Pesona Wisata Palangkaraya Jembatan Kahayan

Pesona Wisata Palangkaraya Jembatan Kahayan

Pesona Wisata Palangkaraya Jembatan Kahayan

Pesona Wisata Palangkaraya Hutan Sungai Jembatan Kahayan
Pesona Wisata Palangkaraya Hutan Sungai Jembatan Kahayan

Pesona wisata. Jembatan Kahayan adalah pesona wisata jembatan yang membelah Sungai Kahayan di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter, terdiri dari 12 bentang dengan bentang khusus sepanjang 150 meter pada alur pelayaran sungai. Pesona wisata jembatan ini pertama kali dibangun pada tahun 1995 dan selesai dibangun pada tahun 2001, serta diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 13 Januari 2002. Jembatan Kahayan menghubungkan pusat Kota Palangkaraya dengan Kelurahan Pahandut Seberang dan tembus ke Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, dan lainnya.

Pesona Wisata Palangkaraya Jembatan Kahayan Saat Senja
Pesona Wisata Palangkaraya Jembatan Kahayan Saat Senja

Dengan kapal wisata susur sungai milik dinas wisata setempat. Namanya KM Lasang Teras Garu. Kapal yang beberapa bulan terakhir dimanfaatkan untuk membawa puluhan wisatawan menikmati pesona Sungai Kahayan.  Dengan hanya Rp 75 ribu , bisa membuktikan jika Sungai Kahayan sangat indah bila dinikmati dari atas kapal.

Rute pertama kapal adalah persimpangan antara Sungai Kahayan dan Sungai Rungan. Perjalanan sekitar 1 jam lebih. Jembatan Kahayan segera menyambut kapal . Kiri kanan sungai disuguhi pemandangan hutan tropis khas Kalimantan. Barisan rapat pepohonan hijau tersebut membentuk lanskap yang sedap dipandang. Sesekali berselisih dengan klotok kecil milik warga di sekitar Sungai Kahayan. Umumnya klotok-klotok tersebut digunakan warga untuk mencari ikan air tawar yang banyak di jumpai di Kahayan. Diantaranya ikan baung, ikan lais, ikan patin sungai, ikan tapah hingga jelawat yang terkenal lezat.

Pesona Wisata Jembatan Kahayan, Jembatan Kahayan, Wisata Palangkaraya, Pesona Wisata Palangkaraya, kota Palangkaraya, Pulau Pisau, Kapuas, Barito Utara, Pesona Wisata Palangkaraya Jembatan Kahayan, Kelurahan Pahandut.

Similar Posts:

    None Found
BACA JUGA :  Pesona Wisata Palangkaraya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *