Pesona Wisata Pantai Waiterang

Pesona Wisata Larantuka

Pesona Wisata Pantai Waiterang

Pesona Wisata Pantai Waiterang
Pesona Wisata Pantai Waiterang

Pesona wisata. Sekitar 28 Km di timur Maumere, di dekat desa wodong terdapat pantai Waiterang yang cukup menarik serta cukup menyenangkan untuk bersantai beberapa saat di tempat ini.

Atraksi pantai di tempat ini antara lain beberapa lokasi penyelaman khususnya di dekat Pulau Besar serta lokasi penyelaman dan snorkeling di Pulau Pangabatang. Di kawasan di sekitar Wodong dan waiterang tersedia fasilitas akomodasi yang cukup lengkap.

Sekitar 10 Km di timur laut Wodong terdapat Nangahale yang merupakan desa yang cukup menarik karena masyarakat di sini adalah pembuat kapal tradisional. Jalan yang menuju ke Nangahale akan melalui Patiahu, 33 Km dari Maumere, yang merupakan kawasan pesona wisata pantai yang indah dengan pasirnya yang putih.

Pesona Wisata Pendakian Gunung Egon

Pesona Wisata Gunung Egon
Pesona Wisata Gunung Egon

Di barat laut Waiterang terdapat pesona wisata Gunung Egon (1703 m) yang merupakan gunung vulkanis yang mengeluarkan asap. Gunung ini dapat didaki dari Blidit dalam waktu kurang dari tiga jam. Blidit terletak 6 Km dari Waiterang dengan menumpang angkutan umum.

Gunung Egon adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Sikka, Pulau Flores,  provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki tinggi 1.703 meter dari permukaan laut. Egon kembali aktif pada 2006 setelah vakum selama 75 tahun. Egon tercatat meletus dahsyat pada 1925.

Pesona Wisata Di Ujung Timur Flores

Pesona wisata Larantuka adalah kota pelabuhan yang cukup sibuk yang terletak di ujung timur Flores yang dipisah selat sempit dengan Pulau Solor dan Pulau Adonara. Kota dengan penduduk sekitar 30 ribu jiwa ini terletak di kaki gunung Ili Mandiri yang merupakan gunung vulkanis. Pelabuhan Larantuka merupakan tempat keberangkatan kapal yang akan menuju ke Kepulauan Solor yang berada di Timur Flores dan kapal Feri yang akan menuju ke Kupang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kupang Pulau Kera
Pesona Wisata Larantuka
Pesona Wisata Larantuka

Walaupun letaknya agak terpencil dengan wilayah lain di Indonesia. Namun dalam sejarahnya Larantuka adalah salah satu tempat yang pertama kali didatangi para pedagang Eropa.

Tempat ini didatangai pedagang Portugis ketika mereka singgah dalam perjalan menuju ke Timor untuk mencari kayu cendana. Pada sekitar tahun 1575, pedagang Portugis membangun benteng di daerah ini dan lebih dari 20 lokasi pusat penyebaran agam Kristen oleh misionaris. Pesona wisata.

Bagian selatan kota Larantuka merupakan kawasan dimana dapat ditemuai sejumlah penginapan, perkantoran, dan terminal bis, sedangkan bagian utara kota merupakan kawasan pemukiman dan dermaga kapal ikan. Di Pasar Larantuka dapat ditemui penjual kain tenun ikat dari Lembata, Adonara dan Solor.

Pesona Wisata Religi Larantuka
Pesona Wisata Religi Larantuka

Pengaruh Katolik dan Portugis terasa masih sangat kuat di Larantuka. Di sini terdapat gereja besar atau cathedral dan rumah ibadah Kapela Tuan Maria yang memiliki ornament perunggu dan perak bergaya Portugis. Pada setiap hari Sabtu, peribadatan di Kapela ini dilaksanakan dalam bahasa Portugis. Pada setiap hari jum’at Agung dilakukan prosesi membawa patung Perawan Maria dari Kapela mengelilingi kota dengan nyanyian dalam bahasa latin.

Lokasi Menarik Sekitar Larantuka

Di sekitar pesona wisata Larantuka terdapat beberapa lokasi menarik yang dapat dikunjungi wisatawan antara lain sebuah pantai berpasir putih yang berada di Weri yang terletak sekitar 6 Km di utara Larantuka dan dapat dicapai dengan kendaraan umum dari terminal Larantuka.

Lokasi menarik lainnya di sekitar Larantuka adalah pesona wisata Mokantarak yang berada 10 Km dari Larantuka. Tempat ini merupakan desa adat dengan rumah- rumah tradisionalnya. Sementara di Lewoloba di dekat desa Oka kerap menggelar tarian tradisional untuk menyambut wisatawan yang berkunjung.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pantai Rua Lokasi yang Pas Untuk Berenang

Pulau-pulau Kecil yang Indah

Disebelah timur Pulau Flores terdapat rangkaian pesona wisata pulau- pulau kecil yang memiliki pemandangan indah serta kebudayaan yang unik. Tiga pulau terbesar di wilayah ini adalah Pulau Solor, Pulau Adonara dan Pulau Lembata yang kesemuanya dinamakan dengan sebutan Kepulauan Solor. Kepulauan ini dapat dicapai dengan transportasi laut dari Larantuka di Flores.

1. Pesona Wisata Kepulauan Solor

Pesona Wisata Lembata Di Pulau Solor
Pesona Wisata Lembata Di Pulau Solor

Pesona wisata Kepulauan Solor umumnya terdiri dari pulau- pulau vulkanis yang dipisahkan dengan berbagai selat sempit. Pada abad ke 16 pedagang Portugis pernah bermukim di Pulau Solor dan Andonara. Sementara Pulau Lembata memiliki keahlian berburu ikan paus.

Kota utama di pulau Solor adalah Rita- ebang yang dapat dicapai dengan kapal motor dari Larantuka yang berangkat etsetiap pukul 7 pagi. Selain itu, Pulau Solor juga dapat dicapai dari Waiwerang di Pulau Andonara dengan menumpang kapal motor menuju ke Menanga, Lahayong dan Lamakera. Pesona wisata.

Di dekat Menanga yang berada di kawasan pantai utara Solor terdapat sisa reruntuhan benteng Portugis, Sementara Lamakera yang berada di ujung timur laut Solor merupakan desa dimana penduduknya bekerja sebagai pemburu ikan paus. Kegiatan berburu ikan paus merupakan daya tarik tersendiri namun sayangnya pesona wisata Lamakera tidak memiliki fasilitas akomodasi apapun bagi wisatawan.

2. Pesona Wisata Pulau Adonara

Pesona Wisata Pantai Adonara
Pesona Wisata Pantai Adonara

Pesona wisata Waiwerang merupakan kota utama di pulau Adonara. Di tempat ini terdapat sejumlah pasar yang banyak dikunjungi orang dari berbagai desa di pulau ini dan juga dari solor. Sebagian desa-desa di Donara berda di kawasan perbukitan di bagian tengah pulau. Sejak ratusan tahun lau, suku-suku asli pulau ini kerap terlibat konflik yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan harta benda.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kupang Pantai Timor

3. Pesona Wisata Pulau Lembata

Pesona wisata Pulau lembata dikenal karena kegiatan penduduk berburu ikan paus khususnya di desa lamalera dan juga gunung api ili api yang terlihat dari lewoleba yang merupakan kota utama di pulau ini. Penduduk pulau ini menanam jagung, pisang, papaya, dan kelapa sedangkan sewbagian besar kebutuhan beras masih harus diimpor.

Lewoleba merupakan kota pemukiman terbesar di lembata dengan suasana yang cukup menyenangkan dan santai dengan latar belakang pemandangan gunung alp ili api. Kawasan pesona wisata pantai lewoleba merupakan tempat pemukiman orang bajo yang tinggal di rumah tiang di atas air. Sebagian orang bajo adalah penyelam mutiara. Wisatawan dapat mengikuti mereka ke laut dan memyaksikan mereka menyelam mencari mutiara.

Pesona Wisata Pelabuhan Lewoleba
Pesona Wisata Pelabuhan Lewoleba

Pulau Lembata, Pulau Adonara, Pulau Solor, Larantuka, Gunung Egon, Pantai Waiterang, NTT, Nusa Tenggara Timur, Pulau Flores, Terminal Larantuka

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *