Pesona Wisata Provinsi Sumatera Utara

Pesona Wisata Sumatra Utara Danau Toba

Pesona Wisata Provinsi Sumatera Utara

Pesona Wisata Peta Sumatra Utara
Pesona Wisata Peta Sumatra Utara

Pesona wisata. Provinsi Sumatra Utara terletak di Pulau Sumatra dengan ibukotanya Medan dan memiliki luas wilayah mencapai 71.680 km, berbatasan dengan Aceh di Utara serta Sumatera Barat dan Riau di Selatan. Sumut memiliki penduduk lebih dari 11,8 juta jiwa, terdiri dari 18 kabupaten dan 7 kotamadya. Penduduk Sumut dapat dibagi dalam beberapa kelompok etnis yaitu Suku Batak yang terbagi lagi atas lima golongan dan mereka umumnya menetap di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir serta Suku Melayu yang kebanyakan menetap di sepanjang pantai Selat Malaka terdiri dari Suku Pesisir yang berada di kawasan sepanjang pantai Samudera Indonesia; dan Suku Nias yang berada di Pulau Nias. Masyarakat lainnya dari suku Jawa dan Tionghoa dengan kepercayaan, kesenian dan budaya yang berbeda-beda.

Pesona Wisata Sejarah Sumatra Utara

Nenek moyang orang batak diperkirakan berasal dari Thailand dan Burma yang terusir dari tanahnya oleh kedatangan orang-orang Mongolia dan Suku Siam. Dari Thailand dan Burma, nenek moyang orang Batak ini berimigrasi ke pulau Sumatera dan kawasan pegunungan di sekitar Danau Toba menjadi benteng alami bagi suku Batak dari intervensi dunia luar. Wilayah suku Batak di Sumatera Utara berbatasan langsung dengan dua wilayah Islam yaitu kerajaan Aceh di utara dan kerajaan Minangkabau di selatan. Orang Belanda yang datang ke Sumatera Utara memperkenalkan agama Kristen Protestan pada masyarakat Batak sehingga mayoritas orang Batak saat ini memeluk agama itu, sedangkan orang Batak yang beragama islam terdapat di wilayah Selatan.

Pesona Wisata Sumatra Utara Danau Toba
Pesona Wisata Sumatra Utara Danau Toba

Pada awal abad ke-16 para pedagang mancanegara banyak berdatangan ke Medan untuk mendapatkan hasil bumi yang diambil dari daerah pedalaman Sumatera utara, seperti rempah-rempah, kapur barus dan kemenyan yang banyak dibutuhkan pada masa itu. Penguasa daerah yang ada saat itu adalah Kerajaan Aru, kerajaan Melayu Islam yang terletak di Deli Tua,dekat kota Medan sekarang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Medan

Kerajaan Aru harus bersaing dengan tetangganya Kerajaan Aceh di utara dalam usaha mendapatkan hasil bumi yang dibawa dari pedalaman. Pada tahun 1536, orang-orang Aceh menyerang Kerajaan Aru. Pada awal abad ke-17, setelah berperang selama beberapa tahun, Kerajaan Aceh berhasil menaklukkan Kerajaan Aru yang kemudian menguasai pantai barat dan timur Sumatera hingga awal abad ke-19.

Pesona Wisata Sumatra Utara Pulau Samosir
Pesona Wisata Sumatra Utara Pulau Samosir

Setelah ditaklukkan oleh Kerajaan Aceh, di bekas wilayah kerajaan Melayu yang berada di pantai timur Sumatera Utara terdapat beberapa kesultanan Melayu yaitu Kesultanan Deli, Kesultanan Langkat, Kesultanan Serdang dan Kesultanan Asahan dengan wilayah kekuasaan yang terbatas. Kesultanan Deli menguasai wilayah mulai dari muara Sungai Deli hingga ke Deli Tua -termasuk wilayah Kota Medan sekarang- jarak kedua kawasan ini sebenarnya hanya sejauh tembakan meriam saja.

Kedatangan pedagang Inggris pada awal abad ke-19 ke wilayah ini telah menjadikan Kesultanan Deli sangat makmur. Awalnya, para pedagang Inggris ini meminta ijin Sultan Deli untuk membuka perkebunan tembakau di wilayahnya.

Pesona Wisata Kebun Tembakau Sumatra Utara
Pesona Wisata Kebun Tembakau Sumatra Utara

Keinginan membuka perkebunan tembakau ini didasarkan atas kenyataan bahwa tanah Deli merupakan tanah vulkanis yang sangat subur sangat cocok untuk perkebunan tembakau. Setelah mendapatkan konsesi nriaka dibukalah perkebunan tembakau di Deli. Daun tembakau yang dihasilkan perkebunan Deli ini kemudian menjadi sangat terkenal ke seluruh dunia sebagai bahan pembuat rokok cerutu. Kesultanan Deli kemudian berubah menjadi daerah yang makmur.

Hingga kini, perkebunan tetap menjadi primadona perekonomian provinsi. Perkebunan tersebut dikelola oleh perusahaan swasta maupun negara. Sumatera Utara menghasilkan karet, coklat, teh, kelapa sawit, kopi, cengkeh, kelapa, kayu manis, dan tembakau. Perkebunan tersebut tersebar di Deli Serdang, Langkat, Simalungun, Asahan, Labuhan Batu, dan Tapanuli Selatan. Komoditas tersebut telah diekspor ke berbagai negara dan memberikan sumbangan devisa yang sangat besar bagi Indonesia.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bengkulu
Pesona Wisata Kebun Jeruk Sumatra Utara
Pesona Wisata Kebun Jeruk Sumatra Utara

Selain komoditas perkebunan, Sumatera Utara juga dikenal sebagai penghasil komoditas holtikultura (sayur-mayur dan buah-buahan); misalnya Jeruk Medan, Jambu Deli, Sayur Kol, Tomat, Kentang, dan Wortel yang dihasilkan oleh Kabupaten Karo, Simalungun dan Tapanuli Utara. Produk holtikultura tersebut telah diekspor ke Malaysia dan Singapura.

Pesona Wisata Sumatra Utara, Tapanuli Sumtara Utara, Pesona Sumatra Utara, Wisata Sumatra Utara, Holtikultura, Sungai Deli, Kerajaan Aru, Jeruk Medan, Kabupaten Karo, Sejarah Sumatra Utara.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.