Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Sulawesi / Pesona Kendari / Pesona Wisata Kendari Taman Nasional Wakatobi

Pesona Wisata Kendari Taman Nasional Wakatobi

Pesona Wisata Kendari Taman Nasional Wakatobi

Pesona Wisata Kendari Pesona Wakatobi
Pesona Wisata Kendari Pesona Wakatobi

Pesona Wisata Kendiri. Taman Nasional Wakatobi , merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, terletak dikabupaten Wakatobi – Sulawesi Tenggara.

Taman nasional total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang  menempati posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1 Kilo meter di bawah permukaan air laut, Taman Nasional Wakatobi saat ini menjadi pusat penelitian bawah laut Dunia.

Gugusan terumbu karang dapat dijumpai ratusan jenis dari puluhan famili yang terletak di sepanjang ratusan km garis pantai. Di beberapa tempat pesona wisata di sepanjang karang, terdapat beberapa gua bawah laut. Memiliki hampir seratus spesies ikan yang berwarna warni, raja udang erasia dan beberapa jenis penyu yang sering bertelur di pantai.
Berbagai jenis burung laut yang bertengger di karang seperti: angsa-batu coklat dan cerek melayu terbang ke laut untuk berburu ikan.

Tentang Pesona Wisata Kendari

Pesona Wisata Kendari Taman Nasional Wakatobi
Pesona Wisata Kendari Taman Nasional Wakatobi

Kendari adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kendari diresmikan sebagai kotamadya (kini kota) dengan UU RI No. 6 Tahun 1995 tanggal 27 September 1995. Kota ini memiliki luas 296,00 km² (29.600 Ha) dan berpenduduk 200.474 jiwa (2000).

Menurut data yang diperoleh dari Pangkalan Udara Wolter Monginsidi Kendari, selama tahun 2005 suhu udara maksimum 32,83 °C dan minimum 19,58 °C atau dengan rata-rata 26,20 °C. Tekanan Udara rata-rata 1.010,5 millibar dengan kelembaban udara rata-rata 87,67 persen. Kecepatan angin di Kota Kendari selama tahun 2005 pada umumnya berjalan normal, mencapai 12,75 m/detik.

Pesona wisata Taman Nasional Wakatobi terdiri dari empat pulau besar, yaitu:

Pesona Wisata Pulau Wangi-wangi

Pesona Wisata Kendari Masjid Agung keraton Buton
Pesona Wisata Kendari Masjid Agung keraton Buton

Dijumpai  beberapa resort yang secara khusus menyewakan beberapa fasilitas untuk kegiatan menyelam. Pesona wisata. Pulau ini merupakan pintu gerbang Taman Nasional Wakatobi. Di Wangi-Wangi direncanakan dibangun Bandara Matahora .

Wangi-Wangi dikenal sebagai daerah pemasok barang bekas impor berharga miring, juga terdapat Masjid Liya di Wangi-Wangi. Masjid tertua setelah Masjid Keraton Buton di Pulau Buton. Letak masjid ini di atas bukit, di dekat Benteng Liya Togo. Tidak jauh  jauh dari benteng, ada makam Talo-Talo, raja kecil , bagian Kesultanan Buton. Talo-Talo dalam bahasa setempat berarti “Jagoan”. Pesona wisata.

Pesona Wisata Pulau Kaledupa

Pesona Wisata kendari Pulau Kaledupa
Pesona Wisata kendari Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa adalah salah satu pulau terbesar di gugusan kepulauan Wakatobi. Di pulau ini terdapat salah pulau yang menjadi objek bulan-bulanan wisatawan manca negara maupun domestik yang berkunjung ke kepulauan Wakatobi yaitu pulau Hoga. Namun siapa yang sangka pesona wisata, ternyata selain keindahan alamnya yang sudah dikenal sampai ke berbagai belahan dunia, pulau Kaledupa juga ternyata menyimpan banyak kebudayaan dan peninggalan-peninggalan orang dahulu yang tak kalah menariknya untuk dibahas.

Di pulau kedua gugusan kepulauan tukang besi ini (nama sebelum berdiri menjadi kabupaten), menyimpan begitu banyak bentuk kebudayaan yang berkaitan dengan karakteristik dan agama yang dianut oleh masyarakat setempat.

Sebagai daerah yang berpenduduk mayoritas Muslim, salah satu peninggalan leluhur yang sangat fenomenal di kalangan masyarakat Kaledupa adalah Masjid Benteng yang terletak di desa Ollo kecamatan Kaledupa.

Pesona Wisata Pulau Tomia

Selain Snorkeling di Tomia, jalan jalan ke Benteng Patua. beberapa sisa meriam kuno masih terpasang, Jomba Katepi sebuah  Sumur berlubang kecil sedalam lebih dari 100 meter , konon untuk menceburkan orang-orang hukuman. Pesona wisata.

Pesona Wisata Pulau Biningko

Pesona Wisata kendari Pulau Biningko
Pesona Wisata kendari Pulau Biningko

Pulau Binongko adalah salah satu pulau di gugusan Kepulauan Tukang Besi wilayah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan Pulau Tomia. Di Pulau Binongko ini, dapat menikmati keindahan alam tak terbantahkan.

Diving atau snorkeling di lautnya yang indah, kemudian menikmati keindahan keanekaragaman hayati bawah laut yang cantik dan tidak terjamah tangan-tangan jahil. Terumbu karang yang cantik dan terjaga pun akan dengan mudah pesona wisata temukan di alam bawah laut Pulau Binongko.

Akses ke Wakatobi

Wakatobi adalah sebuah destinasi wisata bawah laut yang sangat terkenal di Sulawesi Tenggara. Namanya harum hingga ke manca negara karena kekayaan biodiversity yang ada di bawah laut tersebut. Nama Wakatobi diambil dari singkatan nama keempat pulau terbesar dalam kepulauan yang menjadi satu kabupaten tersebut, yaitu Wanci (Wangi-Wangi), Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Keempat pulau ini juga berurutan jaraknya dari pulau Sulawesi, mulai dari yang paling dekat Wanci (Wangi-Wangi) yang menjadi pintu gerbang Wakatobi hingga yang paling jauh Binongko. Karena letaknya yang paling jauh dalam rentetan Wa-ka-to-bi, orang Binongko sering berseloroh “Jangan pernah mengaku sudah ke Wakatobi apabila belum sampai ke Binongko.”

Ada berbagai cara mencapai Wakatobi dari Jakarta:

  1. Dari Jakarta langsung Wakatobi (ternyata ada. Express Air tujuan Wanci. Cek dulu jadwal penerbangannya, dan ada singgah di Makassar).
  2. Via Makassar, ini jalur yang lebih populer digunakan, karena lebih banyak penerbangan ke Wanci.
  3. Via Kendari. Dari kendari ada penerbangan ke Wanci dan kapal laut (Kendari-Wanci, atau Kendari – Bau-bau lalu disambung dengan Bau-bau – Wanci).

Ada dua maskapai yang melayani penerbangan singkat (sekitar 40 menit) ini yaitu Express Air dan Susi Air. Dengan kapal laut ada dua pilihan, langsung Kendari-Wakatobi, atau Kendari – Bau-bau, lalu disambung dengan Bau-bau ke Wangi-wangi (Wakatobi).

Pesona Wisata Kuliner Wakatobi

Ketika berwisata ke Wakatobi, rasanya tidak lengkap petualangan para wisatawan, bila belum menikmati masakan tradisional Wakatobi yang dibuat dengan proses memasakanya masih tradisional, sehingga memiliki keunikan tersendiri . Selain itu juga para wsiatawan dapat menyaksikan pembuatan kerajinan tangan masyarakat Wakatobi sebagai souvenir yang dapat dibawa pulang. Berikut aneka kuliner dan Handy craft Wakatobi.

1. Kasuami

Kasuami adalah; makanan pokok khas daerah Wakatobi, yang bahan dasarnya terbuat dari ubi kayu , Proses memasak kira-kira 30 menit, Cara penyajianya sangat cocok dinikmati dalam keadaan panas-panas dan dihidangkan dengan ikan bakar dan ikan parende, kerang-kerangan.

Pesona Wisata Kendari Kasuami Makanan Khas
Pesona Wisata Kendari Kasuami Makanan Khas

2. Luluta

Luluta menyajikan hidangan lezat nan bergizi dengan sentuhan aroma santan dan daun pisang yang terpanggang diatas bara api.

3. Kambalu

Makanan Kuliner yang satu ini merupakan masakan khas Wakatobi yang terbuat dari umbi – umbian.

Pesona Wisata Kendari Kambalu
Pesona Wisata Kendari Kambalu

4. Kapusu

Kapusu adalah makanan pokok yang bahan dasarnya terbuat dari jagung dan bisa di tambah kacang merah. Proses pembuatannya kira-kira 3 jam atau lebih. Cara penyajianya sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat dan dihidangkan dengan ikan bakar dan parende, kerang-kerangan.

5. Parende

Parende adalah makan pendamping. Berbahan dasar dari ikan yang dimasak dengan bumbu asam Tangkulela (belimbing). Proses pembuatanya kira-kira 30 menit, Cara penyajianya dinikmati dengan Kasuami dan Kapusu.

Baca artikel menarik lainnya di:

Sumber: www.wikipedia.org, www.wakatobikab.go.id, Buku “Info Pariwisata Nusantara”

Pesona Wisata Kendari, Wisata Taman Nasional Wakatobi, Pesona Indonesia, Wisata Pulau, Wisata Pulau Binongko, Pesona Pulau Tomia, Wisata Kaledupa, Pesona Pulau Wangi-wangi, Wisata Indonesia, Wisata Sulawesi

 

 

About PesonaWisata

Check Also

Wonderful Indonesia Kepulauan Banggai

Wonderful Indonesia di Toli-toli

Wonderful Indonesia di Toli-toli Wonderful Indonesia Di kabupaten tolitoli, sejumlah wisata alam juga menjadi daya ...

4 comments

  1. Great information This can be exnpetiocal. United states looked at that particular blog posts when we are startled. We’re curious about this kind of details. Someone appreciate slimmer s guidance, and treasure your time with this. Please keep control. These are distinc

  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermanfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *