Pesona Wisata Muara Jambi

Pesona Wisata Muara Jambi

Pesona Wisata Muara Jambi

Pesona wisata. Di Muara Jambi terdapat sebuah kompleks candi besar yang dulunya diperkirakan sebagai kota Jambi tua, ibukota kerajaan Melayu tua yang pernah mencapai puncak kejayaan pada sekitar 10 abad yang lalu. Kompleks candi ini merupakan peninggalan kebudayaan dari zaman Hindu dan Budha yang paling penting dan kompleks peninggalan sejarah (arkeologis) yang terbesar di Sumatera.

Pesona Wisata Muara Jambi
Pesona Wisata Muara Jambi

Sebagian besar candi-candi yang terdapat di tempat ini berasal dari abad ke-9 hingga 13, ketika kekuasaan Jambi mencapai puncaknya. Tempat ini kemudian diserang dan dihancurkan pada tahun 1377, para penyerangnya diperkirakan pasukan dari Birma (Siam) karena di tempat ini pernah ditemukan benda-benda yang berasal dari Birma seperti patung-patung Budha dari perunggu dan batu. Selama berabad-abad lokasi ini sempat tertutup semak belukar di tengah hutan dan dilupakan orang, hingga kemudian ditemukan kembali pada tahun 1920 oleh suatu ekspedisi militer dari Inggris yang dikirim untuk mempelajari wilayah tersebut. Pesona wisata.

Kompleks candi Muara Jambi ini berada di suatu wilayah seluas 12 Km2 yang membentang sepanjang lebih dari 7 Km di tepi Sungai Batang Hari. Di kompleks ini terdapat delapan candi besar yang berada di tengah areal yang dikelilingi tembok. Tiga dari candi ini telah dipugar sesuai dengan bentuk aslinya. Sebagian dari candi-candi besar didampingi oleh sejumlah candi kecil yang disebut candi perwara. Di kawasan kompleks juga terdapat gundukan batu-batu yang disebut menapo yang merupakan sisa-sisa dari bangunan yang pernah berdiri di tempat itu. Bangunan yang pernah berdiri itu kemungkinan adalah tempat tinggal pendeta atau petinggi kerajaan. Pesona wisata.

Pesona Wisata Muara Jambi
Pesona Wisata Muara Jambi
Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Jambi, Pesona Wisata Muara Jambi, Wisata Indonesia, Pesona Wisata Kota Jambi, Inggris, Melayu, Sumatera, Pesona Wisata, Wisata Indonesia

Similar Posts:

    None Found
BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Pasir Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *