Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Sumatra / Pesona Jambi / Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun

Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun

Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun

Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun
Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun

Pesona Wisata Medan. Di dekat Istana Maimun, melewati rel kereta api ke arah timur, di persimpangan antara Jl Mesjid Raya dan Jl Sisingamangaraja terdapat Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun yang gagah dengan kubah-kubah berwarna hitam. Inilah masjid yang sangat unik, indah, megah dan tiada duanya di Indonesia. Dulunya, masjid ini dibangun menjadi satu bagian dengan kompleks istana Maimun. Kini, antara masjid dan Istana Maimun ada Jalan Brigjen Katamso yang merupakan salah satu jalan protokol di Medan.

Pesona wisata religi masjid raya ini memiliki banyak pilar yang melengkung di bagian atasnya dengan bentuk yang mengesankan. Di bangun dengan gaya arsitektur campuran yang mengandung unsur TimurTengah, India dan Spanyol. Bentuk masjid berupa sebuah bangunan utama dengan empat bangunan sayap.

Pesona Wisata Medan Atap Segi Delapan Istana Maimun
Pesona Wisata Medan Atap Segi Delapan Masjid Al Mashun

Pesona Wisata Religi Ciri Khas Masjid Raya Medan

Bangunan utama berbentuk segi delapan (octagonal). Empat bangunan sayapnya menempel di bagian selatan, timur, utara dan barat. Keseluruhan bangunan ini memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi. Kubah masjid berbentuk segi delapan dan agak gepeng. Jumlah kubahnya lima. Satu kubah utama yang ukurannya lebih besar terdapat di tengah, diatas bangunan utama.

Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun
Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun

Pembangunan masjid ini dimulai oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada tanggal 21 Agustus tahun 1906. Bahan bangunan masjid berupa marmer dan keramik didatangkan dari Italia. Beberapa perlengkapan lainnya, misalnya jam dan lampu didatangkan dari Jerman. Masjid ini selesai dibangun tiga tahun kemudian (10 September 1909) dimana untuk pertama kalinya masjid ini digunakan sembahyang Jum’at oleh Sultan Deli dan rakyatnya.

Dari awal pembangunannya hingga sekarang, masjid ini belum pernah dipugar atau diperluas. Hanya ada penambahan bangunan yaitu tempat wudhu wanita yang dibangun tahun 1980. Di dekat masjid terdapat makam keluarga kerajaan. Dari kompleks masjid ini kita dapat melihat menara air Medan yang tinggi yang telah menjadi simbol dari Kota Medan.

Masjid Raya Medan, Masjid Al Mashun, Pesona Wisata Religi Medan, Wisata Religi Medan, Sejarah mesjid Raya Medan, Pesona Wisata Kota Medan, Pesona Wisata Arsitektur Mesjid, Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, Kota Medan, Mesjid Medan.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Bengkulu Utara

Pesona Wisata Bengkulu Utara Pesona wisata. Di wilayah Bengkulu Utara terdapat jalur jalan menyusuri pantai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *