Pesona Wisata Mataram Kota Tua Ampenan

Pesona Wisata Mataram Jalan raya antara Ampenan dan Mataram pada tahun 1925

Pesona Wisata Mataram Kota Tua Ampenan

Pesona Wisata Ampenan adalah sebuah kecamatan di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Daerah ini dahulunya merupakan pusat kota di Pulau Lombok. Di sebelah barat berbatasan dengan Selat Lombok (laut yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali). Di kecamatan ini terdapat peninggalan kota tua karena dahulunya merupakan pelabuhan utama daerah Lombok.

Pesona Wisata Mataram Jalan raya antara Ampenan dan Mataram pada tahun 1925
Pesona Wisata Mataram Jalan raya antara Ampenan dan Mataram pada tahun 1925

Terdapat banyak kampung yang merupakan perwujudan dari berbagai suku bangsa di Indonesia diantaranya Kampung Tionghoa, Kampung Bugis, Kampung Melayu, Kampung Banjar, Kampung Arab, Kampung Bali dll, sehingga masyarakat yang ada di sini bersifat heterogen dan rukun. Tempat Pesona Wisata di Kota Mataram selanjutnya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ialah kawasan Kota Tua Ampenan. Terletak di perbatasan selat Lombok—selat yang memisahkan Pulau Lombok dan Pulau Bali, Kota Tua Ampenan merupakan daerah dermaga yang didominasi oleh pemandangan bangunan-bangunan tua peninggalan dari masa kolonial Belanda.

Dahulunya Pelabuhan Ampenan menjadi pusat perdagangan paling penting di Lombok, namun sejak tahun 1970 dermaga ini mulai sepi dari aktivitas perdagangan dan harus ditutup akibat gelombang laut Selat Lombok yang besar. Alih-alih sepenuhnya ditelantarkan, Pemerintah Kota Mataram justru merawat bekas Pelabuhan Ampenan ini menjadi lokasi Pesona Wisata untuk menarik wisatawan. Hal ini membuat Kota Tua Ampenan resmi menjadi salah satu dari 43 kota dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada bulan Juni tahun 2013 lalu.

Pesona Wisata Mataram Suasana Malam di Kota Tua Ampenan
Pesona Wisata Mataram Suasana Malam di Kota Tua Ampenan

Bangunan-bangunan di Kota Tua Ampenan dalam hal ini tidak hanya indah untuk dikagumi dan dijadikan latar belakang untuk foto-foto. Beberapa bangunan dimanfaatkan oleh warga sebagai gudang, toko dan tempat makan. Oleh karena itu tidak perlu kelaparan karena Anda bisa sekaligus wisata kuliner di warung-warung pedagang sekitar kawasan Kota Tua Ampenan. Selain itu, Anda bisa pula mengunjungi Pesona Wisata Pantai Ampenan yang termasuk dalam kompleks bekas kota pelabuhan ini sejak melalui penataan oleh Pemkot setempat.

BACA JUGA :  Tamasya Ke Pulau Rottnest

Meski Pantai Ampenan tidak menyajikan wisata bawah laut yang cukup indah untuk snorkeling, namun pantai ini cukup menyenangkan untuk berenang, main air dan pasir serta menikmati sunrise dan sunset. Selain itu karena gelombangnya yang cukup menantang, Pulau Ampenan—tepatnya di muara Sungai Jangkok—dapat menjadi lokasi yang cocok untuk melakukan surfing di bulan-bulan tertentu.Pesona Wisata.

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Mataram.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *