Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu

Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu

Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu

Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu
Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu

Pesona wisata. Destinasi yang terletak di Kecamatan Damar ini berjarak 70 km dari bandara Hanandjoeddin. Pengunjung dapat menikmati pantai dengan batu-batuan alam besar dan kecil yang tersebar indah di sekitar pantai ini. Karena terletak di daerah perbukitan, untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus melewati sebuah bukit. Pengunjung harus membayar uang masuk untuk menikmati tempat wisata ini sebab lokasi ini dimiliki oleh pihak swasta. Pantai ini unik karena tidak punya pantai berpasir yang lebar tapi letaknya berdampingan dengan bukit. Terdapat anak tangga sepanjang sisi bukit yang bisa dilewati pengunjung.

Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu
Pesona Wisata Palangkaraya Bukit Batu

Pesona Wisata Palangkaraya Sejarah Bukit Batu

Bukit batu adalah tempat yang sangat tidak asing bagi warga Kalimantan Tengah, bukit ini sangat dikenal karena merupakan tempat BALAMPAH atau bertapanya Tjilik Riwut – salah satu pahlawan nasional dan pendiri propinsi ini. Disamping terkenal sebagai suatu tempat mistis, tempat ini juga menawarkan keindahan alam dan pesona hamparan batu alam yang tersusun apik. Berjarak 50 km dari kota Palangkaraya atau sekitar 2 jam perjalanan, akan memberikan suatu pengalaman spiritual dan sejarah buat kita Dahulu orang tua Tjilik Riwut yang bernama Riwut Dahiang menginginkan seorang anak laki-laki, maka ayahnya ini melakukan ritual BALAMPAH atau bertapa di bukit ini, memohon untuk diberikan seorang anak laki-laki sebab setiap anak laki-lakinya lahir selalu meninggal. Singkat cerita Riwut Dahiang memperoleh petunjuk bahwa ia akan memperoleh seorang anak laki-laki dan akan mengemban tugas khusus buat sukunya. Bahkan saat dari hasil balampah inilah Tjilik Riwut memperoleh wangsit untuk pergi ke Pulau Jawa, padahal pada zaman itu nyaris musthahil, karena untuk ke Banjarmasin saja sangat sukar.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Gunung Menumbing

Dari hasil berbicang dengan salah satu keluarga Datuk Tjilik Riwut, penulis mengetahui bahwa Bukit Batu dahulu merupakan tempat yang ditakuti karena keangkerannya, disana dahulu merupakan hutan belantara banyak pohon-pohon yang besar. Bahkan jika seseorang ingin melewati jalur bukit batu ini, maka orang itu akan mencari jalan lain menghindarinya karena konon banyak orang yang hilang jika melewati areal ini. Tidak sekarang, Bukit Batu sudah tidak dikelilingi hutan belantara dan terletak persis dipinggir jalan Tjilik Riwut di Kasongan.

 

Pesona Wisata Palangkaraya, Bukit Batu Palangkaraya, Sejarah Bukit Batu, Datuk Tjilik Riwut, Balampah, Pesona Wisata Bukit, Wisata di Kalimantan, Kota Palangkaraya, Riwut Dahiang, Pesona Wisata.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.