Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Sumatra / Pesona Padang / Pesona Wisata Padang

Pesona Wisata Padang

Menjelajahi Pesona Wisata Kota Padang

Pesona wisata Ibukota provinsi Sumatera Barat adalah Padang, kota terbesar ketiga di Sumatera yang menjadi pintu gerbang utama untuk memasuki ranah minang. Padang merupakan pusat perdagangan, pendidikan dan pemerintahan di Sumatera Barat.

Peta Wilayah Kota Padang Pesona Wisata
Peta Wilayah Kota Padang Pesona Wisata

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini memiliki wilayah seluas 694,96 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 mdpl. Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesona Wisata Kota Padang tahun 2014, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.000.096 jiwa. Padang merupakan kota inti dari pengembangan wilayah metropolitan Palapa.

Sejarah Kota Pesona Wisata Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan rantau Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Hari jadi kota ini ditetapkan pada 7 Agustus 1669, yang merupakan hari terjadinya pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan monopoli VOC. Selama penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

Pesona Wisata Rumah Gadang
Pesona Wisata Rumah Gadang

Kota Padang merupakan sentra perekonomian dengan jumlah pendapatan per kapita tertinggi di Sumatera Barat. Selain itu, kota ini menjadi pusat pendidikan dan kesehatan di wilayah Sumatera bagian tengah, ditopang dengan keberadaan sejumlah perguruan tinggi dan fasilitas kesehatan. Sebagai kota seni dan budaya, Pesona Wisata Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan Sitti Nurbaya, dan setiap tahunnya menyelenggarakan berbagai festival untuk menunjang sektor kepariwisataan. Di kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya diasosiasikan dengan etnis Minangkabau dan masakan khas mereka yang umumnya dikenal sebagai masakan Padang

Hampir seluruh bangunan pemerintah di Padang dibangun dengan arsitektur rumah adat minang, dengan atap seperti tanduk kerbau yang menjadi ciri khas kota ini. Pesona Wisata Kota Padang merupakan kota tujuan wisata yang memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sebuah resort hotel juga tersedia di Pulau Sikuai dengan fasilitas modern yang dapat dicapai sekitar 50 menit dari kota Padang.

Kampung Cina Salah Satu Pesona Wisata Padang

Pesona Wisata Kampung Cina
Pesona Wisata Kampung Cina

kawasan Kota tua/kampung Cina di Kota Padang adalah tempat wisata yang sesuai bagi Anda, karena di lokasi ini Anda dapat menyaksikan bangunan-bangunan tua bekas peninggalan Belanda sekaligus kelenteng kuno Shie Hin Kiong yang dibangun pada abad ke 19. Berjalan-jalan di sepanjang kawasan ini kita seolah-olah kembali ke masa lalu saat pemerintah Belanda masih menjajah tanah air dan menguasai kota-kota di Sumatera Barat yaitu Bukittinggi dan Padang.

Lokasi wisata ini terletak di tepi Sungai Batang Arau, yaitu sungai yang mengalir di Kota Padang dan bermuara di dekat lereng Gunung Padang. membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit dengan berkendara untuk menuju destinasi Pesona wisata yang letaknya 2 km dari pusat kota ini. Selain melihat-lihat kota tua dan kelenteng di kampung Cina, di tempat ini juga bisa menyaksikan jembatan Sitti Nurbaya yang namanya diambil dari karya sastra fenomenal Marah Roesli.

Lubuak Nyarai Pesona Wisata Padang

Pesona Wisata Lubuak Nyarai
Pesona Wisata Lubuak Nyarai

Lubuak Nyarai adalah Pesona wisata alam yang belum banyak dikenal oleh publik. Terletak di Korong Koto Buruak, Nagari Lubuak Aluang, Kecamatan Lubuak Aluang. Jarak dari pusat Kecamatan Lubuak Aluang ke lokasi sekitar 6 Km. Akses ke lokasi ini hanya bisa dilewati dengan jalan kaki atau transportasi kuda beban. Objek wisata ini berupa lubuk dengan air yang jernih dan dingin. Terletak jauh dari keramaian lalu lintas. Cocok sekali didatangi dengan hiking kemudian berkemah di lokasi ini.

Masjid Lubuak Bareh

Masjid Lubuak Bareh adalah masjid tertua ketiga yang didirikan atas prakarsa Syekh Burhanuddin. Dua masjid yang lain adalah Masjid Syekh Burhanuddin di Ulakan dan Masjid Baitul Makmur di Kapalo Koto, Balai Basuo Nan Sabaris. Pesona Wisata Masjid Lubuak Bareh yang berada di Korong Kampuang Bendang Nagari Sungai Sariak Kecamatan VII Koto didirikan pada tahun 1727 M dengan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Syekh Burhanuddin sendiri.

Masjid Lubuak Bareh Pesona Wisata
Masjid Lubuak Bareh Pesona Wisata

Karena umur masjid ini melebihi 50 tahun (284 tahun) maka sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1992 tentang Pesona Wisata Cagar Budaya Bangunan, masjid ini termasuk Benda Cagar Budaya (BCB) yang menjadi tanggung jawab pemerintah mulai dari pusat sampai daerah pemeliharaannya maupun kelestarian keberadaannya. Gempa Bumi 30 September 2009 yang telah meluluhlantakkan Kabupaten Padang Pariaman juga membuat masjid ini mengalami kerusakan hampir 50% dari bangunan yang ada. Untuk segera merehabilitasi masjid ini dengan hanya mengandalkan dana APBD Padang Pariaman tentulah sulit. Sehingga perlu dicarikan donatur-donatur baik dalam maupun luar negeri.

Berkat kepedulian Prince Cluas Fund (PCF) bersama Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) masjid ini akhirnya mendapat sentuhan perbaikan walaupun belum 100% sempurna. Setidaknya sudah dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat akan sarana peribadatan. Dengan dihadiri oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bapak Muslim Kasim, masjid ini diresmikan penggunaannya kembali pada hari Rabu 5 Oktober 2011. Pesona Wisata Peresmian ini dihadiri juga oleh rombongan PCF dan BPPI. Dari BPPI langsung dihadiri oleh Ketua Badan Pelaksana BPPI, I Gede Ardika dan Catrini Pratihari Kubontubuh, Direktur Eksekutif BPPI serta bapak Amran Nur, Walikota Sawahlunto yang juga Ketua Umum Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Pantai Muaro Gasan Lestari

Pesona Wisata Pantai Muaro Gasan Lestari
Pesona Wisata Pantai Muaro Gasan Lestari

Pantai ini terasa sangat indah sekali bila kita kunjungi lebih dekat, hanya berjarak ±200 meter dan jalan utama Pariaman – Lubuk Basung. Kawasan pantai ini sudah ditumbuhi Kayu Pinus Laut dan Cemara, pasir putih bersih genangan air muara, yang dapat dimanfaatkan untuk kereta air dan aktifitas lainnya. Pesona Wisata Lautnya yang punya beberapa batu karang seperti Karang Gabuo, Karang Tete, Karang Panyue dan karang lain yang menyimpan komoditi ekspor seperti udang, kelong, udang lobster, dan ikan ekspor lainnya. Karang Gabuo berjarak dari pinggir pantai hanya ±200 meter bisa di manfaatkan untuk wisata bahari dengan kegiatan utamanya memancing.

Makam Syekh Burhanuddin

Pesona Wisata Berziarah ke makam Syeh Burhanudin
Pesona Wisata Berziarah ke makam Syeh Burhanudin

Syekh Burhanuddin dikenal sebagai penyebar agama di Minangkabau pada abad ke-17. Beliau memiliki pengetahuan yang mendalam tentang agama Islam dan juga dipercayai memiliki kekuatan supranatural.
Meninggalnya Syekh Burhanuddin pada tanggal 10 Syafar tidaklah membuat kharisma beliau tertelan oleh bumi. Hal ini terbukti sampai saat ini makam beliau masih dikunjungi oleh peziarah. Bangunan makam tersebut bercirikan arsitektur masjid pada abad ke-16. Dapat ditemui di Kecamatan Ulakan Tapakis 12 kilometer dari Pariaman. Suasana religius sangat terasa disekeliling makam tersebut.Pesona Wisata

Sumber : (http://www.padangpariamankab.go.id/) (http://www.sumbarprov.go.id/) (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Padang)

=> Artikel Menarik Lainnya <=

Pesona Wisata Padang Museum Adityawarman

Pesona Wisata Padang Pantai Air Manis

Pesona Wisata Padang Miniatur Mekah

Pesona Wisata Padang Pantai Nirwana

Pesona Wisata Padang Lembah Anai

Pesona Wisata Padang, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Wisata Sumatera Barat, Pesona Wisata Kuburan Cina, Pesona Wisata Kampung Muara, Pesona Wisata Kampung Cina, Pesona Sumatera Barat, Wisata Indonesia, Pesona Indonesia

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Bengkulu Utara

Pesona Wisata Bengkulu Utara Pesona wisata. Di wilayah Bengkulu Utara terdapat jalur jalan menyusuri pantai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *