak Mudah dilakukan di Flores. Selain faktor gempa, hujan deras juga sering menimbulkan banjir dan longsor yang menyebabkan kerusakan jalan sehingga badan jalan harus sering diperbaiki.

Pesona Wisata Kota Labuanbajo

Labuanbajo adalah kota nelayan kecil yang berada di ujung Timur Pulau Flores dengan suasana kota yang cukup menyenangkan. Wilayah disekitar kota ini memiliki beberapa lokasi yang menarik khususnya bagi para wisatawan asing yang menyukai kegiatan air seperti snorkeling dan menikmati sinar matahari. Dilepas pantai di sekitar Labuanbajo ini terdapat bberapa pulau kecil dengan panorama yang indah dan pantainya yang berpasir putih serta cocok untuk kegiatan snorkeling. Panorama pelabuhan dikota ini diramaikan dengan kehadiran kapal-kapal nelayan bercadik sementara di kejauhan tampak pulau- pulau kecil berjejer, memberikan kesan seolah- olah kita berdiri di tepi danau besar.

Pesona Wisata Pulau Bidadari
Pesona Wisata Pulau Bidadari

Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai ( telp 41170 ) yang berada dijalan raya yang menuju ke bandara, dekat Kantor Telkom, menyediakan berbagai informasi tempat wisata bagi wisatawan. Kantor PHPA (telp 41066) yang mengelola Taman Nasionl Komodo memberikan informasi dan ijin bagi wisatawan yang berminat melakukan perjalanan wisata ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Kawasan lainnya di Flores barat. Beberapa pulau kecil disekitar Labuanbajo merupakan lokasi yang wisata yang menarik antara lain Pulau Bidadari yang dapat ditempuh selama setenagh hari dengan menumpang perahu motor dari Labuanbajo. Pulau ini memiliki kawasan perairan dengan airnya yang jernih erta aneka terumbu karang. Terdapat lokal penyelaman yang menarik diantara pulau Sabolo Besar dan Sabolo kecil.

Pesona Wisata Pantai Batugosok dan Weicucu di Sekitar Pulau Flores

Pesona Wisata Batu Cermin Flores
Pesona Wisata Batu Cermin Flores

Di timur laut Labuanbajo terdapat lokasi Pantai Batugosok dan Weicucu yang memiliki sarana akomodasi bagi para wisatawan. Pantai Waicucu memiliki pasir putih dimana terdapat sebuah pulau kecil (Pulau Kanawa) yang berhadapan dengan pantai ini. Pada ujung jalan yang melalui Pantai Waicucu terdapat pelabuhan perahu motor yang mengantarkan wisatawan ke pulau- pulau kecil di sekitar wilayah ini antara lain Pulau Bidadari, Kanawa dan Rinca. Pesona wisata lokasi wisata batu cermin yang terletak disekitar 4 Km dari Labuanbajo merupakan kawasan bukit karang yang memiliki sejumlah gua. Pengunjung harus membawa penerangan ketika memasuki gua yang memiliki ngarai ( canyon ) yang cukup mengesankan di dalamnya.

Bajawa dengan penduduk sekitar 15 ribu jiwa merupakan kota kecil yang berada dikawasan perbukitan yang merupakan kota utama masyarakat suku Ngada, salah satu masyarakat paling tradisional di Flores. Bajawa berada pada ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut dan dikelilingi oleh pegunungan vulkanis, salah satunya adalah Gunung Inere ( 2245 m).

Pulau Flores, Labuanbajo, Bajawa, Kanawa, Pulau Kanawa, Bidadari, Pulau bidadari, Pesona Wisata Flores, Gunung Inere, Pulau Rinca.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Pantai Waikelo

Pesona Wisata Pantai Rua Lokasi yang Pas Untuk Berenang

Pesona Wisata Pantai Rua Lokasi yang Pas Untuk Berenang Pesona wisata Kawasan perairan selatan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *