Pesona Wisata Kota Palu, Sulawesi Tengah

Pesona Wisata Kota Palu, Sulawesi Tengah

Pesoa Wisata Kota Palu

Pesona Wisata Kota Palu

Pesona Wisata Kota Palu

Pesona Wisata Kota Palu adalah ibu kota provinsi Sulawesi tengah yang secara geografis terletak dibagian utara wilayah ini. Kota yang jarang hujan ini dikenal sebagai salah satu kota terkering di Indonesia dengan udara yang panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari. Dalam sejarahnya, palu pernah diduduki tentara jepang dalam perang dunia ke-2. Pada umumnya wisatawan singgah ke palu karena ingin trekking ke Taman Nasional Lore Rindu yang berada di selatan palu atau tanjung karang yang berada di utara.

Kantor pariwisata Pesona Wisata Palu di jalan raya Moili (21795) memberikan informasi dan menyediakan berbagai brosur wisata dan peta kota palu. Wisatawan juga akan mendapatkan informasi yang berguna mengenai Taman Nasional Lore Rindu di kawasan Jl Tanjung Manimbayan. Tempat ini mengeluarkan surat ijin bagi wisatawan yang akan masuk ke taman nasional. Jika berada di Palu mungkin anda dapat mengunjungi Museum Negri Provinsi Sulawesi Tengah yang menyimpan sekitar 7000 koleksi. Sebagian koleksi ditata dalam dua gedung pameran tetap dan sebagian lainnya tesimpan dalam gedung penyimpanan koleksi.

Pesona Wisata Banua Sou Raja

Pesona Wisata Banua Sou Raja

Dalam gedung pameran bisa disaksikan aneka kebudayaan dari 12 etnis seperti upacara daur hidup, pembuatan kain tenun donggala, meramu sagu dan dan pembuatan kain kulit kayu. Rumah tradisional Banua Sou Raja juga tempat yang perlu dikunjungi. Pesona Wisata Rumah Raja atau Sou Raja ini juga disebut Banua Mbaso yang berarti rumah besar. Rumah berbentuk panggung ini merupakan warisan nenek moyang keluarga bangsawan dari Suku Kaili. Di dalam Kota Palu, Sou Raja bisa ditemukan di Kampong Lere. Bangunan ini masih terawat baik dan sering dikunjungi sebagai objek wisata.

Dikampung ini pula terdapat makam Datuk Karamah. Yang merupakan saksi sejarah masuknya agama islam pertama di Sulawesi tengah. Nama asli datuk karamah adalah Abdullah Raqie, seorang tokoh agama islam asal Minangkabau, Pesona Wisata Sumatera Barat. Sekitar abad 17 Abdullah Raqie tiba di Palu untuk menyebarkan agama islam dan dia diberi gelar karena memiliki kesaktian. Masyarakat mengaguminya lalu memeluk agama islam termasuk Raja Kabonena bernama I Pue Njidi. Datuk karamah menikah dengan Ince Jille dan memiliki dua anak. Karena kesaktiannya banyak peziarah yang datang sambil melepaskan nazar.

Pesona Wisata Pantai Talise

Pesona Wisata Pantai Talise

Lokasi wisata pantai juga terdapat tidak jauh dari kota Palu, antara lain Pantai Taman Ria, Pantai Talise, Pantai Tumbelaka, Pantai Buluri, Pantai Mamboro, Pesona Wisata Pantai Talise yang membentang dijalan raja moili dan cut mutia merupakan objek wisata bahari yang memiliki panorama indah. Cocok untuk olahraga selancar angin, dan sebagainya.

Di pantai ini juga pengunjung dapat menikmati terbenamnya matahari disela-sela Gunung Gawalise sambil menyaksikan para nelayan menjala ikan. Gunung kawalise berjarak 34 km dari Palu merupakan objek wisata alam dan budaya yang menarik. Di Gunung Gawalise ada Desa Dombu yang berada di atas ketinggian dan berhawa sejuk. Desa lainnya adalah Desa Matantimali, Desa Panasi Baja, Desa Bolobia dan Desa Rodingo. Pesona Wisata Desa-desa ini didiami oleh suku da’a satu-satunya etnis Suku Kaili yang mendiami daerah pegunungan. Objek wisata lainnya yang menjadi andalan wisata Sulawesi tengah adalah Taman Nasional Lore Rindu, salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Letaknya sekitar 60 km selatan kota palu dengan luas taman 217.91 hektar dan ketinggian yang bervariasi antara 200-2610 meter diatas permukaan laut.

Pesona Wisata Danau Lindu di dalam taman nasional

Pesona Wisata Danau Lindu di dalam taman nasional

Taman nasional ini memiliki fauna dan flora endemic Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak digaris Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona asia dan Australia. Taman ini terletak diselatan kabupaten Pesona Wisata Donggala dan bagian barat Kabupaten Poso yang menjadi daerah tangkapan air bagi tiga sungai besar di Sulawesi tengah yaitu Sungai Lariang, Sungai Gumbasa dan Sungai Palu. Kawasan taman nasional ini merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi seperti anoa, babi rusa, rusa, kera hantu, kera kakaktonkea, kus-kus marsupial dan binatang pemakan daging civet hidup ditaman ini. Taman ini juga memiliki sedikitnya lima jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikus yang ada.

Sedikitnya ada 55 jenis kelelawar dan lebih dari 230 jenis burung termasuk maleo, enggang, atau disebut juga rangkong atau burung Allo yang menjadi penghuni taman nasional ini. Ribuan serangga yang Pesona Wisata cantik dan berbentuk aneh juga bisa dijumpai disini, termasuk kupu-kupu dengan warna yang mencolok yang terbang disekitar jalan setapak atau di daerah aliran sungai.

Kawasan taman nasional  juga menjadi tempat hunian sejumlah pendduduk asli setempat dengan pakaian adat mereka yang berwarna-warni dan biasanya dipakai pada acara pelaksanaan acara adat. Daya tarik lainnya di taman nasional ini adalah benda-benda (relic) yang dibuat oleh manusia pra-sejarah dari zaman megalit yang menghuni wilayah ini ribuan tahun yang lalu. Sejumlah relik dapat ditemui lembah Bada, Besoa, dan Napu.Pesona Wisata

Wisata Indonesia, Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia
You can download all 5 of Pesona Wisata Kota Palu, Sulawesi Tengah image to your laptop by right clicking picture and then save image as. Do not forget to share if you interest with this image. Tags: