Pesona Wisata Jambi Masjid Agung Jambi

Pesona Wisata Jambi Masjid Agung

Pesona Wisata Jambi Masjid Agung Jambi

Pesona Wisata Jambi Masjid Agung
Pesona Wisata Jambi Masjid Agung

Pesona Wisata Jambi Masjid Agung Al-Falah atau yang sering disebut dengan masjid seribu tiang ini terletak di jalan Sultan Thaha nomor 60, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Masjid yang berada di tengah-tengah kota jambi ini berada di Ruas jalan yang sama dengan pasar Induk Angso Duo, PDAM Tirta Mayang, dan juga Museum Perjuangan Rakyat Jambi. Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi untuk menuju ke masjid Agung Al-Falah ini.

Pesona Wisata Jambi Sejarah Singkat

Dulunya tanah dimana Masjid Seribu Tiang ini berdiri adalah istana tanah pilih Sultan Thaha. Suatu hari istana ini dihancurkan oleh koloni Belanda karena terjadinya pembatalan perjanjian oleh Sultan Thaha karena menurut sultan, perjanjian yang diajukan oleh Belanda cukup merugikan masyarakat Jambi.

Pesona Wisata, Setelah diproklamasikannya kemerdekaan Negara Republik Indonesia, dan tepat pada tanggal 29 September 1980, Masjid Agung Al-Falah ini diresmikan oleh Bapak Soeharto, yang menjabat sebagai Presiden RI pada waktu itu.

Pesona Wisata Jambi Wisata

Pesona Wisata Jambi Interior Masjid Al-Falah Jambi
Pesona Wisata Jambi Interior Masjid Al-Falah Jambi

Masjid Agung Al-Falah ini dibangun diatas lahan tanah sebesar 2,7 Ha dan memiliki luas bangunan sebesar 4.600 meter persegi, masjid ini adalah masjid terbesar di kota Jambi. Masa pembangunannya pun cukup memakan waktu lama, kurang lebih dalam kurun waktu sekitar 9 tahun bangunan untuk menyelesaikan bangunan ini. Pesona Wisata menurut informasi yang ada Masjid Agung Al-Falah ini dibangun mulai tahun 1971 sampai selesai di tahun 1980.

Walaupun lebih dikenal dengan nama masjid seribu tiang, tapi tiang penyangga (pilar) yang ada di masjid ini hanya sebanyak 256 buah. Memang cukup banyak, maka dari itu masjid ini popular dengan sebutan tersebut, Masjid Seribu Tiang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jambi Danau Belibis

Pesona Wisata Jambi Bagian Pinggir Masjid

Masjid Agung Al-Falah ini bentuk bangunannya memang mirip seperti sebuah pendopo terbuka yang memiliki banyak tiang-tiang penyangga (pilar) serta, adanya sebuah kubah besar di bagian atasnya dengan warna beragam dan tulisan kaligrafi yang terbuat dari kaca. Bentuk bangunan Masjid Agung Al-Falah yang memiliki konsep terbuka atau tanpa sekat seperti ini menimbulkan kesan ramah. Ya, masjid ini tidak memiliki pintu ataupun dinding. Hanya berdiri dengan ratusan tiang penyangganya. Pesona Wisata.

Pesona Wisata Jambi Masjid Seribu Tiang
Pesona Wisata Jambi Masjid Seribu Tiang

Pada bagian tengah Masjid Agung Al-Falah ini dihiasi dengan ukiran kaligrafi yang sangat indah, lalu di tengah-tengah masjid ini terdapat delapan buah tiang penyangga yang berwarna kuning keemasan ditambah dengan ukiran-ukiran yang cantik.

Pesona Wisata jambi, Masjid Agung Jambi, Masjid Seribu Tiang

Pesona Wisata Jambi, Masjid Al-Falah, Wisata Masjid, Masjid Jambi, Masjid Serbu Tiang, kecamatan Telanaipura, Pesona Masjid Agung, Rakyat Jambi, Sultan Thaha, Pendopo Jambi

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.