Pesona Wisata Jambi Rawa Bento

Pesona Wisata Jambi, Rawa Bento

Pesona Wisata Jambi Rawa Bento

Pesona Wisata Jambi Rawa Bento terletak di desa Kersik Tuo Kecamatan Perwakilan Kayu Aro, merupakan hutan rawa air tawar dataran tinggi dengan karakteristik tutupan vegetasi yang didominasi oleh rumput Leersia Hexandra dan Eugenia Spicate.

Pesona Wisata Jambi Panorama Rawa Bento
Pesona Wisata Jambi Panorama Rawa Bento

Terletak di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung 7, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Rawa ini merupakan lahan basah pada ketinggian 1.333 mdpl, dengan luas skitar 1.000 ha. Kabupaten Kerinci adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Pesona Wisata Jambi Kerinci ditetapkan sebagai Kabupaten sejak awal berdirinya Provinsi Jambi dengan pusat pemerintahan di Sungai Penuh. Pada tahun 2011, pusat pemerintahan berpindah ke Siulak. Kabupaten Kerinci memiliki luas 3.355,27 km² terdiri atas 12 kecamatan.

Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2010, populasi Kabupaten Kerinci berjumlah 229.495 jiwa. Masyarakat yang mendiami kawasan ini adalah Suku Kerinci. Dan bahasa pengantar yang dipergunakan adalah Bahasa Kerinci. Masyarakat Kerinci menganut sistem adat matrilineal. Pesona Wisata Jambi Rumah suku Kerinci disebut “Larik”, yang terdiri dari beberapa deretan rumah petak yang bersambung-sambung dan dihuni oleh beberapa keluarga yang masih satu keturunan.

Pesona Wisata Jambi Rawa Bento Terbentuk akibat Sedimentasi Aliran Sungai
Pesona Wisata Jambi Rawa Bento Terbentuk akibat Sedimentasi Aliran Sungai

Suku Kerinci memiliki banyak tarian tradisional seperti Tarian Asyeik Naik Mahligai, Mandi Taman, Ngayun Luci tarian ini merupakan peninggalan dari tradisi Animisme. Pesona Wisata Jambi  Setelah masuknya Islam, Berkembang Tarian yang lebih Islami seperti tari Rangguk, Sike Rebana, dan Iyo-iyo. Suku Kerinci juga memiliki sastra Lisan yang tertuang dalam bentuk Tale, Barendih, Mantau, Nyaho, Kunun dan K’ba. Selain itu,Suku Kerinci memiliki seni bela diridan permainan tradisional seperti Pencak Silat dan Ngadu Tanduk.

Pesona Wisata Jambi Asal Muasal Rawa Bento

Keindahan Rawa Bento Pesona Wisata Jambi
Keindahan Rawa Bento Pesona Wisata Jambi

Rawa ini pada mulanya adalah sebuah danau, akibat sedimentasi aliran sungai di sekitarnya yang berasal dari gugusan Pesona Wisata Jambi Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Gunung Sangkar dan sekitarnya yang menyebabkan semakin lama semakin dangkal. Sekarang rawa ini banyak di tutupi oleh rumput bento dan menjadi hutan rawa, sehingga dikenal dengan nama Rawa Bento, objek wisata hutan rawa ini berada dekat dengan Goa Kasah di gugusan Gunung Sangkar, salah satu objek wisata lain yang juga sering di kunjungi pecinta alam terutama peminat goa.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jambi Gunung Kerinci

Pada daerah hutan rawa pegunungan ini dapat ditemukan beberapa jenis burung antara lain burung jernih, burung layang-layang dan putih, bebek liar dan lain sebagainya. Ekosistem Pesona Wisata Jambi Rawa Bento seluas kurang lebih 1000 Ha ini  terdiri dari rumput rawa gambut yang didominasi oleh rumput bento  serta beberapa jenis rumput dengan batang bersegi (famili: Cyperaceae); hutan rawa kerdilnya terdiri atas pohon-pohon Eugenia spicata, Palaquium sp.,Syzygium sp., Elaeocarpus sp., Ficus spp., dll. Sungai dan danau Bento memiliki banyak kandungan ikan seperti ikan semah (Tor sp.), ikan pareh (Tor tambroides), ikan saluang (Rasbora lateristriata) dan belut (Monopterus albus). Pada sepanjang tepi sungai dan danaunya dapat ditemukan tanaman enceng gondok (Eichornia crasipes) dan kayu apu (Pistia stratiotes).

