Pesona Wisata, Masjid Istiqlal

Pesona Wisata, Masjid Istiqlal

Pesona Wisata Jakarta Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Pesona Wisata. Masjid di Jakarta serta terbesar di Indonesia, dengan daya tampung 100.000 orang. Masjid Istiqlal mempunyai arti “Merdeka”, yang melambangkan kemerdekaan dan kejayaan bangsa Indonesia. Dibangun di atas puing benteng Belanda seluas 9,9 ha, yang ide pembangunannya dicetuskan oleh KH Wahid Hasyim dan H. Anwar Cokroaminoto bersama dengan tokoh lainnya pada tahun 1950. Disai gambar dengan judul “Ketuhanan” karya arsitek F. Silaban (arsitek beragama Protestan) menang dalam sayembara maket masjid Istiqlal melalui surat kabar dan media massa lainnya.

Pembuatannya direncanakan sejak 1954. Pemancangan pembangunan masjid Istiqlal dilakukan oleh Soekarno tanggal 24 Agustus 1961. Dalam pembangunannya sempat terhenti karena adanya krisis ekonomi dan pemberontakan G 30 S PKI. Pesona Wisata. Tanggal 22 Februari 1978, Soeharto meresmikan Masjid Istiqlal. Sejak diresmikan pengeloaan dan pemanfaatannya semakin meningkat. Badan Pengelola Masjid Istiqlal ditentukan dan bertanggung jawab kepada Presiden; Dan diketuai Menteri Agama dan dibantu anggota-anggota yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Menteri Agama.

Pesona Wisata Jakarta Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Tampak Dalam

Kegiatan Masjid Istiqlal selain sebagai tempat peribadatan juga di bidang sosial, informasi, dakwah-dakwah, pendidikan serta kegiatan kemasyarakatan. Pesona Wisata. Hampir semua tamu negara sahabat yang beragama Islam mengunjungi dan berjamaah di masjid ini.

Bangunan itu terdiri atas: 1) Gedung Induk (Luas 1 Ha) bertingkat 5 dengan 12 tiang besar dan tinggi di dalamnya, kubah bergaris tengah 45 m, yang bagian luarnya terbuat dari keramik tahan api dari Jerman; di pucuknya dipasang bulan bintang yang bergaris tengah 3 m; bagian dalam kubah yang cekung berwarna abu-abu hitam dengan ornamen yang dingin. 2) Gedung Pendahuluan yang bergaya Arab, dengan tangga-tangga ke segala tingkat dan memberikan karakter khas Islam.

Pesona Wisata Jakarta Masjid Istiqlal-

Masjid Istiqlal Sebagai Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Di dalamnya terdapat bedug dari kayu meranti berusia 300 tahun, berukuran 3 x 2 m dengan berat 2,30 ton, digantungkan pada cagak setinggi 3,8 m.Pesona Wisata Indonesia. Lantai untuk azan berada pada ketinggian 66,6 m. Masjid itu memiliki halaman yang cukup luas, dilengkapi kolam %ha dengan air mancur di tengahnya, dan sebuah sungai mengalir lewat seluruh sisi bangunan.Pesona Wisata.

You can download all 4 of Pesona Wisata, Masjid Istiqlal picture to your computer by right clicking photo and then save image as. Do not forget to click share if you interest with this image. Tags: