Sunday , November 19 2017
Home / Wisata Sumatra / Pesona Riau / Pesona Wisata Kepulauan Riau

Pesona Wisata Kepulauan Riau

Pesona Wisata Kepulauan Riau

Pesona Wisata. Secara geografis Provinsi Riau terbagi atas dua bagian yaitu Riau daratan DAN Riau kepulauan. Riau daratan meliputi suatu kawasan seluas 94.561 Km persegi mulai dari pantai timur Pulau Sumatera hingga pegunungan Bukit Barisan. Alamnya bukan hanya indah tetapi juga memiliki kekayaan yang melimpah antara lain minyak dan gas bumi, timah, bauksit, emas, batu bara, gambut dan bahan galian C seperti pasir.

Pesona Wisata Peta Kepulauan Riau
Pesona Wisata Peta Kepulauan Riau

Di sebelah Utara provinsi Riau berbatas dengan Selat Singapura dan Selat Malaka, di Selatan berbatas dengan provinsi Jambi dan Selat Berhala. Sementara di sebelah timur berbatas dengan Laut Cina Selatan dan di sebelah barat berbatas dengan provinsi Sumatra Barat dan Sumatra Utara. Pesona Wisata. Daerah perairannya meliputi 3.214 pulau besar maupun kecil dan hanya 743 pulau yang telah memiliki nama. Mayoritas pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Laut Cina Selatan bahkan belum berpenghuni. Sementara di daerah daratan terdapat 15 sungai diantaranya ada 4 sungai yang mempunyai arti penting sebagai sarana perhubungan.

Sungai tersebut adalah sungai Siak sepanjang 300 km dengan kedalaman 8-12 m, sungai Rokan (400 km) dengan kedalaman 6-8 m, sungai Kampar (400 km) dengan kedalaman sekitar 6 m dan sungai Indragiri (500 km) dengan kedalaman sekitar 6-8 m.Keempat sungai yang membelah dari pegunungan daratan tinggi Bukit Barisan bermuara di Selat Malaka dan Laut Cina Selatan. Pesona Wisata Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru, terletak di bagian Riau daratan dan merupakan kota terbesar di provinsi ini.

Pesona Wisata Riau Sungai Siak dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak Sri Indrapura
Pesona Wisata Riau Sungai Siak dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak Sri Indrapura

Riau kepulauan sebaliknya menyimpan potensi wisata yang besar, dan kawasan ini dapat berkembang menjadi salah satu kawasan wisata bahari terbaik di Indonesia. Pulau Batam dan Bintan telah dikembangkan menjadi kawasan wisata resort kelas satu dan fasilitas lainnya yang memadai. Riau berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura yang merupakan titik silang alur perdagangan dunia yaitu Jepang, Hong Kong, Korea, Timur Tengah, Eropa dan Australia.

Posisinya yang sangat strategis ini menempatkan Riau di tengah segi tiga pertumbuhan Indonesia, Singapura dan Malaysia. Pesona Wisata  Selain itu, provinsi ini mudah dicapai dari Singapura, hanya beberapa menit dengan menumpang kapal hydrofoil dimana wisatawan dari negara tetangga itu menghabiskan waktu akhir pekannya di Batam, Bintan dan pulau-pulau lainnya.

Pesona Wisata Riau Pulau Penyengat
Pesona Wisata Riau Pulau Penyengat

Sebagai bagian dari mata rantai dan pewaris kejayaan Kesultanan Melayu di masa silam. Bumi Riau menyimpan berbagai khasanah warisan budaya dan sejarah Melayu yang dapat disaksikan di Pulau Penyengat. Kekayaan flora dan fauna langka juga hidup di Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Pesona Wisata Keberadaan masyarakat terasing suku Talang Mamak dengan pola hidup dan tradisi yang masih sangat tergantung pada alam dan kehidupannya yang berpindah-pindah menjadi daya tarik tersendiri dari provinsi Riau.

Rimba raya Riau daratan juga mewarisi peninggalan masa lampau berupa komplek candi Muara Takus yang berdiri kokoh jauh dari kehidupan modern, memancarkan suasana mistis. Sementara di tepian Pesona Wisata sungai Siak yang berhulu jauh ke pedalaman berdiri pula komplek istana bekas Kesultanan Siak Sri Indrapura dengan bangunan berarsitektur paduan Arab, India, Eropa dan gaya tradisional Melayu.

 

Sejarah Kepulauan Riau

Wilayah Riau memiliki letak yang sangat strategis karena berada di pintu masuk bagian selatan Selat Malaka. Pada masa lalu. Pesona Wisata Selat Malaka merupakan kawasan perlintasan bagi kapal-kapal dagang dari belahan timur Asia yang akan menuju ke barat dan sebaliknya. Pada masa lalu Selat Malaka merupakan pintu gerbang bagi perdagangan antara India dan Cina, oleh karena itu banyak pihak yang ingin menguasai wilayah yang strategis ini.

Pesona Wisata Riau Tempo Dulu
Pesona Wisata Riau Tempo Dulu

Pada abad ke-16, kepulauan Riau dikuasai dan diperintah oleh berbagai kerajaan Melayu yang harus berjuang terhadap berbagai serangan luar untuk mempertahankan kewibawaannya seperti kelompok-kelompok bajak laut dan juga bangsa asing seperti Portugis, Belanda dan Inggris. Pesona Wisata Pada tahun 1500, Kerajaan Melaka memegang kekuasaan atas wilayah Riau kepulauan yang meliputi beberapa pulau seperti: Pulau Kundur, Jemaja, Bunguran, Tambelan, Lingga dan Bintan.

Bangsa Portugis sempat menguasai Riau menyusul kekalahan Melaka oleh Portugis pada 1511, namun dari tahun 1530 hingga akhir abad ke-18, kerajaan Melayu kembali menguasai wilayah ini dengan pusatnya terletak di Penyenget dan Lingga. Pesona Wisata Pada tahun 1685, Belanda berhasil memaksa Sultan Mahmud Syah II menandatangani suatu perjanjian yang sangat mengurangi kekuasaan sultan Melayu itu. Pada tahun 1784, Sultan Mahmud Syah meninggal dan Belanda mengambil alih sepenuhnya kontrol di Selat Malaka dan juga kawasan Siak yang berada di wilayah Riau daratan.

Pesona Wisata Ibu Kota Riau Tanjung Pinang
Pesona Wisata Ibu Kota Riau Tanjung Pinang

Perlawanan terhadap kolonialisme Belanda baru muncul pada awal tahun 1900- an ketika sultan Riau-Lingga membentuk perkumpulan Rusydiah yang bergerak di bidang sastra dan budaya. Perkumpulan ini kemudian berkembang sebagai organisasi perlawanan terhadap Belanda dan menuntut kemerdekaan Indonesia.Pesona Wisata

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Riau

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Bengkulu Utara

Pesona Wisata Bengkulu Utara Pesona wisata. Di wilayah Bengkulu Utara terdapat jalur jalan menyusuri pantai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *