Wednesday , May 24 2017
Home / Wisata Sulawesi / Pesona Makasar / Pesona Wisata Kota Makassar

Pesona Wisata Kota Makassar

Pesona Wisata Kota Makassar

Pesona Wisata Makassar
Pesona Wisata Makassar

Pesona Wisata. Makassar merupakan salah satu kota pelabuhan terbesar di Indonesia bagian timur. Ujung Pandang dan daerah sekitarnya juga terkenal memiliki pelaut ulung yaitu orang-orang Bugis yang ahli membuat kapal laut. Pelabuhan Paotere yang berada di utara Ujung Pandang merupakan kawasan pelabuhan kapal tradisional, dan kapal layar Bugis yang terkenal itu dapat ditemui di tempat ini.

Benteng peninggalan colonial fort Rotterdam dan sejumlah bangunan peninggalan colonial lainnya seperti rumah kediaman gubernur menjadi bukti sejarah keberadaan Belanda di kota ini. Pesona Wisata. Ujung Pandang merupakan tempat peristirahatan terakhir dua pahlawan besar Indonesia; Sultan Hasanudding dan Pangeran Diponegoro dari Jawa yang diasingkan Belanda di kota ini.

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam merupakan salah satu bangunan peninggalan colonial yang paling terawat di Indonesia. Benteng ini menjadi salah satu contoh terbaik dari arsitektur bangunan peninggalan Belanda yang ada di Indonesia. Sebelum Fort Rotterdam dibangun, tempat ini terdapat benteng milik kerajaan Gowa yang dibangun pada sekitar tahun 1545 yang kemudian dihancurkan Belanda ketika menyerang dan menduduki daerah ini. Setelah perjanjian Bungaya ditandatangani pada tahun 1667, Belanda kemudian membangun bentng baru di lokasi yang sama yang kemudian dikenal dengan nama Fort Rotterdam.

Pesona Wisata Benteng Fort Rotterdam
Pesona Wisata Benteng Fort Rotterdam

Di dalam bangunan benteng ini terdapat Museum Negeri La Galigo yang memiliki koleksi antara lain peralatan makan dan memasak dari Tana Toraja, instrument music dan berbagai macam kostum pakaian adat. Pesona Wisata.

Pangeran Diponegoro dari Yogyakarta memimpin Perang Jawa melawan pemerintah colonial Belanda selama lima tahun (1825-1830). Perjuangan Diponegoro berakhir karena ditipu Belanda. Pesona Wisata. Diponegoro diundang ke markas tentara Belanda untuk melakukan perundingan perdamaian. Ia tanpa curiga memenuhi undangan itu namun ternyata ia malah ditangkap dan kemudian dibuang ke Makassar.

Diponegoro menjalani masa penahanan dalam pengasingan selama 26 tahun di Fort Rotterdam. Makam Diponegoro dan sebuah monument untuk mengenal pahlawan yang gagah berani ini terdapat di Jl Diponegoro, Makassar. Pesona Wisata.

Monument Mandala di Jl jend. Sudirman merupakan menara yang menjadi salah satu cirri kota Makassar yang sebelumnya juga dikenal sebagai nama ujung Pandang. Pesona Wisata. Selalin itu bangunan vihara banyak terdapat di kota ini khususnya di Jl. Sulawesi karena masyarakat keturunan Cina banyak tinggal di Makassar.

Pesona Wisata Pulau Kayangan
Pesona Wisata Pulau Kayangan

Sisa-sisa kerajaan Gowa masih dapat ditemui di kawasan pinggiran di Tenggara Ujung Pandang dimana terdapat Makam Sultan Hasanuddin, salah satu Raja gowa yang hidup antara tahun 1629-1670. Pesona Wisata. Di luar kompleks makan terdapat Batu Pelantikan yang merupakan tempat raja-raja Gowa dilantik sebagai raja dan diberi mahkota kerajaan. Tidak jauh dari pemakaman terdapat Mesjid Katangka yang juga memiliki kompleks makam dibawah tanah di mana di dalamnya terdapat beberapa kuburan.

Beberapa kilometer kea arah selatan di Sungguminasa terdapat Museum Balla Lompoa yang dulunya adalah istana Sultan Gowa. Istana ini berupa bangunan kayu dengan gaya arsitektur Bugis. Museum memiliki koleksi yang hampir sama dengan museum yang terdapat di Firt Rotterdam. Pesona Wisata.

Pulau kecil yang terletak di lepas Pantai Ujung Pandang ini ramai dikunjungi wisatawan di hari libur. Kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan di pulau ini adalah memancing dan snorkeling. Pesona Wisata. Di pulau ini tersedia beberapa penginapan kecil yang juga menyediakan fasilitas makan. Untuk menuju ke pulau ini wisatawan dapat menyewa speed boat dari Makassar.

Pulau Kayangan terletak sekitar empat mil laut atau sekitar 15 menit dengan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih seluas satu hektar. Lokasi wisata ini sudah dilengkapi fasilitas antara lain pondokan, panggung hiburan, restoran, gedung serba guna, dan anjungan untuk memancing. Di lokasi ini juga terdapat akuarium yang menampung beragam jenis ikan hias air laut.

Pesona Wisata Berkeliling Maros

Pesona Wisata. Kabupaten Maros merupakan salah satu kabupaten yang berada di propinsi Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah 1.613.11 km2 . Kabupaten Maros terdiri dari 14 kecamatan dan 103 desa/kelurahan termasuk tetangga kota Makassar atau dikenal Kabupaten penyangga kota Makasar (UP).

Pesona Wisata Bantimurung

Pesona Wisata Bantimurung Makassar
Pesona Wisata Bantimurung Makassar

Obyek-obyek wisata di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain Bantimurung, dimana lokasinya dapat dicapai sekitar 1,5 jam perjalanan dengan angkutan umum dari Makassar. Di lokasi ini terdapat Air Terjun Bantimurung yang berada di lokasi perbukitan kapur yang subur dengan aneka tumbuhan.

Tidak jauh dari air terjun pertama terdapat air terjun lain yang berukuran lebih kecil. Bantimurung terkenal karena menjadi habitat aneka jenis kupu-kupu yang cantik. Tidak mengherankan di lokasi wisata ini terdapat Museum Kupu-kupu.

Obyek wisata andalan ini cocok untuk kegiatan wisata alam di lembah bukit kapur/karts yang curam dengan vegetasi tropis yang subur sehingga selain memiliki air terjun yang spektakuler juga menjadi habitat yang ideal berbagai spesies kupu-kupu, burung dan serangga yang langka.

Pesona Wisata Indonesia, Wisata Indonesia, Pesona Indonesia, Beautiful Indonesia, Maros, Makasar, Eksplor Indonesia, Pesona Wisata, Sulawesi Selatan, Sulawesi.

About PesonaWisata

Check Also

Wonderful Indonesia Kepulauan Banggai

Wonderful Indonesia di Toli-toli

Wonderful Indonesia di Toli-toli Wonderful Indonesia Di kabupaten tolitoli, sejumlah wisata alam juga menjadi daya ...

2 comments

  1. Trend Busana Muslim Modern Terbaru

    pulau kayangan keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *