Wednesday , September 20 2017
Home / Wisata Papua / Pesona Sorong / Pesona Wisata Pantai Mailan Makbon

Pesona Wisata Pantai Mailan Makbon

Pesona Wisata Pantai Mailan Makbon

Pesona wisata. Pantai Mailan Makbon yang berada di Distrik Makbon, yang mencakup tanjung dan pantai di Teluk Dore, dengan panorama pasir dan view ke laut lepas Samudera Pasifik, dan pada lokasi ini terdapat juga Tugu Injil.

Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon
Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon

Makbon adalah daerah terpencil di ujung utara Kabupaten Sorong. Sorong adalah salah satu wilayah penghasil minyak utama di Indonesia sehingga Kota Sorong pun dinamakan Kota Minyak di mana Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) melakukan aktivitas pengeboran minyak bumi di Sorong sejak tahun 1935. Kota Sorong juga merupakan kota industri, perdagangan dan jasa untuk kabupaten lain yang mempunyai sumber daya alam yang berlimpah. Sorong juga mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan perkembangan tersebut diantisipasi untuk tetap berlangsung ke depan seiring pembangunan jalan dan infrastruktur penghubung ke daerah penting di sekitar kepala burung. Pesona wisata.

Sektor unggulan Kota Sorong adalah jasa, pertanian dan perkebunan dengan kakao, kelapa dan cengkeh sebagai sub-sektor andalan. Sedangkan di kabupaten Sorong terdapat industri makanan, kayu, produk dari batubaru dan pengilangan minyak bumi. Sorong juga memiliki objek wisata bahari yang indah di antaranya : wisata pantai Mailan Makbon dengan view ke laut lepas Samudera Pasifik, wisata pulau UM dengan panorama pasir putih, terumbu karang, kelelawar dan burung camar, Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putih, dan objek wisata alam air panas.

Akses Menuju Pantai Mailan Makbon

Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon
Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon

Untuk mencapai lokasi Pesona wisata pantai Mailan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Ibu Kota Kabupaten Sorong. Makbon bagaikan mutiara tersembunyi yang belum diasah dengan pantai dan air laut yang bening.

Pantai Mailan Makbon ini berada di Desa Makbon yang berada di sebelah utara paling ujung kota Sorong, tepatnya di kawasan Distrik Sorong Utara, yang berjarak kurang lebih sekitar 52 kilometer dari pusat kota Sorong, jika anda menggunakan kendaraan pribadi mungkin hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam anda sudah bisa sampai di Desa Makbon ini.

Pesona Perjalanan Pantai Mailan Makbon

Suku Moi yang suka tersenyum dan ceria. Perjalanan melewati rimba belukar menambah tantangan perjalanan. Meskipun masih jarang yang tahu mengenai Pantai Mailan Makbon ini, tapi ternyata turis asing sudah  datang ke Makbon. Wisata Pantai Mailan Makbon, di Distrik Makbon, ini . mencakup tanjung dan pantai di Teluk Dore, dengan panorama pasir dan view ke laut lepas Samudera Pasifik, dan pada lokasi ini terdapat juga Tugu Injil. Pesona wisata.

Beberapa wisatawan asing datang ke Pantai ini untuk menyaksikan pemandangan langsung mengenai keindahann Mailan Makbon ini. Lautnya yanga biru dan jernih, terasa sangat menggoda setiap mata yang memandang, apalagi dari pesona wisata Pantai Mailan Makbon ini kita melihat langsung indahnya Samudera Pasifik yang membentang luas.

Wisata Pantai Mailan Makbon

Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon
Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon

Pesona wisata anda bisa mengunakan kendaraan apa saja untuk bisa sampai ke Pesona wisata Desa Makbon, mulai dari kendaraan pribadi, hingga menggunakan kendaraan umum seperti angkot (taksi) dan bus kota, atau anda bisa menyewa mobil di agensi-agensi yang menawarkan jasa penyewaan, untuk harga yang di tawarkan juga beragam, mulai dari Rp 400.000*) sampai dengan Rp 500.000*) per harinya, memang termasuk mahal, namun itu sudah termasuk harga dengan supirnya, jadi anda hanya perlu menyiapkan biaya bahan bakarnya saja.

Selain itu, anda bisa naik kendaraan umum seperti bus dan angkot dari pusat kota Sorong dengan tujuan ke Desa Makbon yang ada di bagian utara. Jalan untuk sampai ke Desa Makbon ini juga sangat bagus karena sejak desa ini telah di kembangkan menjadi desa wisata, seluruh jalan hingga ke dalam desa sudah di aspal. Meskipun desa ini memang agak terpencil dan jauh dari pusat kota Sorong, tetapi, tetap saja tempat ini ramai di gandrungi oleh wisatawan, apalagi saat liburan tiba.

Mancing di Pantai Mailan Makbon

Pantai Mailan Makbon ini merupakan Pantai yang cukup terkenal di kota Sorong, meski mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu akan Pantai Mailan Makbon, namun objek wisata yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan asing, keindahan alam yang ada di Pantai Mailan Makbon ini juga tidak kalah indahnya dari objek wisata lainnya. Pesona wisata

Pesona Wisata Sorong Asik Mancing di Pantai Mailan
Pesona Wisata Sorong Asik Mancing di Pantai Mailan

Lautnya yang biru dan jernih, terasa sangat menggoda setiap mata yang memandang, apalagi dari Pantai Mailan Makbon ini kita melihat langsung indahnya Samudera Pasifik yang membentang luas.

Meski cuaca disini memang agak panas, namun kehadiran pohon-pohon kelapa dan pohon cemara di sepanjang pesisir pantai, membuat cuaca panas tidak begitu terasa. Pasirnya yang putih juga sangat lembut di kaki. Pantai ini juga sangat bersih, hanya ada batu-batu koral besar saja yang ada di sepanjang tepi pantainya.

Pesona wisata. Disini juga disediakan beberapa gazebo yang bisa anda sewa dengan tarif Rp 75.000*) untuk seharian penuh, gazebo ini bisa anda gunakan untuk bersantai dan makan siang. Disini juga anda bisa menyewa boat untuk berkeliling pantai, atau bahkan menyeberang ke pulau um dengan tarif Rp 100.000*) untuk masing-masing boat.

Bagi anda yang gemar diving, Disekitar pantai ini juga terdapat spot-spot untuk menyelam, jadi bagi anda yang gemar menyelam atau diving, jangan lupa untuk membawa peralatan sendiri, karena untuk masalah penyewaan alat selam, belum ada di Pantai Mailan Makbon.

Selain itu, Pantai Mailan Makbon ini juga memiliki spot yang baik untuk memancing, karenanya banyak wisatawan yang datang ke Pantai ini membawa pancing sendiri-sendiri dan mereka mulai memancing dengan di sekitar Dermaga Pantai Mailan Makbon. Pesona wisata.

Selain jauh dari keramaian, Pantai Mailan Makbon ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah hingga mempesona setiap mata memandang, apalagi di dukung dengan keramahan penduduknya.

jangan lewatkan tempat menarik yang satu ini pada liburan anda kali ini, maka dari itu ajak juga keluarga dan teman-teman anda berlibur ke kota Sorong untuk bersenang-senang dan nikmati semua keindahan alam yang ada di kota ini.

Berikut Tips Menikmati Pesona Wisata Sorong Pantai Mailan Makbon

  1. Menyiapkan bekal makan siang sendiri saja, bisa beli nasi bungkus di luar misalnya, seperti kebanyakan pengunjung lainnya. Hal ini kerena letak restoran atau tempat makan sangat jauh dari area wisata Pantai Mailan Makbon.
  2. Jangan lupa untuk membawa sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca disini lumayan panas saat siang hari, meski memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Mailan Makbon ini.
  3. Jangan lupa untuk pergi ke Pasar Baru kota Sorong yang merupakan pusat perbelanjaan oleh-oleh terbesar di kota Sorong. Disana anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Papua dengan harga yang beragam tentunya mulai dari barang hingga makanan, bahkan anda juga bisa menawar hingga mendapatkan harga yang cocok.

Kunjungi wisata menarik lainnya di :

Sumber: www.wikipedia.org, http://www.sorongkab.go.id/, http://sorongkab.go.id, http://www.pasirpantai.com/papua/pantai-mailan-makbon-sorong-papua/

Indahnya Samudra Pasifik, Mailan Makbon, Mailan Makbon Sorong, Pantai Mailan Makbon, Pesona Wisata Pantai, Pesona Wisata Pantai Mailan Makbon, Samudra Pasifik, Teluk Tidore, Wisata Sorong

 

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Sorong Pantai Tanjung Kasuari

Pesona Wisata Sorong Pantai Tanjung Kasuari

Pesona Wisata Sorong Pantai Tanjung Kasuari Pesona wisata. Kota Sorong adalah sebuah kota di Provinsi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *