Pesona Wisata Muntok

Pesona Wisata Muntok

Pesona Wisata Muntok

Pesona Wisata Muntok
Pesona Wisata Muntok

Pesona wisata. Umumnya wisatawan yang datang ke Muntok adalah untuk singgah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Pangkalpinang. Mereka yang datang dari Palembang dengan menumpang kapal akan mendarat di Muntok yang berada tepat di depan muara Sungai Musi. Di Muntok inilah pertama kali tambang timah dibuka. Muntok merupakan ibukota pertama Bangka sebelum dipindahkan ke Pangkalpinang pada tahun 1913 oleh pemerintah kolonial Belanda. Di kawasan pelabuhan Muntok, di dekat sebuah pabrik peleburan timah, terdapat sebuah benteng yang memiliki mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Inggris ketika Gubernur Jenderal Raffles berkuasa di Jawa (1812-1817). Selama Perang Dunia ke-2, tentara Jepang menggunakan benteng ini untuk memenjarakan tentara sekutu yang tertangkap dan banyak tentara sekutu yang tewas di benteng ini.

Pesona Wisata Muntok
Pesona Wisata Muntok

Di dekat mercusuar ini juga terdapat tugu peringatan untuk mengenang 22 perawat asal Australia yang tewas ditembak Jepang selama Perang Dunia ke-2. Para perawat itu terdampar di Muntok setelah kapal yang mereka tumpangi SS Vyner Brooke tenggelam di perairan Bangka dalam perjalanan menuju Singapura. Di Mentok terdapat sebuah masjid tua bergaya tradisional Palembang yang dibangun pada pertengahan abad ke-19. Masjid ini terletak berdekatan dengan sebuah klenteng Cina yang kemungkinan dibangun pada tahun 1830-an. Lokasi masjid dan klenteng yang sangat berdekatan ini menjadi simbol dari toleransi agama yang sangat kuat di daerah ini.

Pesona Wisata Muntok
Pesona Wisata Muntok

Rumah walikota di Mentok merupakan rumah mewah tua peninggalan orang kaya Cina bernama Tjoeng. Rumah ini memiliki tiang-tiang besar di terasnya dilengkapi dengan berbagai perabotan di bagian interiornya yang menggambarkan kekayaan pemiliknya pada masa lalu. Di sebuah bukit bernama Menumbing (445 m) terdapat rumah yang pernah ditempati Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta serta para pemimpin nasional lainnya selama sekitar lima bulan ketika mereka dibuang ke Bangka pada tahun 1949. Rumah yang dinamakan Wisna Ranggam ini dibangun tahun 1932 oleh Belanda. Utusan negara-negara asing juga pernah berkunjung ke wisma untuk berunding.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Mataram Kota Tua Ampenan
Muntok, Pesona Wisata Muntok, Muara Sungai Musi, Perairan Bangka, Pangkal Pinang, Sungai Musi, Pesona Wisata Sungai Musi, Ibu Kota Bangka, Mercusuar.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.