Pesona Wisata Jambi Rawa Bento yang Tergolong Unik

Pesona Wisata Jambi, Rawa Bento
Pesona Wisata Jambi, Rawa Bento

Rawa ini merupakan lahan basah pada ketinggian 1.375 m dpl dengan luas sekitar 1.000 ha yang terdiri dari hutan rawa dengan tanaman kerdil, beberapa rawa gambut sempit dan danau-danau kecil. Hutan rawa ini terdiri dari pohon-pohon dengan ketinggian 5-6 m dengan diameter yang bervariasi antara 2-6 cm. Batang pohon tersebut ditutupi oleh lumut yang mengering dan dihiasi dengan pakuan-pakuan yang merambat. Pesona Wisata Jambi Rawa Bento tergolong unik di Sumatera karena habitat dan vegetasinya. Keberadaan Rawa Bento saat ini terancam oleh manusia yang mengkonversi rawa menjadi sawah.

Rawa Bento terletak di Desa Kersik Tuo yang berjarak 50 km dari Sungai Penuh, dilanjutkan berjalan kaki selama 3 jam. Selain menikmati keindahan panorama rawa bento dengan berkano, bagi pengunjung yang hobi melakukan pengamatan burung (birdwatching) juga dapat dimanjakan oleh jenis-jenis burung yang dapat diamati di Pesona Wisata Jambi Rawa Bento ini. Beberapa jenis burung yang dapat diamati antara lain, kuntul kerbau, kuntul kecil, bebrapa jenis raja udang, beberapa jenis raptor, itik gunung, berkik, mandar padi sintar, trinil semak, trinil pantai, dsb.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kota Jambi
Salah Satu Jenis Burung di Rawa Bento, Pesona Wisata Jambi
Salah Satu Jenis Burung di Rawa Bento, Pesona Wisata Jambi

Bagi penggemar birdwatching, Pesona Wisata Jambi Rawa Bento bisa dikatakan salah satu surganya deh. Selain birdwatching bagi yang suka memancing juga bisa, karena ada bebrapa jenis ikan selain itu Enceng gondok (Eichornia crasipes) ini melimpah di sepanjang Danau dan sungai yang ada di Rawa Bento, namun sampai saat ini belum dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Kalau sudah terlalu banyak dan menutup aliran sungai, biasanya masyarakat akan bergotong royong untuk membersihkannya.

Perjalan menuju rawa bento ini dimulai dengan menggunakan mobil dari Kota Sungai Penuh ke arah desa Jernih Jaya atau desa Pauh Tinggi yang terletak di Kecamatan Pesona Wisata Jambi Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci. Dari Kota Sungai Penuh menuju Desa Jernih Jaya dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan perjalanan ke Desa Pauh Tinggi ditempuh dalam waktu 2 jam atau lebih. Dua desa ini merupakan pintu masuk menuju Rawa Bento.

Pesona Wisata Jambi Rawa Bento menjadi Tempat Tinggal Kerbau dan Jenis Burung lainya
Pesona Wisata Jambi Rawa Bento menjadi Tempat Tinggal Kerbau dan Jenis Burung laiinya

Apabila masuk dari Desa Jernih Jaya menggunakan kano (perahu tradisional) menuju rawa bento kita harus mendayung dengan kuat karena melawan arus sungai, perjalanan menggunakan kano akan lebih mudah apabila kita masuk melalui Desa Pauh Tinggi. Kesulitannya adalah untuk mencapai Desa Pauh Tinggi tersebut tidak dapat ditempuh dengan kendaraan umum, oleh karena itu harus menyewa mobil dari Kota Sungai Penuh dengan biaya sewa setengah hari Rp. 250.000,- dan bensin Rp. 50.000,-.  Sebelum berkano di Rawa Bento pengunjung harus melintasi padang rumput bertanah rawa, somehow hal ini sangat menarik untuk dilakukan. Apalagi ketika kita dapat merasakan lembut dan dinginnya tanah rawa yang  kita injak.Pesona Wisata Jambi

Penelitian menunjukkan bahwa di Rawa Bento ditemukan 12 jenis burung air dengan jumlah total individu teramati 470 ekor tersebar di empat tipe lahan basah yaitu di rawa danau 7 jenis, di rawa rumput 8 jenis, di sungai 8 jenis dan di sawah 6 jenis.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Medan

Sumber : (http://jambiprov.go.id/) ( https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kerinci) (https://id.wikipedia.org/wiki/Jambi) (http://jambikota.go.id)

=> Artikel Menarik Lainnya <=

Pesona Wisata Muara Jambi

Pesona Wisata Kota Jambi

Pesona Wisata Jambi Danau Belibis

Pesona Wisata Jambi Masjid Agung Jambi

Pesona Wisata Jambi Danau Kerinci

Pesona Wisata Jambi, Rawa Bento, Wisata Rawa Bento, Pesona Rawa, Rawa Bento Kerinci, Kersik Tuo, Gunung kerinci, Gunung Tujuh, Objek Wisata Rawa, Sungai Penuh,Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia,

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.