Pesona Wisata Jawa Tengah Kepulauan karimunjawa

Pesona Wisata Pulau Karimunjawa

Pesona Wisata Jawa Tengah Kepulauan karimunjawa

Pesona Wisata Jawa Tengah. Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pesona Wisata Pulau Karimunjawa
Pesona Wisata Pulau Karimunjawa

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Pesona wisata, legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Kegiatan Menarik Pesona Wisata Karimunjawa

1. Pesona Wisata Snorkeling

Spot-spot favorit untuk snorkeling antara lain di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, Pantai Tanjung Gelam, dan Pulau Cemara Besar. Semuanya memiliki view yang sama, pantai berpasir putih dengan air laut yang berwarna bening.

Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Karimunjawa
Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Karimunjawa

Pesona wisata, jika Anda ingin mencari pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan hias cantik, paling banyak terdapat di Pulau Menjangan Kecil. Tetapi karena kedalaman laut yang dangkal, tak jarang wisatawan yang melakukan snorkeling di sana menyentuh karang-karang yang ada di lokasi. Dikhawatirkan, ini akan mengganggu proses kelangsungan hidup terumbu karang.

2. Pesona Wisata Berenang dengan Hiu

Ikan Hiu Jinak di Pulau Menjangan Besar
Ikan Hiu Jinak di Pulau Menjangan Besar

Kawasan wisata Karimunjawa menawarkan pengalaman sensasional dengan berenang dan bermain dengan ikan hiu. Adalah blacktip reef shark, hiu yang suka dengan perairan dangkal berpasir, yang dapat Anda temui ketika berenang atau snorkeling di Pulau Menjangan Besar.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya, Jembatan Suramadu

Pesona wisata, spesies hiu ini sungguh jinak dan tidak menyerang manusia. Ukuran panjang tubuhnya hanya sekitar 1,6 meter. Tidak perlu merasa takut. Tetapi jika rasa khawatir Anda masih tak berkurang cobalah rasakan sensasi berenang dengan hiu-hiu yang lebih kecil di penangkarannya.

Pesona Wisata Keeksotisan Karimunjawa
Pesona Wisata Keeksotisan Karimunjawa

 


Pesona Wisata Jawa Tengah, Wisata Karimunjawa, Pesona Indonesia, Pesona Pantai, Wisata Snorkeling, Wisata Ikan Hiu, Wisata Jepara, Pesona Jepara, Wisata Indonesia, Laut Jawa

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *