Wednesday , September 20 2017
Home / Wisata Sulawesi / Pesona Kendari / Pesona Wisata Kendari Air Terjun Moramo

Pesona Wisata Kendari Air Terjun Moramo

Pesona Wisata Kendari Air Terjun Moramo

Pesona Wisata Kendiri Air Terjun Moramo
Pesona Wisata Kendari Air Terjun Moramo

Pesona Wisata kendari. Inilah salah satu air terjun terindah di Indonesia yang berlokasi di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe atau sekira 60 km dari Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Keunikan Air Terjun Moramo adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat menjatuhkan air jernih dengan suara teduh dari ketinggian 100 meter. Jumlah undakan air terjunnya lebih dari 7 buah dan 60 undakan kecil yang beberapa diantaranya berupa kolam kecil yang dapat dimanfaatkan untuk pemandian ataupun berenang.

Keunikan Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo memiliki keunikan lain yaitu merupakan daerah batuan kapur yang menyebabkan dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat pengunjung. Air Terjun Moramo sendiri berasal dari Sungai Biskori yang berhulu di Pegunungan Tambolosu dan dimanfaatkan masyarakat untuk pengairan sawah mereka. Masyarakatnya sendiri ada yang merupakan warga transmigrasi dari Jawa dan Bali. Di sudut-sudut sawah akan Anda temui sanggah, yaitu tugu tempat sajen orang Hindu-Bali. Sebuah kreasi alam yang unik dan spektakuler dimana terbentuk secara alami selama ribuan tahun. Menyejukan mata Anda memandang air meluncur deras pada batu granit besar bersusun dengan ketinggian berkisar antara 0,5 hingga 3 meter. Orang Konawe yang menjadi warga setempat percaya legenda bahwa bidadari kerap turun dari langit untuk mandi di tempat ini.

Letak Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara dan merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air). Dari sekian banyak kolam tersebut, hanya satu yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun tersebut.

Pesona Wisata kendiri Keindahan Air Terjun Maromo
Pesona Wisata kendari Keindahan Air Terjun Maromo

Pesona wisata kendari, menurut cerita yang berkembang di dalam masyarakat, tempat tersebut dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan.

Air Terjun Moramo memiliki tujuh tingkatan. Namun, Air Terjun Moramo ini memiliki keunikan yang khas daerah batuan kapur, yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas. Dengan batuan kapur yang mengelilinginya para wisatawan tidak perlu takut untuk memanjatnya karena pesona wisata kendari dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat.

Pesona Wisata kendiri Jalan Menuju Air Terjun Moramo
Pesona Wisata kendari Jalan Menuju Air Terjun Moramo

Fasilitas yang tersedia berupa parkiran yang luas di sekitar lokasi, tempat ganti pakaian berupa kamar mandi dan WC juga tempat peristirahatan sementara guna melepas lelah. Pesona wisata kendari Air terjun Moramo terletak 2 km di dataran tinggi, dengan 127 anak air terjun yang bertingkat dan terpisah, puncak air terjun itu sendiri tingginya kira-kira 100 meter di atas kolam air (sungai). Terdapat tujuh tempat utama, yang masing-masing memiliki tempat mandi yang alami. Di kawasan pesona wisata kendari tersebut merupakan habitat yang ideal bagi beraneka burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya. Keindahan panorama alam, air terjun, kicauan burung yang bersahutan dan berpadu dengan tarian kupu-kupu beraneka warna-warni, menjadi daya tarik kawasan Air Terjun Moramo.

Pesona Wisata Kendiri Batuan Kapur Air Terjun Moramo
Pesona Wisata Kendari Batuan Kapur Air Terjun Moramo

Daya pikat pesona wisata kendari yang tidak kalah menariknya dari air terjun ini adalah pesona bebatuan yang membentuk tingkatan. Bebatuan yang membentuk tingkatan tersebut tidak licin meski dialiri air secara terus menerus, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut dapat mendaki sampai ke puncak.

Pesona Wisata kendiri Kolam Air terjun
Pesona Wisata kendari Kolam Air terjun

Di samping itu, bebatuan tersebut juga memberi pesona yang menakjubkan ketika tersentuh oleh sinar mentari. Bebatuan tersebut akan memancarkan kilauan warna-warni yang didominasi oleh warna hijau yang begitu indah. Warna-warni tersebut juga terlihat seperti menari-nari ketika dibuai lembut oleh riak gelombang air ketika sinar mentari menyentuh bebatuan yang berada di dasar kolam tempat berhentinya air. Pesona wisata kendari. Untuk kulinernya lebih banyak pengunjung yang hadir membawa makanan sendiri kemudian menggelar tikar sambil menikmati bekal santapan. Tidak ada warung sekitar air terjun kecuali  penjaja makanan di gerbang retribusi.

Kegiatan Yang Bisa di lakukan di Air Terjun Moramo

Sepanjang perjalanan sejauh 2 km dari pintu masuk akan Anda temui bentangan pohon-pohon hutan hujan tropis yang berusia ratusan tahun. Ada pula air terjun kecil yang jernih dimana tidak terdapat batu-batu kerikil karena sedimentasi aliran sungainya dimana air mengalir pada batuan bauksit yang padat. Dari 7 tingkatan utama air terjunnya terdapat 60 tingkatan kecil yang menjadi tempat penampungan air serupa kolam. Dari sekian kolam, ada satu yang sering dimanfaatkan untuk berenang. Airnya jernih, sejuk dan nyaman sempurna untuk berendam atau berenang dengan kedalaman satu meter. Wajib bagi Anda untuk menceburkan diri ke sungainya dan merasakan kesegaran airnya yang jernih. Mendakilah ke tebing-tebing marmer yang berwarna hijau di setiap sisinya untuk melewati setiap tingkatan air terjun ini. Meskipun selalu terkena percikan air tetapi tebing marmer tersebut tidak licin karena airnya mengandung sulfur dan alkali yang menyebabkan lumut sulit untuk tumbuh.

Air Terjun Moramo
Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo masuk dalam Kawasan Suaka Margasatwa Tanjug Peropa. Kawasannya melindungi beberapa hewan khusus, terutama yang endemik seperti anoa, babirusa, dan rangkong. Kehadiran burung rangkong masih cukup sering terlihat. Sedangkan anoa yang dulu sering terlihat merumput bersama sapi ternak milik masyarakat. Akan tetapi, kini sudah sangat jarang ditemukan dan berstatus terancam punah. Babirusa juga sangat jarang ditemukan dengan status rentan.

Air Terjun Moramo
Air Terjun Moramo

Tips Ketika Hendak Berkunjung ke Air Terjun Moramo

  • Kita disarankan membawa makanan dan kudapan sendiri karena tidak ada penjual di area utama air terjun Moramo. Meskipun mungkin akan terasa ribet, namun demi kenyamanan anda sebaiknya anjuran tadi wajib untuk anda ikuti.
  • Anda dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan air terjun Moramo karena air yang mengalir tersebut berfungsi untuk mengairi sawah masyarakat sekitar. Sampah bungkus atau sisa makanan harap dibuang di tempat sampah yang tersedia. Bila belum menemukan tempat sampah maka bawalah kantong plastik cadangan yang dapat digunakan sebagai wadah sementara hingga Anda menemukannya.

Baca artikel menarik lainnya di:

Pesona Wisata kendari, Wisata Indonesia, Pesona Sulawesi, Wisata Air Terjun Moramo, Pesona Air terjun, Suaka Alam, Desa Sumber Sari, Wisata Indonesia, Pesona Kendari, Wisata Alam

Sumber : Wikipedia

About PesonaWisata

Check Also

Wonderful Indonesia Kepulauan Banggai

Wonderful Indonesia di Toli-toli

Wonderful Indonesia di Toli-toli Wonderful Indonesia Di kabupaten tolitoli, sejumlah wisata alam juga menjadi daya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *