Tuesday , October 17 2017
Home / Wisata Sulawesi / Pesona Makasar / Pesona Wisata Perjuangan Sulawesi Selatan

Pesona Wisata Perjuangan Sulawesi Selatan

Pesona Wisata Perjuangan Sulawesi Selatan

Pesona Wisata Sulawesi Selatan
Pesona Wisata Sulawesi Selatan

Pesona Wisata. Sulawesi Selatan terletak di jazirah Selatan Pulau Sulawesi. Propinsi yang beribukota di Makassar ini secara administrative berbatasan dengan Sulawesi Tengah di sebelah utara dan sssebelah barat dengan Selat Makassar.

Di sebelah Timur berbatas dengan Teluk Bone dan di sebelah Selatan dengan Laut Flores. Luas wilayahnya 62.482.54 km2 berada di kawasan Timur Indonesia sehingga memungkinkan Sulawesi Selatan dapat berfungsi sebagai pusat pelayanan dan pintu gerbang internasional bagi kawasan ini.

Secara geografis Selat Sulawesi (Makassar0 dikenal sebagai daerah batas dari garis Wallace, mengisahkan dua satuan meargasatwa yang berbeda, yaitu bagian timur dan bagian barat Indonesia. Pesona Wisata. Jenis flora dan fauna dari pulau ini adalah spesifik seperti kayu ebony, babi, rusa, dan burung maleo yang berwarna warni dengan telurnya yang besar.

Penduduk Sulawesi Selatan terdiri atas empat suku bangsa utama. Suku bangsa Toraja terkenal mempunyai budaya spesifik, bernuansa religious tampak pada upacara-upacara kematian, rumah tradisional dengan atapnya melengkung, ukiran yang cantik dan warna yang alami. Pesona Wisata.

Pesona Wisata Suku Toraja
Pesona Wisata Suku Toraja

Suku bangsa Makassar, Bugis dan Mandar terkenal sebagai pelaut patriotic baik dimasa perang maupun dimasa damai. Dengan perahu layar tradisionalnya mengarungi lautan kepulauan Indonesia sampai kebagian utara Australia, beberapa pulau di Samuder Pasifik sampai kepantai Afrika.

Latar belakang geografis, prasejarah dan sejarah Sulawesi Selatan telah melahirkan unsure budaya yang menarik. Seseorang dapat menikmati, mengamati, dari pengalaman pada keunikan budayanya dan hanya ditemukan di daerah ini, termasuk didalamnya upacara-upacara, tarian-tarian, seni ukir, tenunan dari bahan benang kapas dan sutera serta pemandangan alam tropis yang sangat menakjubkan. Pesona Wisata.

Sebagian besar wilayah provinsi Sulawesi Selatan merupakan kawasan pegunungan yang subur menghijau. Di daerah ini terdapat berbagai keindahan alam seperti air terjun, danau dan gua yang merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pesona Wisata. Sulawesi Selatan memiliki tanah yang subur dimana tanaman perkebunan seperti kopi, kapas, dan tebu menjadi komoditi andalan daerah ini selain tanaman padi.

Menilik Sejarah Indonesia

Pesona Wisata Kerajaan Makassar
Pesona Wisata Kerajaan Makassar

Pesona Wisata. Sekitar 30.000 tahun silam pulau ini telah dihuni oleh manusia. Pertemuan tertua ditemukan di gua-gua dekat bukit kapur dekat Maros, sekitar 30 km sebelah Timur Laut dan Makassar sebagai ibukota provinsi Sulawesi Selatan.

Kemungkinan lapisan budaya yang tua berupa alat batu Peeble dan Flake telah dikumpulkan dari teras sungai di lembah Walanae, diantara Soppeng dan Sengkang, termasuk tulang-tulang babi raksasa dan gajah-gajah yang telah punah.

Selama masa perdagangan rempah-rempah, di abad ke -15 sampai ke-19 Sulawesi Selatan berperan sebagai pintu gerbang ke Kepulauan Maluku, tanah penghasil rempah. Kerjaan Boa dan Bone yang perkasa memainkan peranan penting didalam sejarah Kawasan Timur Indonesia dimasa lalu. Pesona Wisata.

Pada sekitar abadke-14 di Sulawesi selatan terdapat sejumlah kerajaan kecil, dua kerajaan yang menonjol ketika itu adalah kerjaan Gowa yang berada di sekitar Makassar dan kerajaan Bugis yang berada di Bone. Pada tahun 1530. Kerajaan Gowa mulai mengembangkan diri, dan pada pertengahan abad ke-16 Gowa menjadi pusat perdagangan terpenting di wilayah timur Indonesia.

Pesona Wisata Bone Masjid Watampone
Pesona Wisata Bone Masjid Watampone

Pesona Wisata. Pada tahun 1605, Raja Gowa memeluk agama islam serta menjadikan Gowa sebagai Kerajaan Islam, dan antara tahun 1608 dan 1611, Kerajaan Gowa menyerang dan menaklukkan kerajaan Bone sehinggga islam dapat tersebar ke seluruh wilayah Makassar dan Bugis.

Perusahaan dagang Belanda atau yang lebih dikenal dengan nama VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) yang datang ke wilayah ini pada abad ke-15 melihat kerajaan Gowa sebagai hambatan terhadap keinginan VOC untuk mengusai perdagangan rempah-rempah di daerah ini. Pesona Wisata. VOC kemudian bersekutu dengan seorang pangeran Bugis bernama Arung Palakka yang hidup dalam pengasingan setelah jatuhnya Bugis di bawah kekuasaan Gowa.

Belanda kemudian mensponsori Palakka kembali ke Bone, sekaligus menghidupkan perlawanan masyarakat Bone dan Sopeng untuk melawan kekuasaan Gowa. Setelah berperang selama setahun, Kerajaan Gowa berhasil dikalahkan. Dan Raja Gowa, Sultan Hasanuddin dipaksa untuk menandatangani perjanjian Bungaya yang sangat mengurangi kekuasaan Gowa. Selanjutnya Bone dibawah Palakka menjadi penguasa di Sulawesi Selatan. Pesona Wisata.

Persaingan antara kerajaan Bone dengan pemimpin Bugis lainnya mewarnai sejarah Sulawesi Selatan. Ratu Bone sempat muncul memimpin perlawanan menentang Belanda yang sangat itu sibuk menghadapi Perang Napoleon di daerah Eropa. Namun setelah usainya perang Napoleon, Belanda kembali ke Sulawesi Selatan dan membasmi pemberontakan Ratu Bone.

Namun perlawanan masyarakat Makassar dan Bugis terus berlanjut menentang kekuasaan colonial hingga tahun 1905-06. Pesona Wisata. Pada tahun 1905, Belanda juga berhasil menaklukan Tana Toraja, perlawanan di daerah ini terus berlanjut hingga awal tahun 1930-an.

Pesona Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Indonesia, Beautiful Indonesia, Sejarah Makassar, Makassar, Eksplor Indonesia, Sejarah, Wisata Sejarah, Pesona Wisata Sulawesi Selatan.

About PesonaWisata

Check Also

Wonderful Indonesia Kepulauan Banggai

Wonderful Indonesia di Toli-toli

Wonderful Indonesia di Toli-toli Wonderful Indonesia Di kabupaten tolitoli, sejumlah wisata alam juga menjadi daya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *