Wednesday , January 17 2018
Home / Wisata Sulawesi / Pesona Makasar / Pesona Wisata Makasar Benteng Fort Rotterdam

Pesona Wisata Makasar Benteng Fort Rotterdam

Pesona Wisata Makasar Benteng Fort Rotterdam

Pesona Wisata Makasar. Benteng Fort Rotterdam merupakan salah satu benteng di Sulawesi Selatan yang megah dan menawan. Seorang wartawan New York Times, Barbara Crossette pernah menggambarkan benteng ini sebagai “the best preserved Dutch fort in Asia”. Pada awalnya benteng ini disebut Benteng Jumpandang (Ujung Pandang).

Pesona Wisata Makasar Fort Rotterdam
Pesona Wisata Makasar Fort Rotterdam

Benteng pesona wisata ini awalnya dibangun tahun 1545 oleh raja Gowa ke X yakni Tunipallangga Ulaweng. Bentuknya yang unik layaknya seekor penyu membuat benteng ini populer dengan sebutan Benteng Panyyua oleh masyarakat setempat.

Bahan baku awal benteng adalah tembok batu yang dicampur dengan tanah liat yang dibakar hingga kering. Bangunan didalamnya diisi oleh rumah panggung khas Gowa dimana raja dan keluarga menetap didalamnya. Ketika berpindah pada masa raja Gowa ke XIV, tembok benteng lantas diganti dengan batu padas yang berwarna hitam keras.

Pesona Wisata Makasar Benteng Fort Rotterdam
Pesona Wisata Makasar Benteng Fort Rotterdam

Pesona wisata, saat Belanda datang ke tanah Makassar, pecahlah perang antara Sultan Hasanuddin yang ada di dalam benteng dengan penguasa Belanda, Cornelis Speelman pada tahun 1666. Selama setahun, Benteng Ujung Pandang digempur Belanda hingga akhirnya pasukan Sultan Hasanuddin kalah dan harus menyerahkan benteng kepada Belanda.

Pesona Wisata Makasar Fort Rotterdam di Ujung Pandang
Pesona Wisata Makasar Fort Rotterdam di Ujung Pandang

Pada masa Kolonial Belanda, Benteng Ujung Pandang dibangun kembali dan ditata sesuai dengan arsitektur Belanda. Sejak saat itu, nama benteng pun berubah menjadi Fort Rotterdam yang tidak lain merupakan daerah kelahiran Cornelis Speelman di Belanda. Pada masa ini, benteng dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan penampungan rempah-rempah Belanda di Indonesia. Pesona wisata.

Pesona Wisata Makasar Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro

Pesona Wisata Makasar Ruang Tahanan Diponegoro
Pesona Wisata Makasar Ruang Tahanan Diponegoro

Salah satu obyek wisata yang terkenal di Fort Rotterdam adalah ruang tahanan sempit Pangeran Diponegoro saat dibuang oleh Belanda sejak tertangkap ditanah Jawa. Pesona wisata, perang Diponegoro yg berkobar diantara tahun 1825-1830 berakhir dengan dijebaknya Pangeran Diponegoro oleh Belanda saat mengikuti perundingan damai. Diponegoro kemudian ditangkap dan dibuang ke Menado, lantas tahun 1834 ia dipindahkan ke Fort Rotterdam. Dia seorang diri ditempatkan didalam sebuah sel penjara yang berdinding melengkung dan amat kokoh.

Pesona wisata, benteng Ujung Pandang memang memiliki keunikan tersendiri. Sebagai bangunan sejarah, benteng ini merupakan bukti nyata kisah panjang masa kolonialisme yang pernah ada di bumi nusantara. Selain itu, benteng ini juga menjadi saksi bisu sejarah panjang kota Makassar.

Pesona Wisata Makasar Pintu Tahanan Ruang Tahanan Diponegoro
Pesona Wisata Makasar Pintu Tahanan Ruang Tahanan Diponegoro
Pesona Wisata Makasar, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Sulawesi, Pesona Benteng, Wisata Benteng Fort Rotterdam, Wisata benteng Unjung Pandang, Wisata Menado, Wisata Kota Makasar, Wisata Sejarah, Pesona Diponegoro

About PesonaWisata

Check Also

Wonderful Indonesia Kepulauan Banggai

Wonderful Indonesia di Toli-toli

Wonderful Indonesia di Toli-toli Wonderful Indonesia Di kabupaten tolitoli, sejumlah wisata alam juga menjadi daya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *